Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

LINKING VERB (Pengertian, Contoh, Daftar, dan Fungsi) LENGKAP

Meninjau dari segi kegunaan atau fungsi sebuah tenses dalam bahasa inggris, sentense dapat di kelompok kan menjadi tiga bagian yang meliputi ordinary verb, auxiliary verb, dan linking verb. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan fokus membahas lengkap tentang linking verb. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

LINKING VERB (Pengertian, Contoh, Daftar, Fungsi) LENGKAP

Pengertian Linking Verb

Pengertian linking verb adalah kata kerja (verb) yang berfungsi menghubungkan subjek dengan kata ganti (pronoun), kata keterangan (adverb), atau kata sifat (adjective) yang menerangkan subjek tersebut. Linking vern tidak memiliki makna lengkap apabila tidak bersama dengan subjek, kata sifat, atau kata kerja lainnya. Dengan kata lain linkin verb tidak memiliki makna lengkap jika berdiri sendiri. 

Linkin verb tidak dapat dikatakan sebagai action atau sebuah tindakan yang nyata. Hal tersebut di karenakan linkin verb hanya berfungsi untuk menjelaskan suatu keadaan atau sifat dari subjek. Selain itu, linkin verb juga merupakan kata kerja yang perlu menyesuaikan dengan bentuk subjeknya. 

Linkin Verb "Be"

Pengertian linkin Verb Be adalah kata kerja yang berfungsi sebagai penghubung yang menggunakan to be. To be yang digunakan sebagai penghubung disesuaikan dengan bentuk tenses yang digunakan. Dalam bentuk present tense, to be yang digunakan adalah is, am, dan are. Sedangkan bentuk past tense, to be yang digunakan yaitu was dan were. 

To be is, am, are, was, dan were, selain dapat digunakan sebagai linking verb, juga dapat digunakan sebagai auxiliary verb. Namun terdapat perbedaany yang mendasarinya. Perbedaanya, dalam auxililary verb, "be" selali di ikuti oleh verb atau kata kerja lainnya. 

Contoh Kalimat Linking Verb "Be"


  1. The dog is happy. - (linking verb, diikuti subject complement)
  2. The boy is sleeping on the bed. - (auxilliary, diikuti participle)

Linking Verb "Action"

Pengertian linking verb action adalah kata kerja yang berfungsi sebagai penghubung yang menggunakan participle sebagai actionnya. Dalam linkin verb action, kata kerja yang digunanan Kebanyakan  berupa verb of sensation dan verb of being (kecuali be). Linking verb action juga sering disebut dengan Action Verb. berikut adalah Daftar Kata Kerja Linking Verb / linking verb list:

  • Appear : tampak, kelihatan
  • Become : menjadi
  • Feel : merasa
  • Get : mendapatkan, menjadi
  • Grow : tumbuh, bertambah
  • Look : tampak, kelihatan
  • Remain : tetap, tinggal
  • Fall : jatuh
  • Seem : tampak, kelihatan
  • Smell : berbau
  • turn : berubah, berbelok
  • run : berlari
  • Sound : terdengar
  • Taste : terasa

Contoh Kalimat Linking Verb "Action"

  1. I feel sleepy. - (saya merasa ngantuk)
  2. The girl became rich. - (gadis itu menjadi kaya)
  3. He look happy. - (dia tampak bahagia)
  4. they seem confuse. - (mereka tampak cemas)
  5. the guests became satisfied. - (para tamu menjadi puas)
  6. the trees along the busy street grow fertile. - (pohon - pohon sepanjang jalan raya itu tumbuh besar)
  7. the gantkeman falls in love a beautifull girll. - (pemuda tampan jatuh cinta pada seorang gadis cantik).
  8. the leaves of the big tree get yello in dry season. - (daun - daun pohon besar itu menguning di musim kemarau)
  9. my nearest neighbour became an english teacher. - (teteangga terdekat saya telah menjadi seorang guru bahasa inggris. 
Demikian ulasan artikel kami tentang linking verb yang lengkap dengan pengertian, contoh, daftar linking verb, dan fungsinya. Semoga bermanfaat dalam pengembangan kemampuan berbahasa inggris anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.