Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian dan Contoh REGULAR dan IRREGULAR VERB (V1, V2, V3) Beserta Artinya [LENGKAP]

Menurut perubahan waktunya, atau cara penulisannya, kata kerja dapat di bedakan menjadi dua (2), yaitu regular verb (kata kerja beraturan) dan irregular verb (kata kerja tidak beraturan). Berikut adalah ulasan lengkapnya.
Pengertian dan Contoh REGULAR dan IRREGULAR VERB Beserta Artinya [LENGKAP]

#A - Regular Verb (Kata Kerja Beraturan)

Definisi atau pengertian regular verb adalah Kata - kata kerja (Verb) yang mematatuhi peraturan normal. Pada umumnya, kata kerja yang bentuk lampaunya dibentuk dari infinitive, di beri tambahan -ed atau -d. 

Ada beberapa aturan yang harus di perhatikan dalam penambahan akhiran -ed atau -d dalam sebuah kalimat. Pada umumnya untuk membentuk past tense dan past participle di tambahkan -ed pada bentuk dasar kata kerja beraturan. rumus sebagai berikut:
Infinitive + -ed / -d
Contoh:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
to abductabductedabductedmenculik
to acceptacceptedacceptedmenerima
to helphelpedhelpedhelped



Jika kata - kata kerja yang beraturan yang bentuk kata dasarnya berakhiran huruf vokal (huruf hidup) -e, cukup di tambahkan -d saja untuk membentuk past tense dan past participlenya.
Contoh:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
to adviceadvisedadvisedmenasehati
to blameblamedblamedmenyalahkan
to closeclosedclosedmenutup


Jika kata - kata kerja beraturan bentuk dasarnya berakhiran huruf y yang di dahului oleh huruf konsonan (huruf mati), maka y di ganti dengan i dan kemudian di tambkan -ed di belakangnya. 
Contoh:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
to accompanyaccompaniedaccompaniedmenemani
to carrycarriedcarriedmembawa
to crycriedcriedmenangis


Jika kata kerja yang bentuk dasarnya berakhiran huruf y yang di dahuluhi huruf vokal, maka y tidak di rubah menjadi i, melainkan cukup di tambahkan -ed saja.
Contoh:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
to annoyannoyedannoyedmenjengkelkan
to batraybetrayedbetarayedmenghianati
to playplayedplayedmemainkan

Jika kata kerja beraturan yang bentuk dasarnya barakhiran huruf mati yang di dahului oleh sebuah huruf hidup, huruf akhir di gandakan lalu di tambahkan-ed. 
Contoh:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
to begbeggedbeggedmemohon
to gabgabbedgabbedmengobrol
to jigjiggedjiggedberjoget

Jika kata kerja beraturan yang bentuk dasarnya berakhiran huruf mati yang di dahului oleh sebuah huruf hidup, maka huruf akhir tersebut di gandakan. Namun jika huruf akhir tersebut berupa huruf konsonan, maka tidak di gandakan. 
Contoh:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
to annulannulledannulledmenghapus
to cancelcancelledcancelledmembatalkan
to assailassailedassailedmenghapus


Jika kata kerja beraturan yang bentuk dasarnya berakhiran huruf mati yang di dahului sebuah huruf hidup dan tidak bersuku kata satu, tekanan jatuh pada suku kata terakhir, huruf akhir itu di gandakan lalu di tambah -ed. Namun jika terdapat dua buah huruf vokal, meskipun tekanan jatuh pada suku kata terakhir, huruf mati terakhir tidak boleh di gandakan. 
Contoh:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
to admitadmittedadmittedmenghilangkan
to allotallottedallottedmembagikan
to repairrepairedrepairedmemperbaiki


Jika kata kerja beraturan yang bentuk dasarnya barkhiran huruf vokal yang di dahului oleh huruf konsonan, dan bersuku kata dua yang tekanannya jatuh pada suku kata pertama, konsonan akhir tersebut tidak boleh di gandakan. tetapi cukup di tambah -ed saja. 
Contoh:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
to visitvisitedvisitedmengunjungi
to suffersufferedsufferedmenderita
to followfollowedfollowedmengikuti


jika kata kerja beratuan yang bentuk dasarnya berakhiran huruf mati c yang di dahului oleh huruf hidup, konsonan c tersebut harus digantikan dengan konsonan k, lalu kemudian di tambah -ed untuk membentuk past tanse dan past participle.
Contoh:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
to bevouacbevouackedbevouackedberkemah
to panicpanickedpanickedpanik
to mimicmimickedmimickedmemimikkan


#B- Irregular Verb (Kata Kerja Tidak Beraturan)

Definisi atau pengertian irregular verb adalah kata kerja (Verb) yang tidak mengikuti aturan, atau dapat dikatakan untuk membentuk past tense dan past participle tidak di tambah -ed atau -ed. 

Oleh sebab itu, irregular verb ini harus di hafalkan baik - baik untuk membentuk past tense dan past participle tidak di tambah -ed atau -ed.  di bawah ini adalah contoh daftar irregular verb:
InfinitivePast TenseParticpleMeaning
abideabodeabodeada / diam
arisearoseairsenbangung / timbul
awakeawoke awakedmembangunkan

Demikian ulasan artikel kami yang membahas tentang Pengertian dan Contoh REGULAR dan IRREGULAR VERB Beserta Artinya. Semoga bermanfaat dalam pengembangan skill berbahasa inggris anda. Mohon maaf bila ada kesalaman dan terima kasih telah berkunjung.