Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

8 Hal yang Membatalkan Shalat Bagi Wanita dan Laki-Laki (Madzhab Syafi'i)

Hal yang Membatalkan Shalat  - Assalamualaikum wr.wb. bagaimana kabar anda saudaraku yang di muliakan oleh allah ? Kita sebagai umat muslim tentunya tidaklah tabu dengan istilah shalat. Shalat dalam agama islam adalah suatu kewajiban yang harus di tunaikan dan tidak bolah di tinggalkan. 

8 Hal yang Membatalkan Shalat Bagi Wanita dan Laki-Laki (Madzhab Syafi'i)

Dalam shalat, terdapat beberapa hal yang harus di ketahui, sehingga shalat kita dapat di nyatakan sah dan di catat sebagai amal ibadah yang baik. Hal - hal tersebut meliputi syarat wajib shalat, rukun shalat, sunah - sunah shalat dan lain sebagainya. Namun ada juga yang penting untuk di ketahui yaitu hal - hal yang membatalkan shalat. Apa saja hal - hal yang dapat membatalkan shalat ? 

Sebelum itu, silahkan pelajari juga ini 
Pengertian dan Makna SHALAT Menurut Bahasa dan Istilah
Hikmah SHALAT dalam Kehidupan Sehari - Hari
Hukum Bagi Orang Meninggalkan Sholat 5 Waktu

Hal - hal yang mebatalkan shalat adalah perkara - perkara yang menjadikan shalat kita sebagai umat islam tersebut tidak sah dan tidak akan mendapatkan apa - apa apabila tetap di kerkajan. hal - hal tersebut adalah sebagai berikut:

#1 - Segala hal yang membatalkan wudhu Segala hal yang membatalkan wudhu juga membatalkan shalat. termasuk hal ini keluar sesuatu dari qubul atau bubur, kecuali sperma, tidur kecuali dengan duduk yang tidak tergeser, hilang akal baik karena gila, ayan, pingsan, mabuk, atau karena lainnya, bersentuhan kulit antar yang berbeda jenis kelamin dan menyentuhku qubul/ dubur manusia.

#2 - Tidak memenuhi syarat sahnya shalat
Tidak memenuhi syarat sahnya shalat menyebabkan shalatnya batal. termasuk dalam hal ini seperti harus selalu suci dari hadas dan najis, selama salat menutup aurat, selama dalam salat selalu menghadap ke arah kiblat, dan harus mengetahui waktunya salat.

#3 - Berbicara dengan sengaja 
Berbicara dengan sengaja walaupun dengan satu huruf yang huruf tersebut mengandung arti. nabi bersabda
Artinya: Dari Zaid bin Arqam berkata: pernah kami berbicara di dalam shalat, seseorang berbicara kepada temannya, dan temannya itu juga berbicara kepada teman yang lain di sampingnya, sehingga turun ayat (artinya): berdirilah kamu karena Allah dengan patuh dan taat. maka kami diperintahkan supaya diam dan melarang kami untuk berbicara. (HR muslim)
#4 - Makan dan minum dengan sengaja 
Hal ini didasarkan pada ijma' / kesepakatan para ulama. Ibnu mundzir mengatakan, para ahli telah sepakat bahwa barangsiapa yang makan atau minum dengan sengaja dalam shalat fardhu, maka shalatnya batal  dan ia wajib mengulanginya. menurut jumhur ulama dikatakan bahwa apa-apa yang membatalkan salat fardhu maka membatalkan salat sunah juga.

#5 - Bergerak sampai tiga kali
Bergerak sampai tiga kali atau lebih secara berturut-turut tanpa adanya kepentingan Rasulullah SAW bersabda
Artinya: Dari Ibnu Mas'ud r.a. bersabda Rasulullah SAW : sungguh di dalam shalat itu sudah cukup pekerjaan. (HR Bukhari Muslim)
Keterangan: 
Shalat itu sudah cukup banyak mengandung pekerjaan-pekerjaan, baik yang terkait dengan ucapanmaupun gerakan-gerakan. maka cukup kiranya apa yang telah ditentukan di dalam shalat, tidak perlu di tambah-tambah lagi, kecuali ada hajat seperti akan membunuh binatang berbisa yang berbahaya, seperti ular dan kalajengking yang sekiranya akan menggigit.

#6 - Tertawa 
Nabi bersabda
Artinya: Dari Jabir r.a.: dari Nabi SAW bersabda: Ketawa itu bisa membatalkan shalat. tetapi tidak membatalkan wudhu. (HR Ad Daruquthni dan al-baihaqi)

#7 - Menambah rukun
Menambah rukun baik yang qauliah (ucapan) maupun fi'liyah (perbuatan), seperti menambah rukuk dan lain-lain. pernah Nabi SAW bersabda kepada seseorang Baduy yang tidak menyempurnakan salatnya:
Artinya: kembalilah untuk shalat. sebab engkau sungguh belum shalat (HR Bukhari dan Muslim)

#8 - Berubah niat ditengah-tengah
Berubah niat ditengah-tengah perjalanan melaksanakan shalat atau menggantung kan niat kepada yang lain. misalnya dipanggil teman segera ingin membatalkan shalat.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan 8 Hal yang Membatalkan Shalat Bagi Wanita dan Laki-Laki (Madzhab Syafi'i) yang kami lansir dari buku bacaan pribadi kami. Semoga bermanfaat dalam pengetahuan anda tentang shalat dan semoga shalat kita dapat di catat sebagai amal bidah yang shahih. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.