Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian KALIMAT Menurut Para Ahli Bahasa

Pengertian Kalimat adalah kompleksitas dari beberapa susunan kata (dua atau lebih) yang tersrtuktur dan dapat memberikan pemahaman kepada yang membaca atau yang mendengarnya. Kalimat sangatlah penting adanya dalam suatu tata bahasa. Kalimat yang baik akan dapat dengan mudah memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengarnya. Oleh karena itu, untuk dapat menggunakan kalimat yang baik dan benar, anda perlu mahami pengertian kalimat itu sendiri. 


Pengertian KALIMAT Menurut Para Ahli Bahasa

Pentingnya mempelajari hal - hal yang terkait dengan kalimat seperti di sebutkan di atas adalah untuk memberikan wawasan kepada para pembaca agar lebih memahami sebuah kalimat dan dengan suatu harapan agar para pembaca dapat membuat kalimat - kalimat yang sesuai dan dengan mudah untuk di pahami oleh para orang lain. 


Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli

Pengertian kalimat menurut kamus besar bahasa indonesia sendiri salah satunya, kalimat adalah kesatuan ujar yg mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan. Dalam pengertian tersebut, kalimat di definisikan sebagai suatu media dalam penyampaian pikiran atau perasaan kepada orang lain. Hanya sebatas penyampaian pikiran dan perasaan saja. Namun mari kita pahami pengertian kalimat lebih lanjut seperti yang di utarakan para ahli bahasa. 

#1. Bloomfield, Hocket (1985)

Bloomfied yang merupakan salah satu ahli bahasa dari luar negeri yang menjelaskan bahwa "kalimat adalah suatu konstitut atau bentuk yang bukan konstituen; suatu bentuk gramatikal yang tidak termasuk ke dalam konstruksi gramatikal lain". Jadi pandangannya tentang difinisi kalimat lebih kepada bentuknya.

#2. Dardjo Widojo (1988: 254) 

Ahli bahasa indonesia dan sastra benama Dardjowidojo ini juga mendefisikan "Kalimat yang merupakan bagian terkecil dari suatu  ujaran atau teks (wacana) yang mengungkapkan pikiran yang utuh secara ketatabahasaan". Pandangannya terhadap kalimat yang di dasarkan sebuah teks, baik itu teks eksplasi, eksposisi, narasi, dan lain sebagainya. Sehingga beliau dapat menyimpulkan bahwa kalimat merupakan unsur yang terkecil.

#3. Slamet Muljana (1969)

Ahli bahasa indonesi ini juga menjelaskan bahwa "kalimat sebagai keseluruhan pemakaian kata yang berlagu,  disusun menurut sistem bahasa yang bersangkutan; mungkin yang dipakai hanya satu kata, mungkin lebih". Pandangannya dalam mendifinisikan kalimat terletak pada susunan kata. Jadi beliau memandang kalimat merupakan susunan kata.

Berdasarkan ketiga pengertian diatas, dapat kami simpulkan bahwa kalimat merupakan Kalimat adalah kompleksitas dari beberapa susunan kata (dua atau lebih) yang tersrtuktur dan dapat memberikan pemahaman kepada yang membaca atau yang mendengarnya. Jadi kalimat merupakan sistem bahasa terkecil yang kompleks. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian KALIMAT Menurut Para Ahli Bahasa yang kami rangkum dari berbagai macam sumber bacaan. Semoga bermafaan bagi anda, dan mohon maaf apabila ada kesalahan baik materi maupun penulisan. Terima kasih telah berkunjung. 

Silahkan Pelajari Juga :
Fungsi - Fungsi Kalimat Berdasarkan Tujuannya
Unsur - Unsur KALIMAT yang Ada Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, Rapatan dan Campuran
Contoh & Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung
Pengertian Kalimat Baku dan Contohnya