Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

QUESTION WORD (Pengertian, Contoh Kalimat, Penggunaan, Fungsi) LENGKAP

Dalam bahasa indonesia kita mengenal istilah yang biasa disebut dengan "Kata tanya". Dalam bahasa inggris istilah tersebut biasa dikenal dengan "Questions Word". Pada kesemapat kali ini kita akan membahasnya secara lengkap meliputi apa pengertian quetion word? bagaimana penggunaannya? Apa rumusnya? dan bagaimana contoh kalimat question word?. Mari kita pahami bersama.

QUESTION WORD (Pengertian, Contoh Kalimat, Penggunaan, Fungsi) LENGKAP

Pengertian Question Word

Pengertian Question Word dalam bahasa indonesia adalah sebuah kata yang dapat digunakan untuk menanyakan benda, alasan, waktu, cara, tempat, orang, dan lain sebagainya. Dengan begitu, question word dapat di artikan sebagai kata yang di gunakan untuk bertanya.

Secara umum, bentuk pertanyaan dalam bahasa inggris dapat di buat dengan dua cara, yaitu: pertama, dengan menggunakan to be yang jawabannya dengan yes / no atau jawaban pendek (short answer); 2). pertanyaan menggunakan kata- kata selain to be yakni dengan question word yang tidak dapat di jawab dengan yes/no answer.  Berkut adalah kata - kata pertanyaan selain to be (question word):

  • What     : (apa) menanyakan sesuatu.
  • When    : (kapan) menanyakan waktu.
  • Where   : (dimana) menanyakan tempat.
  • Why      : (mengapa) menanyakan sebab.
  • Who      : (siapa) menanyakan orang sebagai subjek.
  • Whom   : (siapa) menanayakan orang sebagai objek.
  • Which   : (yang mana) menanyakan suatu pilihan.
  • Whose  : (milik siapa) menanyakan kepunyaan.
  • Howh    : (bagaiaman) menanyakan keadaan keterangan. 
Dalam bahasa inggris, dua pertanyaan (question) sering digubungkan dengan pernyataan (statement, baik positif maupun negatif) menjadi satu. Pertanyaan (embedded) biasanya adalah pertanyaan yang di mulai dengan kata tanya (question word) yang biasanya merupakan salah satu dari question word WH, yaitu: what, when, where, which, who, whose, dan how.

Embedded Question dengan Pertanyaan

Pertanyaan dengan embedded question biasaya adalah yes / no question (pertanyaan yang hanya perlu di jawab dengan yes atau no saja) Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:
  1. Where do you live ? can yu tell me? -- menjadi -- can you tell me where do you live?
  2. Where does she work ? do you know? -- menjadi -- do you know where she work?
  3. What did they say ? do you remember? -- menjadi -- do you remember that they said?
Seperti terlihat dari ketiga contoh diatas, susunan embedded question berubah, verba bantu do/does/did di buang dan verbanya berubah (work -- to -- works; say -- to -- said). Jika embedded questionnya mengandung salah satu dari to be (am/is/are/was/were), maka to be tidak lagi di letakkan di depan pronomina / nominanya, tetapi di letakkan di belakangnya. Contoh kalimatnya adalah sebagai berkut:
  1. What is your name ? -- menjadi -- Can you tell me what your name is?
  2. How is your mother ? May i know?  -- menjadi -- May i know how mother is?
  3. Where were they last night? Do you know? -- menjadi --Do you know were they were last night?

Penyataan dengan Kata Tanya

Pernyataan (statement) dapat berupa pernyataan yang positin dan negatif, kaidah - kaidah (rules) penggabungan sama dengan kaidah penggabungan pada bagian atas. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:
  1. What is UFO? I don't know. -- menjadi -- I don't know what UFO is.
  2. Who is the inventor of the computer ? I want to know -- menjadi -- I want to know who the invitor of the computer is?
Seperti yang dapat anda lihat pada contoh di atas, tidak ada tanda tanya yang di letakkan di akhir kalimat yang sudah di gabungkan. Hal ini dikarenakan kalimat - kalimat tersebut di mulai dengan pernyataan (I wonder, I don't know, dan lain sebagainya). Berbeda dengan kalimat - kalimat yang ada pada bagian sebelumnya (Embedded Question dengan Pertanyaan) yang semuanya di mulai dengan pertanyaan.

