Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Sunnah - Sunnah SHALAT (Sunah Haiat dan Sunah Ab'ad)

Assalamualaikum wr.wb saudara-saudaraku kaum muslimin yang berbahagia. seperti yang kita ketahui bahwa shalat merupakan rukun Islam yang kedua yang wajib kita lakukan dalam sehari semalam. kita melakukan sholat sebanyak 5 kali shalat fardhu. dalam sholat sendiri, kita mengenal syarat wajib shalat, rukun-rukun shalat, dan syarat sah shalat. namun selain dari itu, terdapat hal lain yang perlu kita ketahui, yaitu terkait dengan sunah-sunah shalat. baik itu sunah haiat maupun ab'ad.

Sunnah - Sunnah SHALAT (Sunah Haiat dan Sunah Ab'ad)

Pengertian sunah shalat yaitu sesuatu perbuatan dalam yang apabila dikerjakan akan memperoleh nilai pahala, dan apabila tidak dilaksanakan tidak memperoleh nilai apa apa. artinya orang yang melakukan akan memperoleh pahala dan orang yang tidak melakukan tidak akan memperoleh pahala dan juga tidak dosa.

MACAM - MACAM SUNAH SHALAT

Sunah dalam sholat terbagi menjadi dua yaitu sunnah haiat dan Sunnah ab'ad. berikut adalah penjelasan lengkapnya terkait dengan Kedua jenis sunnah tersebut dalam shalat

#A - Sunnah Haiat - nya Shalat


Definisi sunah haiat adalah sunah shalat yang apabila di tinggalkan baik itu sengaja atau tidak, maka tidak perlu sujud syahwi sebagai pengganti kekurangan tersebut. yang termasuk sunnah haiat dalam shalat adalah sebagai berikut:
  1. Mengangkat kedua tangan pada saat Takbiratul Ihram ketika akan ruku', ketika bangun dari ruku' (i'tidal), dan ketika bangun setelah tasyahud awal.
  2. Bersendekap dengan meletakkan telapak tangan kanan diatas punggung telapak tangan kiri dengan posisi di atas pusar di bawah dada.
  3. Memandang kearah tempat sujud
  4. Membaca doa iftitah (doa permulaan di dalam shalat)
  5. Membaca Ta'awudz (audzubillahi minasyaiton nirojim) sebelum membaca surat Al Fatihah.
  6. Membaca takmin (Aa-min) setelah selesai membaca surat Al Fatihah
  7. Membaca surat-surat Alquran setelah membaca takmin (setelah Al Fatihah)
  8. Membaca al-quran dengan jaher (keras) dan Siri (lirih tidak keras) dan di tengah-tengah antara jaher dan Siri itulah yang terbaik.
  9. Membaca takbir intiqal (takbir komando) sebagai tanda beralihnya gerakan sholat
  10. Membaca sami'allahu liman hamidah ketika bangun dari ruku' untuk i'tidal
  11. Membaca tasbih ketika ruku' dan sujud
  12. Duduk iftirasy atau duduk diantara dua sujud dan duduk tasyahud awal
  13. Membaca doa duduk diantara dua sujud
  14. Membaca tasyahud yang pertama. apabila shalat yang dilakukan lebih dari dua rakaat.
  15. Duduk tawaruk ketika Tasyahud akhir
  16. meletakkan tangan kanan diatas paha kaki kanan dan tangan kiri di atas paha kaki kiri, baik pada duduk Tasyahud awal maupun pada duduk Tasyahud akhir.
  17. Membaca doa setelah Tasyahud akhir sebelum salam.
  18. Mengucapkan salam yang terakhir yang kedua

#B - Sunah Ab'ad - nya Shalat

Definisi sunah ab'ad adalah sunah shalat yang apabila di tinggalkan baik itu sengaja atau tidak, maka perlu sujud syahwi sebagai pengganti kekurangan tersebut. yang termasuk sunnah ab'ad dalam shalat adalah sebagai berikut:
  1. Tasyahud 
  2. Membaca shalawat atas nabi s a w pada Tasyahud awal 
  3. Membaca doa qunut pada shalat subuh di rokaat kedua dan pada saat shalat witir pada tengah bulan ramadhan sampai akhir ramadhan
Note: Sunah - sunah di atas yang meliputi sunah haiat dan sunah ab'ad di dasarkan atas hadis - hadis dari nabi muhammad dan ayat - ayat al -qur'an.
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Sunnah - Sunnah SHALAT (Sunah Haiat dan Sunah Ab'ad). Semoga bermanfaat bagi anda dan semoga ibadah kita di catat sebagai amal yang baik. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.