Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

TAJUK RENCANA (Pengertian, Contoh, Struktur, Fungsi, Tujuan, Ciri, dll) LENGKAP

Sering kita mendengarkan istilah tajuk rencana. namun sering kita juga tidak memahami istilah tersebut secara detail. Banyak hal yang dapat kita pelajari terkait dengan tajuk rencana, meliputi Apa pengertian dari tajuk rencana?, Bagaimana ciri-cirinya? Apa fungsinya dan Apa tujuan dari penggunaan tajuk rencana tersebut?  bagaimana cara membuat tajuk rencana? dan banyak hal lain yang dapat  kita pahami secara mendalam terkait dengan hal tersebut. pada kesempatan kali ini, Mari kita pelajara bersama. 
TAJUK RENCANA (Pengertian, Contoh, Strukrur, Fungsi, Tujuan, Ciri, dll) LENGKAP

Pengertian Tajuk Rencana

Definisi atau pengertian tajuk rencana adalah sebuah berita atau karya tulis yang diterbitkan oleh suatu media massa yang mencerminkan pandangan, gagasan, atau pendapat suatu media masa tersebut terhadap suatu peristiwa. Dengan kata lain tajuk rencana dapat diartikan sebagai suatu opini juga sikap resmi dari suatu media massa sebagai institusi penerbitan terhadap suatu persoalan atau peristiwa yang menjadi perbincangan publik. Selain itu tajuk rencana  juga dapat dikatakan sebagai  artikel utama pada sebuah surat kabar dan menjadi pandangan suatu media atau redaksi terhadap suatu fenomena yang berkembang di masyarakat.

Suatu media massa sebagai media penerbit  (seperti koran berita majalah portal berita online) sering mengeluarkan tajuk rencana pada halaman utama yang menjadi sorotan oleh para pembacanya. Hal tersebut dikarenakan selain untuk memberikan pendapat atau pandangan oleh suatu media massa terhadap suatu fenomena yang sedang berkembang di masyarakat, juga berguna untuk meningkatkan rating dari media massa itu sendiri. Tajuk encana itu sendiri, sering berubah seiring dengan perubahan peristiwa-peristiwa yang berkembang di masyarakat.

Sifat - Sifat Tajuk Rencana

Perlu diketahui bahwa tajuk rencana memiliki berapa sifat sifat tersendiri yang menjadi ciri khas dan memindahkan dengan karya tulis yang lain. Berikut adalah sifat-sifat dari tajuk rencana.

  1. Bersifat Kursial dan firal. Tujuannya untuk menarik perhatian para pembaca.
  2. Bersifat menyikapi suatu peristiwa atau fenomena yang sedang berkembang di masyarakat baik peristiwa tersebut berskala nasional maupun internasional.
  3. Bersifat konsisten suatu media sebagai penerbit selalu memperhatikan konsistensinya dalam menanggapi suatu peristiwa. Meiputi sikap dan bahasa yang digunakan serta relevansi pendapat yang disampaikan.
  4. Bersifat berkala. Artinya, tajuk rencana ditulis secara berkala, misalnya harian, mingguan, atau bulanan.

Ciri - Ciri Tajuk Rencana

Terdapat beberapa ciri-ciri yang khas dari tajuk rencana itu sendiri dan yang membedakan dengan karya tulis lainnya berikut adalah ciri-ciri dari tajuk rencana itu sendiri:

  1. Menjelaskan informasi tentang peristiwa, fenomena, atau suatu berita yang sedang berkembang di masyarakat.
  2. Berisikan pendapat opini gagasan suatu media masa tentang suatu peristiwa yang sedang berkembang di masyarakat.
  3. Permasalahan fenomena atau kejadian yang diangkat bersifat umum bagi itu berskala nasional maupun internasional.
  4. Pikiran-pikiran yang dimuat dalam sebuah berita bersifat subjektif dari media massa.

Tujuan Tajuk Rencana

Suatu media masa sebagai penerbit tentunya mempunyai tujuan tersendi yang melatar belakangi penerbitan atas suatu tajuk rencana. Berikut adalah beberapa tujuan suatu intitusi penerbit dalam menerbitkan tajuk rencana:
  1. Memberikan informasi yang sedang berkembang kepada masyarakat
  2. Memberikan pendapat yang mewakili dari sautu institusi penerbitan terhadap suatu peristiwa yang sedang berkembang di masyarakat.
  3. Memberikan informasi terkait dengan perkembangan suatu peristiwa yang sedang berkembang.
  4. Memerpejuangkan suatu hal yang berkaitan dengan media masa.
  5. Merubah pola fikir para pembaca akan peristiwa yang berkembang di masyarakat.

