Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Memahami VITAMIN (Pengertian, Fungsi, Klasifikasi) Secara Lengkap

Kita sering mendengarkan istilah vitamin dalam kehidupan sehari – hari, khususnya dalam ranah kesehatan. Orang – orang di sekitar kita sering memberikan saran jangan sampai kekurangan vitamin agar tubuh kita tetap sehat. Namun terkadang kita tidak mengetahui secara pasti apa itu vitamin ? apa saja jenis vitamin ? dan bagaimana cara mendapatkan vitamin itu sendiri ?. Nah pada kesempatan kali ini mari kita ulas pertanyaan – pertanyaan seputar vitamin yang sering membesit di pikiran kita.

Mamahmi VITAMIN (Pengertian, Fungsi, Klasifikasi) Secara Lengkap

Pengertian Vitamin Secara Umum

Vitamin adalah sekumpulan senyawa organik berbentuk molekul kecil yang setiap jenis dari vitamin memiliki fungsi vital dalam proses metabolisme suatu organisme. Vitamin merupakan senyawa organik yang tidak dapat di hasilkan oleh tubuh kita. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, kita perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin yang di perlukan oleh tubuh.(Sumber:Wikipedia)

Terdapat berbagai macam jenis makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin yang dapat di konsumsi dalam rangka pemenuhan kebutuhan vitamin dalam tubuh. Jenis makanan yang paling banyak mengandung vitamin adalah buah – buahan dan sayuran. Dari buah – buahan dan sayuran kita dapat membuat makanan dan minuman yang sehat dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh kita tentunya.  

Fungsi dan Peranan Vitamin Secara Umum
Fungsi dan peranan vitamin dalam tubuh kita sangatlah spesifik dan juga dapat memberikan manfaat yang signifikat bagi kesehatan tubuh. Tubuh kita tidak memerlukan jumlah vitamin dalam jumlah yang banyak, namun tubuh kita hanya memerlukan jumlah vitamin yang sedikit atau cukup. 

Perlu di perhatikan, apabila jumlah vitamin tidak mencukupi kebutuhan yang di perlukan oleh tubuh, maka tubuh proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu dan akan dapat dengan mudah terserang penyakit. Selain itu, Asupan vitamin yang melebih jumlah optimal (Jumlah kebutuhan vitamin dalam tubuh) juga akan dapat mengakibatkan gangguan pada metabolisme tubuh. Oleh karena itu, Vitamin yang harus kita konsumsi harus cukup, tidak kurang dan tidak lebih. 

Klasifikasi Vitamin
Berdasarkan 13 macam – macam vitamin seperti yang telah di jelaskan diatas, yang secara umum di kelasifikasikan menjadi dua kelompok besar. Yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. 

Vitamin yang larut dalam air merupakan senyawa – senyawa yang di perlukan namun tidak di simpan dalam tubuh. Vitamin ini akan larut dalam air serta akan kelauar melalui urine dalam jumlah yang kecil. 

Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak (tidak larut dalam air) merupakan vitamin yang larut dan bersirkulasi dalam darah. Jumlah vitamin yang larut dalam lemak berlebihan disebut dengan  hypervitaminosis, yaitu kelebihan jumlah vitamin dalam tubuh. Jenis vitamin ini merupakan jenis vitamin yang otomatis akan tersimpan dalam tubuh setelah di konsumsi.  Berikut adalah klasifikasi vitamin berdasarkan kedua kelompok besar diatas

Vitamin yang Larut dalam Air

  • Vitamin B1 (Thiamin) 
  • Vitamin B2 (Riboflavin) 
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B6 (Piridoksin, piridoksal, piridoksamin)
  • Vitamin B12 (Kobalamin)
  • Vitamin B8 (Biotin)
  • Vitamin C

Vitamin yang Larut dalam Lemak (Tidak Larut dalam Air)

  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Pembahasan terkait dengan konten ini, merupakan hasil studi literasi dari berbagai macam sumber bacaan. Artikel ini bersifat hanya sebagai pengetahuan dan bukan sebagai rujukan. Dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan, lebih utama hendaknya di konsultasikan ke dokter ahli. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Mamahami VITAMIN (Pengertian, Fungsi, Klasifikasi) Secara Lengkap. Semoga bermanfaat dalam pembuatan Materi Makalah Vitamin Anda. Terima kasih telah berkunjung.

Artikel Terkait :
13 Macam Vitamin yang Di Butuhkan Oleh Tubuh
Hubungan Antar Tulang Manusia
Pengertian Tulang Manusia Lengkap