Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

SIMPLE PERFECT TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, Latihan Soal) LENGKAP

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang simple perfect tense. Dalam bahasa inggris terdapat beberapa macam tenses, salah satu dari beberapa macam tenses tersebut adalah simple perfect tense. 

Lihat Juga:
Simple Present Tense
Simple Past Tense
Simple Perfect Tense
Present Continuous Tense

Dalam sebuah teks bacaan, koran, majalah dan lain sebagainya, tidak jarang anda menjumpanya jenis kalimat ini. Namun terkadang anda belum memahami secara mendalam mengenai pengertian dari simple perfect, fungsi dari simple perfect, dan bagaimana rumus kalimatnya. Sekarang Mari kita bersama memahiminya. 
SIMPLE PERFECT TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, Latihan Soal) LENGKAP

Pengertian Simple Perfect Tense


Definition of simple perfec tense / Definisi simple perfect tense dalam bahasa indonesia adalah tenses atau kalimat yang digunakan menyakatan suatu kejadian, peristiwa, kegiatan, aktifitas, dan lain sebagainya pada masa lalu, masa lalu dan masih berlangsung sampai saat ini. Selain itu, simple perfect tense juga sering digunakan untuk menyatakan sebuah fakta atau sesuatu yang terjadi dan yang telah selesai pada suatu titik waktu tertentu di masa lalu, namun dampaknya masih berlanjut hingga saat ini atau di masa yang akan datang.

Sama halnya tenses yang lainnya, simple perfect tense juga mempunyai formula atau rumus yang digunakan. Untuk lebih memahami terkait dengan bagaimana cara penggunaanya dan bagaimana rumus dari kalimat simple perfect tense tersebut. Mari perhatikan dan pelajari rumus dan penjelasnnya.


Rumus Simple Perfect Tense dan Penjelasannya

Kalimat
Rumus
Contoh Kalimat Simple Past
Positif
(+)
S + aux. verb(have/has) + V-3/past participle
You have eaten rice
The have left
Negatif
(-)
S + aux. verb(have/has) + not + V-3/past participle
You have not eaten rice
The haven’t left
Interogatif
(?)
aux. verb(have/has) + S + V-3/past participle
Have you eaten rice
Has he left

Berdasarkan tabel formula simple perfect tense di atas, dapat kita interpretasikan bersama bahwa kalimat simple perfect tense terbentuk dari adanya auxiliary verb. Auxiliary verb pada simple perfect tense berupa "have" atau "has" dan lalu kemudian di ikuti dengan verb -3 (past participle). Penggunaan "Have" atau "Has" di tentukan oleh subject compound. "Have" digunakan untuk subject I, You, They, We. Sedangkan "Has" digunakan untuk subject He, She, It. 
Note: Past participle dapat berupa Regular Verb dan Iregular Verb
Lihat Juga:
Kata Kerja / Verb
Ordinary Verb
Auxiliary Verb
Linking Verb

Latihan Soal Simple Perfect Tense

Terjemahkan kalimat - kalimat di bawah ini kedalam bahasa inggris dengan menggunakan Simple Perfect Tense ! (Jawaban silahkan isikan di kolom komentar)
1. Kamu telah pergi meninggalkanku
2. Apakah kamu sudah mengerjakan PR ?
3. Apakah mereka sudah makan siang ?
4. Mereka belum mengumpulkan tugas bahasa indonesia.
5. Dia belum sarapan pagi.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Simpel Perfect Tense yang meliputi pengertian, rumus, contoh kalimat, dan latihan soal dasar yang kami buat pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi pengembangan kemampuan bahasa inggris anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.