Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Unsur - Unsur KALIMAT yang Ada Dalam Bahasa Indonesia

Unsur - Unsur KALIMAT yang Ada Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian unsur kalimat adalah bagian - bagian kalimat yang penting untuk membantu dalam menganalisis sebuah kalimat. Umumnya unsur kalimat itu ada lima, dan kelima unsur tersebut berfungsi sebagai penyusun sebuah kalimat agar dapat dengan mudah untuk di pahami. Berikut adalah kelima unsur kalimat tersebut :


#1. Subjek


Subjek adalah unsur kalimat yang menyatakan suatu hal yang akan di nyatakan oleh penulis. Subjek biasanya terletak di awal atau di akhir kalimat, tergantung pola kalimat yang di gunakan. Subjek dapat berupa kata kerja, frasa kata benda, dan kata benda atau nama. Untuk lebih memahaminya, berikut adalah penggunaan subjek dalam sebuah kalimat:

Pacar malik sangat cantik (frasa kata benda)
Tidur hobinya malik (kata kerja) 
Malik sedang tidur (kata benda / nama


#2. Predikat


Predikan adalah unsur kalimat yang menyatakan suatu hal yang akan di nyatakan oleh penulis tentang subjek. Dalam bahasa indonesia, predikat menjelaskan subjek atau predikat jatuh setelah subjek. Predikat itu sendiri umumnya berupa frasa kata sifat, frasa preposisi (kata depan), frasa kata benda, kata benda, kata kerja, frasa kata kerja, frasa numeral (bilangan), dan kata sifat. Berikut adalah contoh penggunaan predikat dalam sebuah kalimat.

Pipit sedang tidur (frasa kata kerja)
Adik pipit satu orang (frasa numeral)
Pipit mahasiswi (kata benda)
Pipit mahasiswi berprestasi (frasa kata benda)
Pipit ke kampus (frasa preposisi)
Pipit sabar sekali (frasa kata sifat)
Pipit tidur (kata kerja)


#3. Objek


Objek adalah unsur kalimat yang melengkapi unsur - unsur kalimat yang lain. atau dengan kata lain, objek merupakan unsur kalimat yang menjadi penjelas dari predikat. Dalam bahasa indonesia, umumnya objek jatuh setelah predikat. Objek sendiri dapat berupa kata benda atau frasa kata benda. Untuk memahaminya, silahkan pahami contoh penggunaan objek dalam suatu kalimat seperti di bawah ini.

Miza mencintai rudi. (Kata benda)
Pipit memberikan topi barunya kepadaku. (frasa kata benda)
Puspita memerankan sang putri. (frasa kata benda)


#4. Pelengkap


Pelengkap adalah unsur kalimat yang mengikuti predikat (bukan objek). Sering kita salah dalam memahami antara objek dan pelengkap. Pelengkap sangat berbeda dengan objek, hal tersebut di karenakan pelengkap tidak dapat menjadi subjek jika suatu kalimat di pasifkan. Pelengkap digunakan ketika jatuh setelah predikat yang berimbuhan ber-, ter-, ber-an, ber-kan, dan kata-kata khusus (merupakan, berdasarkan, dan menjadi). Untuk memahaminya, silahkan perhatikan contoh di bawah ini.

Pipit bertubuh sexy.
Linda tersandung meja.
Ruangan pipit berhiaskan wallpaper indah.
Pipit merupakan warga negara indonesia.
Roni bercucuran keringat.
Pipit menjadi kepala pondok.
Keputusan pipit berdasarkan musyawarah.


#5. Keterangan


Keterangan adalah unsur kalimat yang berfungsi untuk membatasi makna dari subjek dan predikat. Dalam bahasa indonesia, posisi dari keterangan dapat terletak di awal, di tengah, dan di akhir, tergantung dengan pola kalimat yang digunakan. Keterangan dalam unsur kalimat terbagi menjadi dua, yaitu keterangan tempat dan keterangan waktu. Untuk memahaminya, silahkan perhatikan contoh - contoh kalimat berikut.

Pipit tinggal di pontang
Setiap hari minggu pipit pergi ke rumahku

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Unsur - Unsur KALIMAT yang Ada Dalam Bahasa Indonesia yang kami rangkum dari berbagai macam literatur dan sumber bacaan online. Semoga bermanfaat bagi tugas makalah unsur kalimat anda. Terima kasih telah berkunjung di blog kami.

Silahkan Pelajar Juga yang Lainnya
Pengertian KALIMAT Menurut Para Ahli Bahasa
Fungsi - Fungsi Kalimat Berdasarkan Tujuannya
Pengertian Kalimat Baku dan Contohnya Lengkap
Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, Rapatan dan Campuran