Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Jasa dan Ciri - Ciri Jasa Menurut Para Ahli (LENGKAP)

Pengertian jasa - Briefing (2005) menyebutkan bahwa pada umunya produk dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang sering digunakan adalah klasifikasi berdasarkan daya tahan atau berwujud tidaknya suatu produk. berdasarkan kriteria tersebut ada tiga kelompok produk yaitu:
Pengertian Jasa dan Ciri - Ciri Jasa Menurut Para Ahli (LENGKAP)
  • Barang tidak tahan lama (nondurable goods), barrang ini adalah barang berwujud yang biasanya habis dibagi dalam satu atau beberapa kali pemakaian barang ini memiliki ilmu ekonomi kurang dari 1 tahun 
  • Barang tahan lama (durable goods), memiliki wujud yang biasanya bisa bertahan lama dan memiliki umur ekonomis lebih dari 1 tahun 
  • Jasa (service), merupakan aktivitas manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

Jasa memiliki banyak arti mulai dari pelayanan personal (personal servise)  sampai jasa sebagai suatu produk. banyak pakar pemasaran telah memberikan definisi tentang jasa. berikut adalah pengertian jasa menurut pendapat para ahli :

Kotler 2005 mendefinisikan jasa sebagai Setiap tindakan atau kinerja yang dapat ditawarkan satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan sesuatu produksinya mungkin saja terkait atau mungkin juga tidak terkait dengan produk fisik 

Zeitham dan Birner dalam Hurriyati (2005), Mengemukakan bahwa pada dasarnya jasa adalah seluruh aktivitas ekonomi dengan objek selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada saat yang bersamaan, memberikan nilai tambah, dan secara fisik tidak berwujud (intangible) bagi pembeli pertama.

Payne dalam Yazid (2005), mengemukakan bahwa jasa adalah aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau manfaat) dan tidak berwujud yang berhubungan dengannya, dan melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. perubahan dalam kondisi bisa aja muncul dan produksi suatu jasa desain berkaitan atau tidak berkaitan dengan produ fisik.

Ciri - Ciri Jasa

Berdasarkan Beberapa definisi di atas, jasa pada dasarnya adalah sesuatu yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 
  1. Sesuatu yang tidak berwujud tetapi tidak memenuhi kebutuhan konsumen 
  2. Proses produksi jasa dapat menggunakan atau tidak menggunakan bantuan suatu produk fisik 
  3. Jasa tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemilikan 
  4. Terdapat interaksi antara penyedia jasa dan pengguna jasa
Demikian ulasan artikel kami yang membahan tentang Pengertian Jasa dan Ciri - Ciri Jasa Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat bagi anda dan tugas akhir anda. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan. terima kasih telah berkunjung. 
Sumber: Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2016. Perilaku Konsumen (Pendekatan Praktis). Yogyakarta; ANDI.