Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

#3 Syarat Wajib Shalat Bagi Orang Islam (Lengkap Dengan Hadits)

Assalamualaikum Wr.Wb. Saudara-saudaraku yang kami hormati. shalat merupakan ibadah mahdhoh yang diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada kita sebagai umat Islam. Ibadah sholat harus lah dilakukan dengan benar dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Syariat agama Islam. ketentuan-ketentuan yang perlu kita perhatikan salah satunya adalah syarat wajib shalat.

#3 Syarat Wajib Shalat Bagi Orang Islam (Lengkap Dengan Hadits)

Silahkan Baca: 
Pengertian Shalat Menurut Bahasa dan Istilah
5 Hikmah Sholat Menurut Para Ulama
Hukum Meninggalkan Shalat Menurut Para Ulama

Seorang muslim akan terkena tuntutan wajib shalat adalah mereka yang memenuhi 3 persyaratan:


#1 - Orang Islam 

Artinya orang tersebut sudah menyatakan diri sebagai orang Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat: 

أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ
Artinya: Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan Muhammad bin Abdillah Utusan Allah
Oleh karena itu, maka selain orang Islam (kafir) tidak diwajibkan mengerjakan shalat. sekalipun mereka mengerjakan shalat, tidak akan diterima shalatnya dan tidak akan mendapatkan pahala sedikitpun. karena Sholat itu merupakan bagian dari Islam. Nabi SAW bersabda:
Dari Abi tolhah bin Ubaidillah ra. Rosulullah SAW pernah ditanya orang tentang Islam. Maka Rasulullah SAW menjawab yaitu: shalat lima waktu sehari semalam (H.R Bukhari dan Muslim)


#2 - Orang yang sudah baligh 

Orang yang sudah baligh, maka untuk anak-anak belum dikenai tuntutan wajib shalat. hal tersebut sesuai dengan hadis Nabi SAW:
Dari Aisyah ra. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: di cabut tuntutan beribadah pada tiga perkara: dari anak kecil sehingga dewasa, dari orang yang tidur sehingga bangun, dari orang gila sehingga ia sembuh. (H.R. Abu Daud)
Untuk melatih anak agar dapat dan membiasakan shalat, maka harus dilatih atau dibiasakan dari semenjak kecil sejak usia anak 7 tahun. orang tua berkewajiban memerintah agar dia rajin atau biasa melakukan shalat lima waktu dan boleh dipukul sebagai pengajaran Apabila anak meninggalkan shalat saat ia sudah berusia 10 tahun.


#3 - Berakal sehat 

Berakal sehat, maka orang tidak sehat akalnya orang gila tidak berkewajiban sholat termasuk orang yang Ayan, mabuk yang tidak disengaja, atau karena sebab lain. orang yang memenuhi dua Persyaratan terakhir yaitu orang yang sudah dewasa dan berakal sehat disebut mukallaf.

CATATAN: 
Orang yang sudah dianggap dewasa apabila orang itu sudah memenuhi 3 hal sebagai berikut:

  1. Orang tersebut sudah mencapai umur 9 tahun baik laki-laki maupun perempuan dan mereka telah pernah bermimpi Jima atau keluar sperma bagi laki-laki.
  2. Sudah berumur 9 tahun bagi anak perempuan dan sudah pernah menstruasi (mengeluarkan darah haid)
  3. Sudah berumur 15 tahun bagi laki-laki maupun perempuan sekali pun belum pernah bermimpi Jima belum atau pernah mengeluarkan sperma atau belum pernah menstruasi

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan 3 syarat wajib sholat bagi orang muslim sebelum melakukan ibadah sholat. Semoga amal ibadah sholat kita di terima oleh allah dan semoga di catat sebagai amal baik. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.