Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian, Perbedaan, Hubungan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) dan Pengantar Ilmu Hukum (PIH)

Pengertian pengantar hukum Indonesia (PHI) adalah basis atau mata kuliah dasar yang tidak bisa ditinggalkan oleh seseorang yang ingin mempelajari keseluruhan hukum positif di Indonesia. Pengantar hukum Indonesia terdiri dari kata pengantar dan hukum Indonesia. pengantar berarti membawa ke tempat yang dituju, mempelajari masalah masalah, dan cabang-cabang hukum di Indonesia.

Pengertian, Perbedaan, Hubungan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) dan Pengantar Ilmu Hukum (PIH)

Oleh karena itu, pengantar hukum Indonesia adalah mata kuliah dasar yang mempelajari keseluruhan hukum positif Indonesia sebagai suatu sistem hukum yang sedang berlaku di Indonesia dalam garis besarnya. dengan demikian, objek dari pengantar hukum Indonesia adalah hukum positif Indonesia. fungsi pengantar hukum Indonesia adalah mengantarkan setiap mahasiswa atau orang yang akan mempelajari hukum positif Indonesia.


Sedangkan pengertian pengantar ilmu hukum (PIH) adalah mata kuliah yang merupakan dasar bagi setiap mahasiswa atau orang yang akan mempelajari ilmu hukum dan memberikan pengertian pengertian dasar berbagai istilah dalam ilmu hukum yang bersifat umum yakni tidak terbatas pada ilmu hukum yang berfokus pada negara tertentu dan masa tertentu.


Jadi objek pengantar ilmu hukum adalah hukum pada umumnya dan tidak terbatas pada hukum positif negara tertentu. fungsi pengantar ilmu hukum adalah mendasari dan membubuhkan motivasi bagi setiap mahasiswa atau orang yang akan mempelajari hukum.


Pengantar ilmu hukum secara formalnya yaitu Memberikan suatu pemandangan untuk umum secara ringkas yakni mengenai seluruh ilmu pengetahuan hukum, mengenai kedudukan ilmu hukum di samping ilmu-ilmu yang lain, mengenai pengantar dasar asas dan penggolongan cabang hukum.


Secara materiilnya, bahwa pengantar ilmu hukum (PIH) memberikan uraian tentang sejarah lembaga-lembaga hukum beserta metode-metode peninjauan baik secara sejarah, kemasyarakatan, filsafat, maupun dogmatik.

Pengantar ilmu hukum berstatus sebagai mata kuliah dasar yang menunjukkan jalan ke arah cabang-cabang ilmu hukum yang lebih terperinci dan mempunyai nilai guna praktis. dengan demikian, pengantar ilmu hukum memberikan pengetahuan dalam garis besarnya mengenai hukum pada umumnya.


Perbedaan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) dengan Pengantar Ilmu Hukum (PIH)

Apabila diperhatikan Penjelasan diatas maka antara pengantar hukum Indonesia dengan pengantar ilmu hukum mempunyai perbedaan yang mendasar. berkut adalah perbedaannya:

  • Kedua ilmu itu memiliki objek yang berbeda yaitu objek kajian pengantar ilmu hukum adalah mempelajari hukum yang sekarang sedang berlaku atau hukum positif Indonesia. sedangkan objek kajian pengantar ilmu hukum adalah pengertian dasar dan teori ilmu hukum serta membahas hukum pada umumnya dan tidak terbatas pada hukum yang berlaku tertentu saja akan tetapi juga hukum yang berlaku di negara lain pada waktu kapan saja.
  • Pengantar hukum Indonesia berfungsi untuk mengantarkan setiap mahasiswa atau orang yang akan mempelajari hukum yang sedang berlaku atau hukum positif Indonesia. sedangkan pengantar ilmu hukum berfungsi sebagai dasar bagi setiap mahasiswa atau orang yang akan mempelajari hukum secara luas beserta berbagai hal yang melingkupinya.

Hubungan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) dengan Pengantar Ilmu Hukum (PIH)

Adapun hubungan antara pengantar hukum Indonesia dengan pengantar ilmu hukum adalah merupakan dua mata kuliah yang memiliki hubungan yang erat. hubungan erat itu mengantarkan bagi yang mempelajarinya pada suatu kesimpulan bahwa pengantar hukum Indonesia secara khusus mempelajari hukum yang sedang diberlakukan pada waktu tertentu di Indonesia. namun dalam pengantar ilmu hukum menelaah hukum secara luas dan komprehensif. selanjutnya hubungan antara pengantar hukum Indonesia dengan pengantar ilmu hukum dapat dilihat pada dua hal di bawah ini yaitu:
  • Kedua ilmu itu (PHI dan (PIH) merupakan mata kuliah dasar keahlian yang mempelajari ilmu hukum.
  • Pengantar ilmu hukum (PIH) merupakan dasar untuk mempelajari pengantar hukum Indonesia (PHI) yakni pengantar ilmu hukum harus dipelajari terlebih dahulu sebelum mempelajari pengantar hukum Indonesia.
Untuk dapat lebih mempermudah melihat perbedaan dan hubungan antara pengantar hukum Indonesia dengan pengantar ilmu hukum dapat dilihat pada skema di bawah ini.

Hubungan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) dengan Pengantar Ilmu Hukum (PIH)

Demikian ulasan artikel kami yang membahan tentang Pengertian, Perbedaan, Hubungan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) dan Pengantar Ilmu Hukum (PIH) yang kami rangkum dari buku bacaan kami. Semoga bermanfaat bagi pengetahuan anda. Mohon maaf bila ada kekeliruan dan terima kasih telah berkunjung.