Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

SHOLAT GERHANA MATAHARI (Tata Cara, Bacaan Doa, Dalil, Pengertian) LENGKAP

SHOLAT GERHANA MATAHARI (Tata Cara, Bacaan Do'a, Dalil, Pengertian) LENGKAP


Pengertian sholat gerhana matari / khusuf adalah sholat sunnah dua rokaat yang di isyaratkan oleh nabi muhammad s.a.w yang di khususkan pada saat menjelang terjadinya gerhana matahari, baik itu gerhana matahari parsial maupun total. Sholat gerhana matahari di sunnahkan bagi orang siapapun yang dapat menyaksikan proses terjadinya gerhana matahari . Hal tersebut telah di jelaskan dalam hadits rosullah s.a.w:


فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَافْزَعُوا إِلَى الصَّلاَةِ 

Jika kalian melihat gerhana tersebut (gerhana matahari atau bulan) maka bersegeralah untuk melaksanakan sholat. 
Dalil Hadits diatas mengandung arti perintah bagi seluruh umat ketika kita dapat menyaksikan proses terjadinya gerhana, baik itu gerhana matahari ataupun gerhana rembulan. Sholat gerhana matahari hukumnya adalah sunnah. Namun terdapat beberapa golongan yang mengambil hukum wajib yang di dasarkan atas hukum asal perintah. Golongan yang memilih hukum wajib tersebut adalah Asy Syaukani, Shidiq Hasan Khoon, dan Syaikh Al Albani rahimahumullah.

#Catatan Penting :
Sholat khusuf atau gerhana matarhi di sunnahkan bagi seseorang yang dapat menyaksikannya. Gerhana matarahi hanya dapat di saksikan di beberapa daerah tertentu saja. Tidak di isyaratkan atau di sunahkan sholat bagi seseorang yang berada di daerah yang tidak terkena efek atau tidak dapat menyaksikan gerhana matahari.

Waktu Sholat Gerhana Matahari / Khusuf

Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat sunnah gerhana matahari adalah mulai ketika gerhana muncul sampai gerhana tersebut hilang. Artinya, waktu sholat tersebut berada diantara awal mula terjadinya gerhana sampai berakhirnya gerhana matari. 
Hal tersebut sesuai seperti yang di isyaratkan oleg rosulullah s.a.w. Namun ada juga hadist rosul yang menjelaskan waktu sholat gerhana tidak ada batas waktunya, artinya apan saja melihat gerhana termasuk waktu terlarang untuk shalat, maka shalat gerhana tersebut tetap dilaksanakan. 

Tata Cara Sholat Gerhana Matahari / Khusuf

Salat khusuf gerhana matahari dilakukan dengan dua rakaat dan empat kali rukuk. pada rakaat pertama setelah i'tidal kemudian di lanjutakan dengan membaca surat al -fatihah kembali, setelah itu kembali rukuk, i'tidal, dan sujud sebagaimana biasanya. Begitu juga pada rakaat yang kedua. 

Pada sholat gerhana matahari tidak di perkenankan untuk membaca surat al - fatihan dengan suara yang nyaring (jahr). dan setelah membaca surat al fatihan di sunnahkan membaca surat yang panjang. 

Berikut adalah tata cara atau tahapan - tahapan dalam sholat sunaah gerhana matahari / khusuf :
Tata Cara Sholat Gerhana Matahari
  1. Berniat di dalam hati (niat sholat gerhana matahari). Niat dapat lafalkan dengan jelas dengan bahasa arab maupun bahasa yang di pahami. 
  2. Takbiratul ihram sebagaimana mestinya (layaknya sholat - sholat yang lainnya)
  3. Membaca doa iftitah, surat alfatihah, dan surat dalam al - qur'an.
  4. Ruku' pertama kemudian bangkit dai ruku sambil membaca "samiallah huliman hamidah, rabbana walakal hamd"
  5. Membaca surat al fatihah dan surat dalam al- quran kembali. 
  6. Ruku' kedua (ruku seperti biasanya)
  7. Bangkit dari ruku (i'tidal)
  8. Sujud
  9. Bangkit dari sujud kemudian duduk diantara dua sujud dan kemudian membaca doa duduk diantara dua sujud.
  10. Sujud kedua
  11. Kemudian bangkit dari sujud kemudian mengerjakan rakaat kedua sebagaimana melaksanakan rakaat pertama.
  12. Tasyahud akhir
  13. Kemudian salam

Bacaan Do'a Setelah Sholat Gerhana Matahari

Bacaan Do'a Setelah Sholat Gerhana Matahari 
Bacaan doa setelah sholat gerhana matahari diatas dapat anda jadikan amal ibadah setelah melakukan sholat sunah tersebut. namun anda dapat menambahi dengan doa - doa lainnya sesuai dengan hajat anda. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Sholat Gerhana Matahari yang meliputi tata cara, pengertian, dalil, bacaan , dan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.