Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

5 Hikmah SHALAT dalam Kehidupan Sehari - Hari (Menurut Ulama)

Hikmah shalat banyak sekali dan mungkin bisa dilihat dari berbagai aspek. seperti aspek kedisiplinan, ketertiban, persatuan, kesatuan, kekompakan, kesehatan, dan lain sebagainya. 

5 Hikmah SHALAT dalam Kehidupan Sehari - Hari (Menurut Ulama)

Di sini tidak akan menguraikan hikmah shalat secara panjang lebar, namun hanya akan mengambil serba sedikit dari apa yang telah diuraikan oleh seorang ulama Al Azhar Syekh Al Ahmad al JurJawi dalam bukunya Hikmatul tasyri' wa falsafatuhu. yang secara singkat dapat disampaikan sebagai berikut:

#1 - Salat melebur dan menghapus dosa 

Dalam kehidupan sehari-hari, orang tidak bisa lepas dari salah dan dosa, baik besar atau kecil, baik langsung kepada Allah atau dosa karena lantaran sesama manusia. 

Dosa merupakan beban berat bagi orang yang melakukannya. untuk melepaskan / meringankan beban berat tersebut bisa dengan mengerjakan shalat, karena saat orang yang berdosa itu sedang sholat, berarti sedang menghadap Allah dan sedang konsentrasi dengan perbuatan pekerjaan sholatnya, dan beban berat atau jasa tersebut dilakukan sekaligus dihilangkan oleh Allah SWT. bagaikan hilangnya kotoran yang dibasuh dengan air. nabi bersabda:
Perumpamaan sholat lima waktu seperti sungai berair tawar yang mengalir, berada di depan pintu rumah salah seorang diantara kamu, Dan ia mandi disitu 5 kali setiap hari. Maka apakah masih ada kotoran (yang tertinggal) di tubuh orang itu (H.R. Muslim)

#2 - Shalat akan menentramkan jiwa hati

Orang yang shalat dengan total menghambakan diri kepada Allah SWT, ia akan terhindar dari rasa gelisah, takut, dan khawatir manakala menerima musibah atau malapetaka yang lain. karena ia sadar bahwa itu semua datangnya dari Allah SWT. bahkan akan terhindar dari sifat kikir untuk melakukan kebaikan, baik dengan jiwa raga dan harta Bendanya. mana tahu Allah telah mentakdirkan pada dirinya menerima musibah malapetaka. Allah berfirman:


  إِنَّ الإنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا ١٩ إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا٢٠ وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا ٢١  إِلا الْمُصَلِّينَ ٢٢ 

Artinya :Sesungguhnya manusia itu diciptakan dalam keadaan selalu ber gelisah Apabila ditimpa bahaya maka petaka ia amat berkeluh kesah dan apabila memperoleh kebaikan kekayaan ia menjadi sangat ikir kecuali orang-orang yang shalat. (Q.S Al-Ma'arij ; 19 - 22)

#3 - Shalat sebagai wujud syukur kepada Allah

Allah telah menciptakan manusia dengan bentuk yang indah dan sempurna. diciptakan menjadi manusia sudah merupakan kenikmatan yang tiada taranya. terlebih dengan bentuknya yang indah. Gayanya yang luwes itu merupakan kenikmatan yang tidak dimiliki oleh makhluk Allah yang lain. dan apabila dengan kodrat dan iradat Allah menciptakan segala sesuatunya di luar diri manusia, semua itu semata-mata untuk memenuhi kebutuhan manusia. maka sudah semestinya kita bersyukur kepadanya. Allah berfirman:
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
Artinya : sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.(Q.S. At - Tin : 4)
وَآتَاكُمْ مِنْ كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ
Artinya: Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah). (Q.S. Ibrohim ; 34)
Adapun cara untuk mensyukuri nikmat Allah yang terbaik adalah dengan cara memanfaatkan kenikmatan itu untuk mentaati Allah SWT. Kita diciptakan sebagai manusia untuk melakukan shalat. kita diberi harta mau berzakat bersedekah dan sebagainya secara singkat kenikmatan itu dimanfaatkan untuk beribadah mengabdikan diri kepada Allah, bukan untuk yang selain Allah. Hal ini juga sesuai dengan firman Allah dalam al - quran surat Adzariyat ayat 56 :
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Artinya : Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (Q.S .Adzariyat : 56 )

#4 - Sholat akan menghindarkan dari perbuatan jahat dan mungkar

Shalat yang dilakukan dengan benar artinya dapat melaksanakan sesuai dengan syarat rukun dan Sunah sunahnya, menghindarkan diri dari yang dapat membatalkan / merusaknya serta dengan khusyu', tawadhu', dan hudur hatinya, akan dapat mencegah dari melakukan perbuatan-perbuatan kotor seperti maksiat, jahat, buruk, dan ingkar (mungkar). Allah berfirman:
 ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ 
Artinya : Sesungguhnya Sholat itu bisa mencegah perbuatan buruk / jahat dan munkar / inkar (Q.S Al - Ankabut ; 45)

#5 - Shalat sebagai motivasi untuk disiplin waktu

Sholat harus dilakukan tepat pada waktunya. sehari semalam orang wajib sholat minimal 5 kali sesuai waktu yang telah ditentukan. hal ini mestinya akan dapat dijadikan pendorong bagi orang yang shalat akan dapat melakukan segala kegiatan dalam sehari harinya menurut sesuai waktu yang telah ditentukan. disiplin waktu dari semenjak bangun tidur sampai menjelang tidur kembali. misalnya sehabis sholat subuh sebaiknya menenangkan pikiran dengan jalan-jalan pagi sekedarnya, menyiapkan semua alat untuk kebutuhan kerja, sekolah, ke pasar, dan lain-lain. sehabis sholat dzuhur tidur sebentar. sehabis sholat ashar belajar, baca, buku, Koran, majalah, Atau lainnya. sehabis sholat Magrib mengaji dan sehabis sholat isya untuk kepentingan kemasyarakatan.

Sebenarnya masih banyak hikmah sholat itu namun tanpa mengurangi hal tersebut artikel ini hanya menguraikan Sekedar Saja sebagai pelengkap dari pembahasan tentang sholat

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan 5 Hikmah SHALAT dalam Kehidupan Sehari - Hari (Menurut Ulama). Semoga bemanfaat dalah ibadah kita. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.