Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

#3 Hukum Bagi Orang Meninggalkan Sholat 5 Waktu (Menurut Ulama Fiqih)

Assalamualaikum kaum muslimin yang dimuliakan oleh Allah. Dalam keseharian, kita tak jarang menjumpai saudara-saudara kita yang dengan biasa meninggalkan sholat atau bahkan kita sendiri. namun juga sering terbesit dalam lubuk hati kita yang paling dalam, Bagaimana hukumnya ketika kita atau saudara kita meninggalkan sholat lima waktu / fardhu?

#3 Hukum Bagi Orang Meninggalkan Sholat 5 Waktu Menurut Ulama Fiqih

Silahkan baca:
Pengertian dan Makna SHALAT Menurut Bahasa dan Istilah
5 Hikmah SHALAT dalam Kehidupan Sehari - Hari
Penjelasan Rukun Iman Ada 6 dan Rukun Islam Ada 5

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami sebagai penulis akan berbagi pengetahuan terkait dengan hukum meninggalkan shalat fardhu 5 waktu dalam islam yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. namun secara singkat kami hanya mengambil tiga hukum saja.

Muslim atau orang Islam yang meninggalkan shalat, menurut para ulama Fiqih berbeda pendapat. yang pada pokoknya dapat disimpulkan sebagai berikut:

#1 - Orang itu adalah kafir dan halal darahnya artinya wajib dibunuh 

Yang demikian adalah bagi mereka yang meninggalkan shalat dan menentang tidak mengakui akan hukum wajibnya shalat lima waktu atau sholat fardhu. hadis Nabi SAW menerangkan:

Artinya : Telah bersabda Rasulullah SAW: janji yang terikat erat antara kami dengan mereka ialah shalat. maka barangsiapa yang meninggalkan Nya, maka sungguh Iya kafir (H.R. Ahmad dan ash Habus Sunan)
Hadits lain yang menjelaskan:
Artinya : Telah bersabda Rasulullah SAW: batas di antara seseorang dengan kekafiran itu ialah meninggalkan shalat (H.R Ahmad, muslim, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

#2 -Orang itu adalah fasik dan harus segera bertobat apabila tidak mau bertobat boleh dibunuh

Yaitu bagi mereka orang yang Islam yang meninggalkan shalat karena malas. namun masih mengakui akan hukum wajibnya shalat lima waktu sepanjang ia tidak Syirik / musyrik. yang demikian karena firman Allah:
إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا
Artinya :Sungguh Allah tidak akan mengampuni orang yang mempersekutukan sesuatu dengan nya tetapi Allah akan mengampuni bagi orang yang dikehendakinya (Q.S an-nisa ;  116)

#3 - Orang itu disebut Islam dan tidak boleh dibunuh 

Yaitu meninggalkan shalat karena tidak sengaja atau lupa dan ia selalu sadar bahwa shalat lima waktu hukumnya wajib yang demikian karena hadas hadits yang menerangkan bahwa

Artinya : Bahwa Rasulullah SAW bersabda orang yang paling beruntung adalah yang kami beri syafaat yaitu orang yang telah mengucapkan tiada Tuhan selain Allah dengan tulus dari hatinya (H.R. Bukhari)
Orang yang mengucapkan Lailahaillallah dengan ikhlas dan sadar, tidak mungkin akan sengaja meninggalkan shalat dan tidak mungkin pula malas untuk mengerjakan shalat. yang demikian karena ia sadar bahwa mengucapkan Lailahaillallah adalah sebuah janji Atau ikrar sebagai pengakuan terhadap Allah sebagai Tuhannya yang akan selalu taat kepadanya dan sesekali tidak akan ingkar kepadanya. 

Dia pun sadar bahwa salah satu bentuk wujud ketaatan yang tidak boleh dilanggar sama sekali adalah shalat kapanpun dimanapun dan dalam keadaan apapun kecuali apabila dirinya kehilangan kesadarannya baik karena sakit jiwa atau karena lainnya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan #3 Hukum Bagi Orang Meninggalkan Sholat 5 Waktu Menurut Ulama Fiqih yang kami rangkum dari buku bacaan kami. Semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.