Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Tata Cara TAYAMUM Lengkap Dengan Doa, Niat, Sebab, Sunnah, dan Yang Membatalkan

Pengertian tayamum menurut bahasa adalah "berniat" atau "menyengaja". Sedangkan pengertian tayamum menurut istilah adalah menyengaja mengusapkan debu ke wajah dan kedua tangan menurut syarat-syarat yang telah ditentukan oleh syara' (agama Islam).


Tata Cara TAYAMUM Lengkap Dengan Doa, Niat, Sebab, Sunnah, dan Yang Membatalkan

Tayamum harus menggunakan debu / tanah yang suci dan kering serta tidak membeku. Tayamum dilakukan karena ada udzur / halangan baik karena sakit, karena tidak boleh terkena air, atau karena tidak ada air yang cukup. Tayamum sebagai pengganti wudhu atau mandi untuk menghilangkan hadas kecil ataupun hadas besar untuk menunaikan ibadah sholat.

Silahkan Baca:
Tata Cara Mandi Wajib dan Bacaan Doa Niat Mandi Wajib
WUDHU (Tata Cara yang Benar,  Pengertian, Syarat, Dll) 
Inilah Bacaan Doa Sesudah WUDHU yang Benar

Allah berfirman dalam surat An-Nisa ayat 43:

فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا
Artinya: .... Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau kembali dari buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamum lah kamu dengan tanah yang baik (suci), sapulah mukamu dan tangan tanganmu. Sesungguhnya Allah maha pemaaf lagi maha pengampun (Q.S. An-Nisa : 43)

Sebab-sebab tayamum 

Seseorang boleh melaksanakan tayamum sebagai pengganti wudhu atau mandi karena sebab-sebab sebagai berikut:
  • Tidak ada atau tidak menemukan air seperti di padang pasir atau karena kemarau panjang sehingga sangat sulit mencari air ( Baca : air untuk bersuci dalam islam)
  • Sakit / tidak boleh menggunakan air dan apalagi terkena / menggunakan air sakitnya akan bertambah parah 
  • Ada air tapi sangat terbatas dan dibutuhkan untuk minum dirinya sendiri atau karena ada binatang yang sangat membutuhkan air tersebut dan hanya cukup untuk minum binatang itu

Syarat syarat tayamum 

Tayamum dapat dilaksanakan apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: 
  • Sudah berusaha mencari air secara sungguh-sungguh tetapi tidak mendapatkan 
  • Debu yang digunakan adalah debu yang suci, kering, dan tidak beku 
  • Tayamum dilaksanakan setelah masuk waktu sholat 
  • Tayamum hanya digunakan untuk satu kali sholat fardhu dan sekali tayamum boleh digunakan untuk sholat sunah sekehendak yang akan melaksanakan 
  • Debu untuk tayamum bukan debu yang telah digunakan (debu mustakmal )
  • Debu yang tidak tercampur oleh benda suci lainnya seperti tepung, kopi, gandum dan lain sebagainya 
  • Apabila ada najis yang menempel pada badan harus dihilangkan terlebih dahulu 
  • Mencari arah kiblat sebelum tayamum

Fardu - fardu tayamum 

#1 - Niat Yaitu niat bertayamum untuk diperbolehkan mengerjakan sholat. niat itu di dalam hati dan mengucapkan niat dengan lisan hukumnya Sunnah. Maka niat harus didalam hati apabila lisan mengucapkannya tetapi hatinya tidak niat maka belum dikatakan niat. Oleh karena itu pekerjaan tayamum nya tidak sah. Adapun lafal niat tayamum adalah sebagai berikut:


نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْضً ِللهِ تَعَالَى
Artinya: Saya niat tayammum untuk diperbolehkan mengerjakan shalat fardhu karena Allah Ta'ala
#2 - Mengusap debu 
Mengusap debu ke wajah dan kedua tangan hingga sampai siku dengan dua kali tepukan tepukan pertama untuk mengusap wajah dan tepukan kedua untuk mengusap kedua tangan.

#3 - Tertib 

Tertib artinya mendahulukan yang mestinya didahulukan dan membelakangkan yang mestinya di belakang kan sesuai dengan ketentuan urut-urutan dalam fardhu tayamum. 

