Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Tata Cara Mandi Wajib, Bacaan Doa Niat Mandi Wajib, dan Sunnah Mandi Wajib

Seperti diketahui bahwa untuk menghilangkan / mensucikan hadas kecil dengan cara berwudhu atau dengan cara tayamum. Sedangkan untuk menghilangkan atau mensucikan hadas besar dengan cara mandi wjib atau tayamum apabila tidak mendapatkan air atau ada air tapi sangat terbatas dan ada makhluk Allah yang membutuhkan air tersebut untuk minum.

Tata Cara Mandi Wajib, Bacaan Doa Niat Mandi Wajib, dan Sunnah Mandi Wajib

Pengertian mandi wajib / Junub adalah mandi yang dikhususkan untuk mensucikan diri dari hadas besar. hadas besar baik disebabkan oleh nifas, haid, keluarnya mani, bersetubuh, dan lain sebagainya. Hukum dari mandi tersebut adalah wajib sebelum melakukan ibadah, baik itu mahdoh ataupun goiru mahdoh.

Silahkan Baca:
Pengertian HADAS, Macam - Macam, dan Cara Mensucikannya
Pengertian THAHARAH (Bersuci) Menurut Dalil Al - Quran dan Hadits
WUDHU (Tata Cara yang Benar, Pengertian, Syarat, Dll) LENGKAP

Apa itu Hadas Besar dan Apa Penyebab Hadas Besar ?

Saudara-saudaraku sekalian penting bagi kita kaum muslimin mempelajari tentang Apa itu hadas besar dan apa saja penyebabnya ? seperti yang telah  dijelaskan pada artikel sebelumnya tetang hadas, bahwa hadas besar merupakan hadas yang harus disucikan dengan cara mandi wajib. Sedangkan penyebab dari hadas besar itu sendiri adalah sebagai berikut:
  • Bersetubuh antara laki - laki dan perempuan
  • Keluar air mani (baik karena bersetubuh maupun karena mimpi atau sebab lainnya)
  • Selesai Nifas
  • Wiladah (melahirkan).
  • Selesai haid (menstruasi)
  • Mati yang bukan Syahid (Orang mati syahid tidak wajib dimandikan)


Larangan Bagi Orang ber -Hadast Besar

  • Berdiam di mesjid/i'tikaf
  • Tidak dapat menyentuh atau membawa Al-Qur'an 
  • Mendirikan sholat, baik itu shalat wajib maupun shalat sunnat
  • Mengerjakan thawaf (thawaf rukun haji atau sunat)


Larangan Bagi Wanita Yang Sedang Haid/Nifas

  • Seluruh larangan yang terdapat diatas 
  • Dicerai (ditalak) 
  • Bersetubuh
  • Berpuasa baik yang farflu atau sunat
  • Bersenang-senang antar pusar perut dan lutut
  • Menyeberangi mesjid 


Tata Cara / Fardlunya Mandi Wajib / Junub

Tata cara mandi wajib atau biasa disebut dengan fardunya mandi wajib atau junub adalah sebagai berikut

#1 - Niat mandi wajib / junub 

niat mandi wajib junub diucapkan di dalam hati untuk menghilangkan hadas besar mengucapkan niat dengan lisan hukumnya adalah sunnah sedangkan Ia di dalam hati hukumnya adalah wajib dalam pelafalan kita bisa menggunakan bahasa Indonesia ataupun menggunakan bahasa Arab sesuai dengan kemampuannya namun alangkah lebih baiknya Kita sesuaikan dengan tuntunan nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dengan menggunakan bahasa Arab Adapun lafal niat untuk mandi wajib menghilangkan hadas besar adalah sebagai berikut:


نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 
Artinya: saya niat mandi untuk menghilangkan hadas besar fardhu karena Allah Ta'ala

#2 - Membasuh dan membersihkan Kedua telapak tangan 
Basuhlah tangan kanan terlebih dahulu kemudian disusul dengan membasuh tangan kiri. pembasuhan tangan kanan tangan kiri menggunakan tangan kanan dan begitu juga sebaliknya. Hal tersebut dilakukan dan Diulangi sampai tiga kali.

#3 - Mencuci kemaluan 
Selanjutnya yaitu membersihkan dan mencuci kemaluan dari kotoran yang berada di sekitar kemaluan tersebut dengan menggunakan tangan dan dibasuh menggunakan air

#4 - Berwudhu 
Setelah kemaluan bersih dilanjutkan dengan berwudhu Sebelum mandi besar. tata cara berwudhu sebelum mandi besar, Sama halnya dengan tata cara wudhu Sebelum melakukan ibadah salat.

#5 - Mengalirkan Air dari Atas Kepala

Air yang suci mensucikan digunakan untuk mendi besar. Air tersebut di alirkan dari kepala sampai ke ujung kaki. Hal tersebut dianggap yang paling utama menurut para ahli fiqih. dengan begitu air yang suci tidak akan berubaha menjadi mustaqmal kembali.

#6 - Membasuh rambut dan Menyela - nyela Pangkal Kepala

Setelah air membasahi tubuh, kemudian membasahi rambut sebasah - basahnya dan kemudian di sela - selai dengan menggunakan jari jari tangan . Dengan tujuan agar air dapat merata dan sampai ke kulit kepala.

Sunah sunahnya mandi wajib 

  1. Membaca basmalah saat akan memulai mandi 
  2. Mencuci kedua tangannya sebelum mulai mandi 
  3. Mengerjakan istinja membasuh zakar atau farji atau kemaluannya 
  4. berwudhu Sebelum mandi sebagaimana wudhunya orang yang mengerjakan salat 
  5. Menuangkan air ke atas kepala tiga kali sambil menggosok menyela nyela rambut sehingga kulit kepala betul-betul basah 
  6. Menuangkan air ke seluruh tubuh atau anggota badan mulai dari sebelah kanan kemudian yang kiri tanpa mengabaikan tempat-tempat tertentu yang bisa dilihat oleh mata seperti di bagian ketiak, lubang hidung, telinga bagian dalam, pusar, kuku bagian dalam, dubur ataupun qubul farji bagi wanita.
  7. Menggosok-gosok seluruh badan yang memungkinkan dapat digosok

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Tata Cara Mandi Wajib, Bacaan Doa Niat Mandi Wajib, dan Sunnah Mandi Wajib yang dapat anda jadikan sebagai acuran dalam mandi besar. Semoga ibadah kita dapat di terima oleh allah swt. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.