Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

SIMPLE PAST TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat dan Latihan Soal) LENGKAP

Dalam bahasa inggris terdapat beberapa macam tenses, salah satu dari beberapa macam tenses tersebut adalah simple past tense. Dalam sebuah teks, tidak jarang kita menjumpanya jenis kalimat tersebut. Namun terkadang kita belum memahami secara mendalam mengenai pengertian dari simple past tense, fungsi dari simple past, dan bagaimana rumus kalimatnya. berikut adalah ulasannya. 

Lihat Juga:
Simple Present Tense
Simple Past Tense
Simple Perfect Tense
Present Continuous Tense

SIMPLE PAST TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat dan Latihan Soal) LENGKAP

Pengertian Simple Past Tense 

Definition of simple past tense / Definisi simple past tense adalah tenses atau kalimat yang digunakan menyakatan suatu kejadian, peristiwa, kegiatan, aktifitas, dan lain sebagainya pada kondisi saat yang telah berlalu (Lampau) dalam bahasa inggris. Jenis kejadian dalam kalimat ini dapat berupa kejadian pendek atau panjang, bahkan juga memungkinkan untuk beberapa kejadian yang kejadiannya beruntun satu demi satu. 

Ciri - ciri dalam kalimat simple past tense, umumnya sering di sertai dengan keterangan waktu kejadian ( last two days, last year, yesterday) atau periode waktunya (for an hour, for two months, for a day). Waktu kejadian dan periode waktu dapat di sebutkan secara spesifik dalam kalimat simple past tense sesuai dengan kebutuhan keterangan. Selain itu, Simple past tense juga dapat digunakan untuk membentuk conditional sentence tipe 2. Untuk lebih memahami terkait dengan bagaimana cara penggunaanya dan bagaimana rumus dari kalimat simple past tense ini. Silahkan perhatikan dan pelajari rumus simple past dan penjelasnnya. 


Rumus Simple Past Tense dan Penjelasannya

Kalimat
Rumus
Contoh Kalimat Simple Past
Positif
S + Verb-2 (past tense)
The teacher went
I was a police
S + be(was/were)
negatif
S + did + not + bare infinitive
malik didn’t sleep
S + be(was/were) + not
I wasn’t a car collector
interogatif
Did + S + bare infinitive
Did the docter come
be(was/were) + S
Was I a car collector

Berdasarkan tabel tersebut dapat kita pahami bahwa kalimat Simple past tense merupakan kalimat yang dibentuk dari Verb-2 (past tense) atau linking verb “be” (was, were). Lalu Apa yang dimaksud dengan verb-2 itu sendiri? 

Verb-2 merupakan kata kerja bentuk 2 atau bentuk dasar verb (verb 1 / bare infinitive) yang mendapat tambahan -ed, -en, -d, -t, -n, atau -ne di blakang untuk jenis regular verb atau bentuk yang tidak konsisten pada irregular verb. Verb 2 umumnya menyimpan arti "telah","sudah", dan lain sebagainya.  

Lihat Juga:
Kata Kerja / Verb
Ordinary Verb
Regular and Iregular Verb
Auxiliary Verb
Linking Verb

Selain itu, pada jenis kalimat simple past nominal, "Was" yang merupakan singular verb digunakan pada singular subject (she, he, it, I, Malik, dan the Star) kecuali “you”, sebaliknya "were" yang merupakan plural verb digunakan pada plural subject (seperti: we, they, you, Malik and Pipit, dan the Flower).


Latihan Soal Simple Past Tense

Terjemahkan kalimat - kalimat  di bawah ini kedalam bahasa inggris dengan menggunakan Simple Past Tense ! (Jawaban silahkan isikan di kolom komentar)
1.Kami pergi ke kota surabaya kemarin
2.Apakah sudah mengerjakan tugas sekolah tadi malam ?
3.Algi tidak datang ke perayaan minggu lalu
4.Apakah indar makan banyak tadi pagi ?
5.Kami telah menjual rumah yang ada di surabaya beberapa tahun yang lalu.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan simple past tense yang meliputi pengertian, rumus, contoh kalimat dan latihan soalnya secara lengkap. Semoga bermafaat bagi anda dan keluarga anda. Mohon maaf bila ada kesalahaan dan terima kasih telah berkunjung.