Fungsi Tajuk Rencana

Berdasarkan pengertian, ciri - ciri, sifat - sifat, dan tujuan dari tajuk rencana itu sendiri, dapat di interpretasikan bahwa terdapat beberapa fungsi tejuk rencana itu di buat. berikut adalah beberapa fungsi dari tajuk rencana:
  1. Sebagai suatu media penyampaian informasi tentang peristiwa secara detail yang berkembang di masyarakat umum
  2. Sebagai media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pendapat suatu media masa terhadap fenomena yang berkembang di masyarakat
  3. Sebagai media yang dapat di manfaatkan untuk merubah pola fikir dan sikap para pembaca akan suatu fenomena.
  4. Sebagai media yang dapat digunakan untuk informasi dalam meramalkan fenomena - fenomena yang akan terjadi di masa yang akan datang, berdasarkan topik - topik yang sesuai.

Materi dalam Tajuk Rencana

Dalam pembuatan tajuk rencana, suatu media dapat memilih jenis materi yang akan digunakan. Hal tersebut juga di sesuaikan dengan fenomena - fenomena yang sedang berkembang di masyarakat dan juga yang menjadi satu titik sudut pandang oleh suatu media masa. berikut adalah beberapa materi yang dapat digunakan dalam tajuk rencana:
  1. Materi Informatif (Memaparkan fenomena secara rinci baik aktual maupun faktual dengan menggunakan kalimat yang efektif dan jelas)
  2. Materi Argumentatif
  3. Materi Entertain
  4. Materi Educatif
  5. Materi yang Menyanjung

Stuktur Tajuk Rencana

Dalam membuat tajuk rencana terdapat bagian - bagian yang perlu di perhatikan, tujuannya adalah agar tajuk rencana yang akan di buat mudah di pahami oleh para pembaca. berikut adalah struktur tajuk rencana:
Pernyataan (Thesis Statement)
Bagian ini, penulis memaparkan suatu fenomena yang sedang berkembang secara singkat padat, berisi, dan detail. Seain itu dapat di perkuat dengan adanya sebuah teori yang sesuai dengan fenomena tersebut.
Pendapat (Argumentasi)
Selanjutanya, Penulis memberikan pendapat atau pandangannya terkait dengan fenomena yang ada pada bagian awal. Pandanganya tersebut dapat berupa perbandingan dengan apa yang penulis alami, ketahui, pahami dengan fenomena yang terjadi. Pandangannya juga dapat berupa pandangan yang posifiti maupun pandangan yang negatif. 
Pernyataan Ulang Pendapat (Reiteration)
Pada bagian akhir ini, penulis memaparkan sekilas terkait fenomena dan pendapat yang ia utarakan. atau dengan kata lain, bagian ini berfungsi sebagai penegas. Tujuannya agara para pembaca yakin dengan pendapat penulis dalam tajuk rencana tersebut. 

Cara Membuat Tajuk Rencana

Setelah anda mempelajari secara mendalam semua hal terkait dengan tajuk rencana, yang meliputi pengertian, ciri- ciri, sifat, dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini mari kita membuat tajuk rencana itu sendiri. Bagaimana caranya ? berikut adalah cara membuat tajuk rencana yang baik dan benar. 
  1. Mencari ide dalam suatu topik (dapat berupa berita dalam surat kabar, portal online, dsb)
  2. Menentukan teori yang sesuai dengan fenomena (Temukan kesenjangan! )
  3. Menyusun argumentasi yang relevan dengan fenomena
  4. Tulis dalam sebuah tajuk rencana sesuai dengan struktur diatas dengan bahasa yang jelasm singkat, padat, dan berisi.
Selanjutnya, silahkan kirim hasil dari karya tajuk rencana anda ke surat kabar - surat kabar atau portal online seperti detik, merdeka, okezone, dsb agar tulisan anda dapat di lihat oleh orang banyak. 

Contoh Tajuk Rencana Pendidikan, Koran Sindo, Kompas Hari Ini

untuk contoh dari tajuk rencana sebenarnya tersedia banyak di portal - portal online. dan umunya sering berubah sesuai dengan perubahan fenomena - fenoma yang berkembang di masyarakat. Namun berikut adalah contoh tajuk dri koran sindo dan kompas.

Tajuk Rencana Kompas Hari ini
Contoh Tajuk Rencana Kompas Hari Ini

Tajuk Rencana Koran Sindo
Contoh Tajuk Rencana Koran Sindo



Demikian ulasan artikel kami terkait dengan semua hal tentang tajuk rencana yang meliputi pengertian, sifat, ciri, contoh, struktur, dan cara membuat tajuk rencananya. Semoga bermanfaat bagi. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.