Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Fungsi - Fungsi Kalimat Berdasarkan Tujuannya

Kalimat merupakan bagian penyusun dari sebuah teks atau pun dialog. Pengertian kalimat secara lebih spesifik sendiri, telah di bahas pada artikel sebelumnya dengan judul pengertian kalimat menurut para ahli. Namun, bagaiamana dengan fungsi kalimat itu sendiri?, dan ada berapakah fungsi kalimat dalam bahasa indonesia?, Mari kita bahas bersama.
Fungsi - Fungsi Kalimat Berdasarkan Tujuannya

Keberadaan kalimat dalam sebuah teks atau pun sebuah dialog sangatlah penting. Hal tersebut di karenakan kalimat memiliki beberapa fungsi yang akan menentukan bagaimana sebuah dialog atau teks tersebut digunakan. Fungsi kalimat yang di dasarkan kepada tujuaanya terbagi menjadi empat. yaitu deklaratif, introgratif, Imperatif, dan seruan. Berikut adalah penjelasan singkat dari fungsi - fungsi kalimat tersebut.


#1. Fungsi Kalimat Deklaratif (Pernyataan)

Fungsi Kalimat Deklaratif adalah untuk memberikan suatu pernyataan baik itu penyataan yang aktual maupun faktual dengan lengkap dan informatif kepada orang lain (lawan biacara). Contoh dari kalimat deklaratif ini adalah sebagai berikut:
Universitas Negri Jember Menyelenggarakan Festival Tegal Boto.


#2. Fungsi Kalimat Introgatif (Pertanyaan)

Fungsi Kalimat Introgatif adalah untuk mengungkatkan suatu penutur dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban atau memperoleh informasi dari orang lain (Lawan bicara). Kalimat introgatif selalu menggunakan enam unsur kata pertanyaa seperti apa, mengapa, dimana, bagaimana, siapa, mengapa, dan selalu di akhiri dengan tanda tanya pada setiap akhir kalimatnya. Contoh kalimat introgatif adalah sebagai berikut:
Bagaimana pendapatmu tentang universitas negri jember ?.


#3. Fungsi Kalimat Imperatif (Permintaan atau Perintah)

Fungsi Kalimat Imperatif adalah untuk mengutarakan penutur yang bertujuan untuk menginstruksikan, menyuruh, melarang, menghimbau, dan lain sebagainya. Cirikhas dari kalimat ini yang mudah untuk di cermati, biasanya di dalamnya kalimat ini terdapat kata yang berimbuhan -lah, -kah, -kan, dan lain sebagainya. dan umumnya kalimat ini di akhiri tanda seru di akhir kalimatnya. Contoh dari kalimat imperatif adalah sebagai berikut:
Buanglah sampah pada tempatnya !.


#4. Fungsi Kalimat Seruan

Fungsi Kalimat Seruan adalah untuk menyatakan suatu perasaan yang kuat terhadap sesuatu dan segera ingin di sampaikan kepada orang lain. Intinya kalimat seruan digunakan untuk menyampaikan perasaan. Kalimat ini cirikhasnya selalu menggunaakan kata ganti orang, dan menggunakan kata-kata yang menunjukkan perasaan seperti "cinta", "senang", "sedih", "Marah", dan dan lain sebagainya. Contoh dari kalimat seruan ini adalah seperti di bawah ini.
Aku mencintamu lebih dari apa yang kau tau.
Keempat poin di atas merupakan fungsi dari kalimat yang di dasarkan pada tujuan penggunaan itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum membuat atau menggunakan kalimat, hendaknya penulis perlu untuk menentukan tujuannya terlebih dahulu yang meliputi deklaratif, introgratif, imperatif, atau seruan. Dengan begitu, kalimat - kalimat yang di tulis oleh penulis akan dapat dengan mudah untuk di pahami oleh orang lain. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Fungsi - Fungsi Kalimat Berdasarkan Tujuannya yang kami rangkum dari berbagai sumber bacaan. Semoga bermafaat bagi tugas makalah "fungsi kalimat" anda. Terima kasih telah berkunjung di blog kami.

Silahkan Pelajari Juga :
Pengertian KALIMAT Menurut Para Ahli Bahasa
Unsur - Unsur KALIMAT yang Ada Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, Rapatan dan Campuran
Contoh & Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Pengertian Kalimat Baku dan Contohnya