Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Memahami VERB / KATA KERJA (Pengertian, Fungsi, Jenis) dalam Bahasa Inggris

Kata kerja dalam bahasa Inggris disebut Verb. Verb merupakan bagian dari parts of speech yang paling penting. Hal ini disebabkan karena tanpa adanya kata kerja, suatu rangkaian kata tidak dapat disebut sebagai suatu kalimat, sedangkan tanpa subjek kadang-kadang suatu kata kerja dapat dikatakan sebagai kalimat, yaitu kalimat perintah (imperative).

Baca Juga :
Ordinary Verb
Linking Verb
Auxiliary Verb

Memahami VERB / KATA KERJA (Pengertian, Fungsi, Jenis) dalam Bahasa Inggris

Karakter kata kerja dalam bahasa indonesia dan bahasa Inggris sangat berbeda. Hal ini disebabkan kata kerja dalam bahasa Inggris dipengaruhi oleh ragam gramatikal, modus, kapan dilaksanakan (tense), siapa pelakunya, dan berapa jumlah pelakunya. Kelima hal tersebut akan mampengaruhi bentuk kata kerja yang digunakan. sementara itu, dalam bahasa Indonesia bentuk kata kerja tidak dipengaruhi oleh hal-hal tersebut. Untuk itu  dalam pembahasan kali ini penulis akan berusaha mengupas tentang dengan kata kerja secara mendetail.


Pengertian Verb (Kata Kerja Bahasa Inggris

Definisi atau Pengertian Kata kerja (Verb) adalah kata yang bersifat melakukan tindakan, pekerjaan, atau kegiatan (action word). Kata kerja Memberitahukan apa yang terjadi. kata kerja Dapat  pula memberitahukan keadaan wujud (state of being). jadi, kata kerja adalah suatu kata yang menunjukkan suatu pekerjaan, perbuatan, tingkah laku, atau kegiatan yang memegang peran penting dalam satu kalimat.
Contoh:
  1. to see (melihat)
  2. to hear (mendengar)
  3. to run (berlari)
  4. to sing (menyanyi)
  5. to go (pergi)
  6. etc
Terdapat juga kata kerja yang tidak menunjukkan pekerjaan, perbuatan tingkah, laku, atau kegiatan, Tetapi hanya memberitahukan keadaan wujud (state of being) saja.
Contoh:
  1. to be (ada, adalah)
  2. to have (mempunyai)
  3. to become (menjadi)
  4. etc

Fungsi Kata Kerja (Verb)

Fungsi kata kerja berdasarkan kaidah bahasa Inggris,  setiap kalimat harus mempunyai dua bagian yaitu: Subjek atau pokok kalimat dan predikat atau sebutan yang memberikan pernyataan tentang subjek. Bagian terpenting pokok kalimat adalah kata benda, Sedangkan bagian terpenting predikat adalah kata kerja. Jadi predikat yang digunakan harus terdiri dari kata kerja (kalimat verbal).  tidak mempunyai kata kerja maka harus ditambahkan kerja bantu (auxiliary).
Contoh:
  1. i must write a latter ( saya harus menulis surat)
  2. you should drink a milk (kamu seharusnya minum susu)
  3. the may go now (mereka boleh pergi sekarang)
  4. she will move the new area (dia akan berpindah kewilayah yang baru)
  5. the arabians can make long journey on the desert (orang - orang arab dapat melakukan pernjalan panjang di padang pasir).
Contoh kalimat di atas menunjukkan peran verb sebagai predikat yaitu kata write dan drink. Walaupun demikian, peranan verb harus dilengkapi dengan kata lainnya untuk membentuk kalimat yang sempurna.

Jenis - Jenis Verb (Kata Kerja)

Dalam tata bahasa Inggris, kata kerja dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis atau beberapa golongan. klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut:
#A- Menurut Kegunaannya
  1. Invinitive atau present tense, dapat disebut dengan kata kerja bentuk pertama (V1) atau kata kerja dasar.
  2. Preterit atau past tense dapat disebut sebagai kata kerja bentuk kedua (V2) atau kata kerja lampau.
  3. Past participle atau past passive participle dapat disebut sebagai kata kerja bentuk ketiga  (V3) atau kata kerja bentuk lampau sempurna.
  4. Verb ing, present past participle, atau active participle.
#B- Menurut Perubaha Waktu
  1. Kata kerja beraturan (Regular Verb)
  2. Kata kerja tidak beraturan (Irregular Verb)
#C- Menurut Fungsi dalam Kalimat
  1. Kata kerja penuh (Full verb atau Ordinary Verb)
  2. Kata Kerja bantu (Auxiliary Verb).

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan bagaimana kita memahami verb atau kata kerja dalam bahasa inggris yang meliputi pengertian, fungsi, dan jenis - jenis dari verb itu sendiri. Semoga bermanfaat bagi pengembangan skill berbahasa inggris anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 

Sumber: Kardimin. 2016. English Structure for TOEFL. Jakarta: Bumi Aksara