Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

PRESENT PERFECT CONTINUOUS TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, Fungsi) LENGKAP

Dalam bahasa inggris terdapat macam - macam tenses, salah satu dari macam - macam tenses tersebut adalah Present Perfect Continuous Tense. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait dengan bentuk tenses ini yang meliputi pengertian, rumus, contoh kalimat, fungsi, dan perbedaannya dengan present perfect tense. untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan singkatnya. 
PRESENT PERFECT CONTINUOUS TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, Fungsi) LENGKAP

Pengertian Present Perfect Continuous Tense

Present perfect tense adalah salah satu bentuk kalimat dalam bahasa inggris yang dapat digunakan untuk menerangkan bahwa suatu peristiwa, perbuatan, atau kejadian yang terjadi pada masa lampau dan masih berlangsung sampai saat di bicarakan. 

Kalimat bentuk ini menunjukkan kejadian yang masih dalam proses dan mungkin dapat berkembang sampai saat yang akan datang. Artinya tedapat durasi waktu tertentu yang di gunakan dalam kalimat bentuk ini. Durasi waktunya memiliki relevansi yang cukup tinggi dengan kondisi pada saat ini. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • When i came to bandung in 2003, he has been living there about five years.
Berdasarkan contoh kalimat diatas terlihat bahwa dia telah tinggal di bandung sejak 2003. dan sekarang di masih tetap tinggal di bandung. 

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Susunan kalimat Pengertian Present Perfect Continuous Tense terdiri dari adanya auxliliary verb yang berupa "Have" dan "Has", dan kemudian di ikuti oleh verb - ing. uxliliary verb yang berupa "Have"  di peruntutkan untuk subjek I, You, They,dan We. Sedang auxliliary verb yang berupa "Has " di peruntutkan untuk subjek He, She, It, dan kata ganti orang ketiga.

Pada umumnya, kata kerja (verb) yang di gunakan pada present perfect continuous tense adalah dynamic verb, bukan stative verb. Hal tersebut di karenakan stative verb tidak memiliki bentuk continuous.
Kalimat Rumus Contoh Kalimat Present Perfect Continuous
Positive (+) S + have/has + been + V1-ing/present participle He has been swimming
They have been sleeping
Negative (-) S + have/has + not + been + V1-ing/present participle He has not been swimming
They have not been sleeping
Introgrative (?) have/has + S + been + V1-ing/present participle Has he been swimming ?
Have They been sleeping ?

Fungsi dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Fungsi Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense
Present Perfect Continuous untuk menyatakan kejadian yang di mulai pada masa lampau dan sampai saat sekarang masih berlangsung. I have been writing some letters to friends on mine (sayang telah sedang menulis beberapa surat untuk teman - teman saya)
He's been taking some photos about the life if the people in that village. (dia telah mengambil beberapa foto mengenai kehidupan orang - orang di kampung itu)
They have been doing it very well. (mereka telah melakukannya dengan baik)
Present Perfect Continuous untuk menyatakan suatu peristiwa yang baru saja terjadi yang efeknya masih terasa saat ini dan terjadi secara berulang -ulang It has been raining. The street covered with wather (Baru saja turun hujan. Jalan tergenang air hujan)
Have you been smoking ? I can smell tobacco in your clothes. (Apakah kamu baru saja merokok? saya bisa mencium bau rokok pada bajumu.
Many customer have benn complaining about that. (banyak pelanggan yang telah berkali - kali mengeluh tentang hal itu)
Present Perfect Continuous untuk menyatakan atau menanyakan seberapa lama sesuatu telah berlangsung (proses). Kata yang biasa digunakan adalah how long How long you have learning english ? (Berapa lama kamu telah sedang mempelajari bahasa inggris?)
We have been watching TV since 4pm this afternoon. (Kita telah sedang menyaksikan nonton TV sejak pukul 04.00 sore ini)
I've been swimming sice two o'clock (saya telah sedang berenang sejak jam dua)

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Present perfect continuous tense. Semoga bermanfaat dalam pengembangan kemampuan bahasa inggris anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.