Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimatnya) LENGKAP

Dalam bahasa inggris terdapat beberapa macam tenses, salah satu dari beberapa macam tenses tersebut adalah simple present tense. Dalam sebuah teks, tidak jarang kita menjumpanya jenis kalimat tersebut. Namun terkadang kita belum memahami secara mendalam mengenai pengertian dari simple present, fungsi dari simple present, dan bagaimana rumus kalimatnya. berikut adalah ulasannya. 

Lihat Juga:
Simple Present Tense
Simple Past Tense
Simple Perfect Tense
Present Continuous Tense

SIMPLE PRESENT TENSE (Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimatnya) LENGKAP

Pengertian Simple Present Tense

Definition of simple present tense / Definisi simple present tense dalam bahasa indonesia adalah tenses atau kalimat yang digunakan menyakatan suatu kejadian, peristiwa, kegiatan, aktifitas, dan lain sebagainya pada kondisi saat ini dalam bentuk bahasa inggris. Selain itu, simple present tense juga sering digunakan untuk menyatakan sebuah fakta atau sesuatu yang terjadi berulang - ulang saat ini (sekarang). Jadi kalimat ini, lebih spesifik pada kondisi saat ini.

Untuk lebih memahami terkait dengan bagaimana cara penggunaanya dan bagaimana rumus dari kalimat simple present tense ini. Silahkan perhatikan dan pelajari rumus dan penjelasnnya.


Rumus Simple Present Tense dan Penjelasannya


Kalimat
Rumus
Contoh Kalimat Simple Present
Positif
S + Verb 1
He likes sleeping out
S+/- 
auxiliary (do/does) + bare infinitive
The boy is naughty.
negatif
S + uxiliary (do/does) + not + bare infinitive
He doesn’t like sleeping out
S + be(am/is/are) + not
The gilr isn’t naughty
interogatif
Do/Does + S + bare infinitive
Does he like sleeping out ?
Be(am/is/are) + S
Are the children handsome ?

Berdasarkan tabel diatas dapat kita interpretasikan bersama, bahwa kalimat simple present tense merupakan jenis kalimat yang di bentuk dari Verb-1 atau lingking verb "be" (is, am, are). Lalu apa yang di maksud dengan Verb 1 ?. 

Verb 1 merupakan kata kerja (verb) bentuk 1 atau bare invinitive dengan tambahan -s atau -es khususkan pada kata benda tuggal (seperti book, motor, tato,dll) atau kata ganti orang ketiga tunggal (she, he, it), atau tanpa tambahan apapun (seperti verb 1:like, go, do), subyek berupa plural noun atau plural pronoun, pronoun i / you atau compound subject (Yo and me, Malik and pipit).

Lihat Juga:
Kata Kerja / Verb
Ordinary Verb
Regular and Iregular Verb
Auxiliary Verb
Linking Verb

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan simple present tense yang meliputi pengertian, rumus dan contoh kalimatnya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dalam mempelajari bahasa inggris. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.