Penggunaan Question Word (Kata Tanya) dalam Bahasa Inggris

Fungsi question word - Kata tanya dalam bahasa inggris terdiri dari 9 kata. Kesembilan kata tersebut digunakan untuk menanyakan hal - hal yang berbeda. berikut ini adalah penggunaan kesembilan kata tanya beserta contoh kalimatnya:
#A - What
What berati apa, apa berati menyakan nama, benda, pekerjaan, jabatan seseorang. Contohnya : what is your name?. What dalam kalimat ini tidak di gunakan untuk menanyakan orang melainkan nama, maka dalam bahasa indonesia lebih tepat di artikan siapakah. Contoh kalimat yang lainnya adalah sebagai berikut:
  • What must the foreign ancestor?
  • What is nowadays "the place to go to" for communication and information?
  • What moral teaching can you get form the story?
#B - When 
When berarti kapan, kapan menyakan waktu. Jadi when digunakan untuk menanyakan waktu. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • When jerry arriver at the airport? 
  • When were the first peublo was built? 
  • When was FAO born? 
#C - Where

Where berarti dimana, dimana berarti menanyakan suatu tempat. Tempat yang di tanyakan adalah tempat yang jelas. Berarti where digunakan untuk menanyakan suatu tempat yang jelas. Contoh: where are you?. dalam kalimat tersebut sebenarnya yang di tanyakan adalah posisi / tempat. Jadi kita bisa memaknai dalam bahasa indonesia "dimana posisi kamu?". Contoh kalimat lainnya adalah sebagai berkut:
  • Where did the trial take place?
  • Where did you have your launch?
  • Where does the oil come out from?
  • Where did you buy bananas yesterday?
#D - Why
Why berarti mengapa, mengapa berati menayakan suatu alasan. Jadi why digunakan untuk menayakan suatu alasan. Contoh: Why are you so crazy?. Why pada kalimat tersebut menayakan alasan mengapa kamu begitu gila. Contoh kalimat yang lainnya adalah sebagai berkut:
#E - Who
Who artinya siapa, Siapa berarti menanyakan orang. Orang yang di maksud adalah yang berkedudukan sebagai subjek. Jadi Who digunakan untuk menanyakan orang sebagai objek. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • Who wrote the number of parliament?
  • Who is in charge of issuing a citizenship card?
  • Who are expected to be the transmigrans in west celebes?
#F - Whom
Whom juga berati siapa, siapa bararti menanyakan seseorang. namun berbeda dengan who, whom ini menanyakan seseorang yang berkedudukan sebagai objek. jadi whom digunakan untuk menanyakan seseorang sebagai objek. Berikut adalah contoh kalimatnya:
  • Whom did tejakusuma appoint her trainer?
  • Whom did you expect to come?
  • With whom do you go to school?
#G - Whose
Whose berarti miliki siapa. Milik siapa berarti menanyakan tentang kepunyaan. Jadi Whose digunakan untuk menanyakan kepunyaan suatu benda, barang, dan lain sebagainya. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:
  • Whose book is it?
  • Whose father came laste weak?
  • Whos get this money?
#H -  How
How berarti bagaimana, bagaimana berarti menyakan keadaan . Jadi how dapat digunakan untuk menanyakan keadaan. Contoh kalimatnya adalah sebagai berkut:
  • How was the situation in the airport?
  • How will carol get to annie's house from the airport?
  • How did the indian teach the settlers to travel in the winner?

Introgative Adjective dan Pronoun

Untuk orang  : Subjek       Who       (pronouns)
                       Objek        Whom, Who    (pronoun)
                       Possesive  Whose  (pronoun and adjective)
Untuk benda : Subjek atau objek     what (pronoun and adjective)
Untuk orang atau benda apabila pilihan di batasi : Subjek / objek  which (pronoun and adjective)

Affirmative verb setelah who, whose, dan sebagainya di gunakan sebagai subjek. Who, whose, which, what, when, digunakan sebagai subject dan biasanya di ikuti kalimat perintah, bukan introgatif. Contoh kalimatnya adalah seperti di bawah ini


Who pays the bill ? (affirmativer verb)

Who, whose berfungsi sebagai objek dari kata kerja (verb) atau kata depan pada bentuk pertanyaan. 

Lihat Juga :
Ordinary Verb
Linking Verb
Auxiliary Verb

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Question Word yang meliputi pengertian, contoh kalimat, dan penggunannya. Semoga bermanfaat dalam pengembangan bahasa inggris anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

2 komentar

Rinjani Melda delete 31 March, 2017

Keren abis kak . tolong tambahi donk

Apanya dek yang di tambahin