Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Bacaan SUJUD TILAWAH, Pengertian, Latin, Tata Cara Sujud Tilawah Dalam dan Luar Shalat

Pengertian sujud tilawah adalah sujud karena membaca atau mendengarkan ayat sajadah dari Alquran sujud tilawah ini. Hukum sujud tilawah adalah sunnah. disunnahkan bagi setiap orang yang membaca atau mendengar ayat sajdah dari Alquran hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW.


Bacaan SUJUD TILAWAH, Pengertian, Syarat, Tata Cara Sujud Tilawah Dalam dan Luar Shalat
Gambar Ilustrasi Sujud Tilawah
Syarat-syarat sujud tilawah
Orang yang akan melakukan sujud tilawah baik karena ia membaca al-quran atau karena mendengar harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
  • Suci dari hadas maupun najis baik badan, pakaian, maupun tempatnya 
  • Menutup aurat 
  • menghadap ke kiblat 


Bacaan sujud tilawah arab, latin, arti
سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
Bacaan Latin Sujud Tilawah
Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu. Tabarakallahu ahsanul kholiqiin.

Terjemah Do'a Sujud Tilawah

Wajahku bersujud kepada penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta.
Surat - Surat yang ada Ayat Sajdah - Nya
Surat-surat dalam Al Quran yang di dalam surat itu terdapat ayat sesudahnya dan ditepi lembar Alquran bertepatan dengan ayat sejuta itu biasanya ditandai dengan tertulis Assajdah dengan huruf arab yang lebih kecil. Surat - surat itu dan nomor ayatnya adalah sebagai berikut:
Surat - Surat yang ada Ayat Sajdah - Nya
Surat Al A'raf Ayat 206  Surat As Sajdah ayat 15 Surat Ar Ro'adu ayat 15
Surat Shaad ayat 24 Surat An Nahl ayat 49 Surat Fushilat ayat 62
Surat Al Isra' ayat 109 Surat An Najm ayat 62 Surat Al Insyiqaq ayat 21
Surat Maryam ayat 58 Surat Al Haj ayat 18 Surat Al 'Alaq ayat 19
Surat Al Furqaan ayat 60 Surat An Naml ayat 25 -


Tata tata cara sujud tilawah diluar shalat 
Bagi orang yang membaca al-quran atau mendengarkan kemudian menjumpai ayat Sajadah disunahkan untuk sujud. apabila orang tersebut dalam keadaan tidak sholat, apabila bacaan Alquran tersebut sudah sampai pada akhir ayat sajdah, hendaklah langsung membaca Takbir (Allahu Akbar) dengan disertai niat untuk sujud tilawah, kemudian sujud dan membaca doa. setelah selesai membaca doanya kemudian takbir lagi, Kemudian duduk, dan setelah duduk lalu salam dua kali dengan dengan menengok kekanan dan kekiri (seperti salam dalam shalat) dengan memenuhi syarat-syaratnya.

Tata cara sujud tilawah di dalam shalat 
Seseorang yang shalat, baik sebagai Imam atau makmum atau munfarid, baik pada shalat -shalat yang dibaca dengan secara keras atau dengan suara lemah, apabila membaca surat atau ayat al-quran yang didalam bacaannya terdapat ayat Sajadah, maka disunahkan untuk sujud, yaitu sujud tilawah (sujud karena membaca surat atau ayat sajdah)

Cara melakukan sujud tilawah di dalam shalat, yaitu pada saat membaca surat atau ayat sajdah, dan tempat akhir ayat sajadah tersebut, kemudian membaca Takbir (Allahu akbar), terus langsung sujud dan membaca doa sujud tilawah. setelah selesai kemudian takbir lagi dan terus berdiri, setelah berdiri meneruskan bacaan surat yang dibacanya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Bacaan SUJUD TILAWAH, Pengertian, Syarat, Tata Cara Sujud Tilawah Dalam dan Luar Shalat yang kami rangkum dari buku bacaan pribadi kami. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 
Sumber : Maskub, Muhammad. 2016. Tuntunan Shalat Wajib dan Sunat Ala Aswaja. Mediatera; Kebumen.