Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Perbedaan dan Persamaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense

Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense, sekilas menunjukkan kemiripan diantara keduanya dalam hal waktu berlangsungnya suatu perubahan. Namun kedua tenses tersebut mempunyai perbedaan yang mendasar, yaitu pada penekanan keberlangsungan suatu perubahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa persamaan dan perbedaan antara present perfect tense dan present perfect continuous tense.

Perbedaan dan Persamaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense

Persamaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense

Kedua tenses tersebut sama-sama menyatakan perbuatan yang sudah dilakukan pada masa lampau, dan sekarang pekerjaan tersebut masih berlaku. selanjutnya kedua teks tersebut dapat dibubuhi dengan keterangan waktu. contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  1. I have worked there for three month. - (Present Perfect Tense)
  2. I have been worked there for three month. - (Present Perfect Continuous Tense)


Kedua kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia berarti saya sudah bekerja di sini selama 3 bulan for three month merupakan keterangan waktu yang dipakai dalam kalimat di atas dan empat yang paling menunjukkan jenis tenses ini.

Perbedaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense

Sekilas memang kedua tenses tersebut serupa, akan tetapi apabila dilihat lebih lanjut, terdapat perbedaan baik dalam penggunaan maupun dalam perbuatan. seperti pada kalimat diatas, apabila keterangan waktunya tidak dicantumkan akan mengandung pengertian yang berbeda. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  1. I have worked there. - (Saya telah bekerja disana)
  2. I have been working there. - (Saya telah sedang / masih bekerja di sana 
Berdasarkan contoh tersebut, perbedaan kedua tenses terletak pada tekanan keberlangsungannya suatu pekerjaan. present perfect tense lebih menekankan pada berakhirnya suatu kegiatan (not in action). Sedangkan present perfect continuous tense menekankan pada keberlangsungannya suatu pekerjaan (in action). Selain itu present perfect continuous tense dapat memakai keterangan waktu atau tidak artinya tidak akan berubah.

Dalam hubungannya antara in action dan not in action, perlu diperhatikan kata kerja yang dapat dinyatakan dengan bentuk simple present perfect tense atau dengan present perfect continuous tense seperti: expect (berharap), hope (berharap), learn (belajar), lie (berdusta), live (tinggal), look (melihat), rain (hujan), sleep (tidur), sit (duduk), stand (berdiri), teach (mengajar), wait (menunggu), want (menginginkan), work (bekerj). Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:
  1. He has lived here fo six weeks. - (dia telah tinggal disini selama enam minggu)
  2. He has been living here for six weeks. - (dia telah sedang tinggal disini selama enam minggu)
  3. How long have you learnt english ?. - (berapa lama kamu telah mempelajari bahasa inggris?)
  4. How long have been learning english ?. - (berapa lama kamu telah sedang mempelajari bahasa inggris ?)
Disamping itu adalah beberapa kata kerja lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaanya, Kata - kata tersebut adalah sebagai berikut:

#A - To Be
Hanya digunakan untuk bentuk present perfect tense. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:
  1. How long has he been sick ?. - (berapa lama dia menderita sakit)
  2. He has been sick for three days. - (dia menderita sakit selama tiga hari)
Tidak boleh:
  1. How long has he been being sick ?
  2. He has he been being sick for three days.

#B - To Wait
Hanya digunakan untuk present perfect continuous tense. Hal ini sesuai dengan konteks kalimat yang dapat di gambarkan dalam contoh di bawah ini.
  1. How long have you been waiting for me?. - (berapa lama kamu telah sedang menunggu saya?)
  2. I have been waiting for you for almost one hour. - (saya telah sedang menunggu kamu selama hampir satu jam)
Tidak boleh:
  1. How long have you waited for me ?
  2. I have waited for you for almost one hour.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Perbedaan dan Persamaa Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense yang kami rangkum dari beberapa literatur. Semoga dapat menambah pemahaman anda tentang grammer. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.