Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

PRESENT CONTINUOUS TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, dan Latihan Soal) Lengkap

Dalam bahasa inggris, sering kita jumpai perubahan - perubahan kalimat yang di sebabkan oleh perubahan waktu, baik itu lampau, saat ini, dan masa yang akan datang. Selain itu, perubahan - perubahan kalimat juga sangat tergantung jenis kalimat apa yang di kehendaki oleh penulis. Salah satu kalimat dalam bahasa inggris yaitu Present Continuous Tense. 
Sering kita jumpai jenis kalimat ini (present continuous tense) dalam sebuah teks bacaan bahasa inggris, koran luar negeri, majalah, dan lain sebagainya, namun sering pula kita tidak menyadari hal tersebut (Karena kurang memahaminya). Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian present continuous tense lengkap dengan rumus, contoh kalimat dan latihan soalnya. berikut adalah ulasan jelasnya.
PRESENT CONTINUOUS TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, dan Latihan Soal) Lengkap

Pengertian Present Continuous Tense

Definition of present continuous tense/ Definisi present continuous tense dalam bahasa indonesia adalah tenses atau bentuk kalimat yang digunakan menyakatan suatu kejadian, peristiwa, kegiatan, aktifitas, dan lain sebagainya yang sedang di lakukan pada saat ini.
Tenses ini lebih menitik tekankan pada sebuah proses keberlangsungan suatu kejadian, bukan awalan atau akhiran. Proses keberlanjutan tersebut baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.  

Tenses juga merup ini akan bentuk kalimat yang menjelaskan suatu kejadian yang sedang berlansung. Oleh karena itu, tenses ini sering di gunakan untuk memaparkan atau menjelaskan suatu proses perubahan, pertumbuhan, atau perkembangan suatu hal. Present continuous tense dalam grammer juga sering di sebut dengan present progressive tense. 

Sama halnya tenses yang lainnya seperti simpe present, past, perfect, present continuous  juga mempunyai formula atau rumus yang digunakan. Untuk lebih memahami terkait dengan bagaimana cara penggunaanya dan bagaimana rumus dari kalimat present continuous  tersebut. Mari perhatikan dan pelajari rumus dan penjelasnnya.

Rumus Present Continuous Tense dan Penjelasannya

Kalimat
Rumus
Contoh Kalimat Simple Past
Positif
(+)
S + be (am/is/are) + present participle
The ships are sleeping
The are is gaming
Negatif
(-)
S + be (am/is/are) + not + present participle
The dog is not sleeping
They not gaming
Interogatif
(?)
be (am/is/are) + S + present participle?
Are the dog sleeping
Is he swimming

Berdasarkan tabel rumus diatas dapat kita simpulkan bahwa present continuous tense merupakan tenses yang tersusun dari auxiliary verb “be” yang kemudian diikuti dengan present participle (V1 + Ing). Untuk auxiliary verb “be” dan present participle (V1 + Ing) tidak berubah walaupun terjadi perubahan bentuk kalimat (Postifi, Negatif, atau Introgratif). 

Lihat Juga:
Kata Kerja / Verb
Ordinary Verb
Regular and Iregular Verb
Auxiliary Verb
Linking Verb


Namun pada umumnya, pada tenses ini menggunakan dynamic verb, bukanlah stative verb. Hal tersebut di karenakan verb yang memiliki makna continuous umumnya adalah dynamic verb. 


Latihan Soal Present Continuous Tense

Terjemahkan kalimat - kalimat di bawah ini kedalam bahasa inggris dengan menggunakan Present Continuous Tense ! (Jawaban silahkan isikan di kolom komentar)
1. Seorang guru sedang mengajar kelas XI IPA 2
2. Diki sedang tidur di dalam kamarnya
3. Agus sedang pergi ke kota surabaya
4. Saya sedang memasak nasi untuk makan siang
5. Dino sedang mengejakan tugasnya di kelas.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan present continous yang meliputi pengertian, rumus, contoh kalimat, dan Latihan soalnya. Semoga bermanfaat dalam pengembangan kemampuan bahasa inggris anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.