Sunah-sunah tayamum 

  1. Membaca basmalah Ketika akan memulai tayamum 
  2. Mendahulukan mengusap anggota yang kanan daripada anggota yang kiri 
  3. Menipiskan debu yang menempel pada Kedua telapak tangan dengan cara ditiup 
  4. Muwalat :Terus menerus tidak diselingi Oleh pekerjaan lainnya atau waktu yang lama

Perkara yang membatalkan tayamum 

Adapun perkara yang membatalkan tayamum adalah sebagai berikut: 
  • semua perkara yang membatalkan wudhu 
  • melihat  / menemukan air sebelum mulai mengerjakan shalat. Apabila tayamum itu disebabkan karena tidak ada / tidak mendapatkan air bukan karena sakit atau unsur yang lain. Apabila melihat / mendapatkan air setelah takbirotul ihrom (mulai sholat) maka tayamum nya sah dan sholatnya diteruskan.
  • Murtad yaitu keluar dari Islam atau kafir

Tata cara tayamum yang baik dan benar

Tata cara tayamum yang baik dan benar

Tata cara melaksanakan tayamum adalah sebagai berikut :

  1. menyiapkan mencari debu yang suci 
  2. membaca basmalah sambil menepuk kan kedua tangan ke atas debu yang telah disiapkan 
  3. mengusapkan kedua telapak tangan yang sudah berdebu (dan sudah ditipiskan dengan ditiup) ditempelkan ke wajah dengan disertai niat di dalam hati dengan posisi jari-jari merapat lurus ke atas sesuai arah wajah kemudian mulai turunkan pelan-pelan dengan kedua ibu jari merenggang ke samping kanan kiri dan terus diturunkan sehingga Posisi kedua ibu jari dibawah dagu dan tidak perlu digosok-gosok seperti ketika berwudhu membasuh dengan air
  4. membersihkan debu yang ada pada telapak tangan dengan cara mengusap-usap kan Kedua telapak tangan sehingga debu nampak bersih 
  5. menepukkan Kedua telapak tangan ke debu yang berbeda tempat dari tepukan pertama kemudian ditipiskan dengan cara ditiup 
  6. mengusapkan debu yang ada di telapak tangan kiri ke tangan kanan dari ujung jari jari hingga sampai di atas siku kemudian usapkan debu yang ada di telapak tangan kanan ke tangan kiri dari ujung jari sampai di atas siku dengan cara sebagai berikut:
Untuk mengusap tangan kanan, hulurkan kedua hastanya ke depan, kemudian Letakkan punggung telapak kanan dari ujung jari-jarinya di atas telapak tangan kiri, selanjutnya telapak tangan kanan kiri pelan-pelan digeser ke belakang hingga sampai siku bagian atas. setelah itu kemudian telapak tangan kiri bergeser ke bagian atas Hasta yang kanan, dengan pelan-pelan bergeser terus ke depan hingga sampai pergelangan Hasta tangan kanan dan berhenti. selanjutnya telapak tangan kiri membalik sehingga punggung telapak tangan kiri diletakkan di telapak tangan kanan seterusnya dengan pelan-pelan bergeser ke belakang hingga sampai ke siku tangan kanan. Setelah itu kemudian membalik ke atas Hasta tangan kiri dan pelan-pelan bergeser ke depan hingga sampai pergelangan tangan kiri dan terus hingga sampai Kedua telapak tangan kanan dan kiri bertemu.
CATATAN: 
  • Tayamum sebagai pengganti wudhu sama pelaksananya dengan tayamum sebagai pengganti mandi 
  • Yang dimaksud dengan debu ialah debu yang ada di permukaan tanah atau pasir atau boleh tanah kering yang ditumbuk halus menjadi debu 
  • Saat mengusap tangan debu yang ada di telapak tangan kanan kiri jangan sampai tersentuh mustakmal sebelum digunakan mengusap masing-masing tangan
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan  Tata Cara TAYAMUM Lengkap Dengan Syarat, Sebab, Fardlu, Sunnah, dan Yang Membatalkan. Semoga dapat dijadikan sebagai panduan dalam bertayamum dan semoga ibadah kita dicatat sebagai amal yang baik. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.