Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Nama dan Waktu Shalat Lima Waktu Serta Hadis Waktu Shalat 5 Waktu

Sholat wajib lima waktu adalah kewajiban bagi setiap muslim yang sudah mukallaf yaitu orang yang menyatakan diri Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat yang sudah dewasa dan berakal sehat. 

Nama dan Waktu Shalat Lima Waktu yang Perlu Anda Ketahui

Dan muslim yang sudah mukallaf itulah yang wajib oleh Allah SWT untuk melaksanakan sholat wajib lima waktu tanpa ditawar-tawar lagi. Kecuali bagi mereka yang sedang berhalangan menurut syariat Islam, seperti sedang menstruasi, nifas, dan lain sebagainya. Allah SWT berfirman:


فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا
Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (Q.S. Annisa:103)
Dalam bahasa fiqih kewajiban disini disebut sebagai wajib atau fardhu 'ain. Artinya perbuatan wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap individu yang sudah baligh dan berakal sehat (mukallaf) baik laki-laki maupun perempuan.


Nama dan waktu shalat lima waktu 

#1 - Shalat subuh 
Shalat subuh jumlah rakaat nya ada dua. waktunya yaitu dimulai dari terbitnya Fajar Shidik sampai terbitnya matahari. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi SAW:
Dari Abdullah bin Amr bin Ash R.a. Bahwasanya Nabi SAW bersabda: Adapun waktu sholat subuh ialah mulai dari terbitnya Fajar Shidik hingga sampai terbit matahari (HR muslim).
Keterangan
Fajar Shidiq adalah suatu cahaya yang nampak terang di sebelah timur dan terus bertambah terang cahayanya / sinarnya sampai terbitnya matahari 
Fajar kadzib adalah suatu cahaya terang di sebelah timur yang muncul sebelum Fajar Sidik akan tetapi setelah nampak terang kemudian kembali gelap gulita.

#2 - Sholat dzuhur
Sholat dzuhur jumlah rakaatnya ada empat. waktu mulai tergelincir condongnya matahari di sebelah barat (dari pas di tengah-tengah) sampai bayang-bayang suatu benda sama panjangnya dengan benda tersebut. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi SAW:
Dari Abdullah bin Amr r.a: Bahwasanya nabi bersabda: waktu dzuhur ialah apabila matahari tergelincir dan sampai bayang-bayang seorang sama panjang dengan badannya sebelum datang waktu Ashar (H.R Muslim)
#3 - Shalat ashar
Shalat ashar jumlah rakaatnya ada empat. Waktu mulainya dari bayang-bayang suatu benda sama panjangnya dengan benda tersebut hingga sampai matahari mulai terbenam. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi SAW yang berbunyi:
Dari Abdullah bin Amr Bin Ash r.a. Bahwasanya Nabi SAW bersabda: dan waktu sholat ashar selama matahari belum terbenam. (H.R. Muslim)
#4 - Shalat maghrib
Salat maghrib jumlah rakaatnya ada tiga. waktu mulainya mulai terbenamnya matahari hingga sampai hilangnya bayang-bayang merah (syafaqul amhar) di sebelah barat. Hal tersebut sesuai dengan sabda nabi:
Dari Abdullah bin Amr Bin a.s. bahwasanya nabi bersabda: dan waktu maghrib ialah mulai terbenamnya matahari hingga sampai hilangnya bayang-bayang merah (syafaqul amhar) di sebelah barat. (H.R. Muslim)
#5 - Sholat Isya
Sholat Isya jumlah rakaatnya ada empat. waktunya ialah mulai dari hilangnya bayang-bayang merah di sebelah barat hingga sampai terbitnya Fajar Shidik (separuh dari pertengahan malam yang akhir). Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi SAW: 
Dari Abdullah bin Amr Bin Ash R.a.: bahwasanya Nabi SAW bersabda: dan waktu Isya ialah sampai separuh pertengahan malam yang akhir. (H.R. Muslim)
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Nama dan Waktu Shalat Lima Waktu yang Perlu Anda Ketahui yang kami rangkum dari buku bacaan kami. Semoga bermanfaat bagi pengetahuan anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.