Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

ORDINARY VERB (Pengertian, Contoh, Ciri, dan Macamnya) LENGKAP

Meninjau dari segi kegunaan atau fungsi sebuah tenses dalam bahasa inggris, sentense dapat di kelompok kan menjadi tiga bagian yang meliputi ordinary verb, auxiliary verb, dan lingking verb. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan fokus membahas lengkap tentang Ordinary Verb. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

ORDINARY VERB (Pengertian, Contoh, Ciri, dan Macamnya) LENGKAP

Pengertian Ordinary Verb (Kata Kerja Penuh)

Pengertian Ordinary Verb adalah kata kerja (verb) yang keberadaanya di dalam sebuah kalimat merupakan suatu keharusan. Kata kerja ini dapat berdiri sendiri dan memiliki arti lengkap tanpa menggunakan "to". Misalnya : study (belajar), play (bermain), sleep (tidur), etc. Ordinary verb juga sering di sebut dengan Full Verb atau kata kerja penuh. 


Ciri - Ciri Ordinary Verb

Dari segi kegunaan dan fungsi tenses, terdapat beberapa ciri - ciri yang melekat pada Ordinary Verb yang membedakannya dengan Verb yang lain (auxiliary verb dan lingking verb). Berikut adalah beberapa ciri - ciri Ordinary Verb:

  1. Bentuknya dapat berubah - ubah. Hal tersebut tergantung dari konteks kalimatnya, baik itu karena pengaruh subjek maupun perubahan bentuk waktunya. Misalnya kata "Write" dapat berubah bentuk menjadi "Wrote" karena perubahan bentuk lampau (Past Tense). Contohnya seperti: she wrote a letter (dia menulis sebuah surat)
  2. Jika digunakan untuk kalimat negatif atau introgatif, harus menggunakan kata kerja bantu yaitu do, does, atau did. Contohnya seperti: I don't go to school everyday (saya tidak pergi ke sekolah setiap hari)

Macam - Macam Ordinary Verb

Ordinary verb, full verb, atau kata kerja penuh ini dalam bahasa inggris di bagi menjadi tiga ( 3 ), yaitu: transitive verb, intransitive verb, dan transitive-intransitive verb. Berikut adalah uraian dari ketiga pembagian ordinary verb tersebut:

#A - Transitive Verb

Pengertian transitive verb adalah kata kerja yang membutuhkan objek untuk melengkapi pengertiannya (tidak sampai pada penerima). Dengan kata lain, kata kerja ini tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya noun atau pronoun. transitive di bagi menjadi dua macam. kedua macam tersebut adalah sebagai berikut:

a). Transitive satu objek 
Contoh dari transitive satu objek seperti i eat rice (saya makan nasi). Objek dalam transive ini dapat berupa: 
Kata ganti benda (noun), contoh: i have a bought a car (saya telah membeli sebuah mobil); 
Kata ganti (pronoun), contoh: i will see it (saya akan melihatnya);
Kata kerja dasar (infinitive), contoh: i want to swim (saya ingin berenang)
kata kerja yang di bendakan (gerund), contoh: he likes climbing (dia suka mendaki)

b). Transitive dua objek
Umumnya, salah satu merupakan nama benda tertentu, sedangkan yang lainnya merupakan orang atau hewan tertentu. Contoh: I brought her a book (saya membawakannya sebuah buku untuknya).

#B - Intransitive Verb

Pengertian intransitive verb adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek, karena memiliki pengertian yang lengkap dan kata kerjanya selalu berbentuk kata kerja aktif. Intransitif itu sendiri di bagi menjadi dua macam. berikut adalam macam - macam intransitive:

a) Intransitive of complete predication
Kata kerja intransitive yang dapat berdiri sendiri. Misalnya: die (meninggal); run (berlari); walk (berjalan); bark (menyalak). Contohnya adalah sebagai berikut:
  1. It's very healthy to walk in the morning. (Sangat menyehatkan berjalan di pagi hari)
  2. It's very sorry that he died very young. (Sangat di sayangkan bahwa dia meninggal masih sangat muda)
  3. It's frightened that the dog barks at night. (Menakutkan bahwa anjing menggonggong di malam hari)
b) Intransitive of in complete predication
Kata kerja intransitive yang tidak lengkap maknanya bila berdiri sendiri. misalnya kata be, seem, feel, sit, dan lain sebagainya. Kata kerja ini perlu di temani oleh kata kerja tambahan untuk melengkapi makna predika (complement). Complement meliputi :
  • Noun
  • Adjective
  • Adverb
  • Participle
  • Caluse
  • To Infinitive
  • Propotional Phrase

#C - Transitive-Intransitive Verb

Pengertian transitive-Intransitive verb adalah kata kerja yang dapat berfungsi sebagai transitive maupun intransitive dengan adanya dua persyaratan. Kedua persayaratan tersebut adalah sebagai berikuta:
a). Jika di gunakan untuk arti umum. Contoh:
  1. She is cooking rice. (Dia memasak nasi) - Transitive
  2. She cooks in the kitchen (Dia memasak di dapur) - Intransitive
b). Jika transitive verb bertukar makna dengan intransitive verb. Contoh:
  1. They fly kites. (mereka menerbangkan layang2) - Transitive
  2. The bird flies in the air. (burung itu terbang di udara) - Intransitive
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Oraninari verb yang telah kami bahas lengkap pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dalam pengembangan kemampuan bahasa inggris anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.