Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Analisis Rantai Markov (Pengertian, Contoh Soal, Konsep, Model) Dengan Aplikasi POM-QM

Pengertian Analisa Rantai Markov adalah suatu metode yang mempelajari sifat -sifat suatu variabel  pada  masa  sekarang  yang  didasarkan  pada  sifat -sifatnya  di  masa  lalu dalam usaha menaksir sifat-sifat variabel tersebut dimasa yang akan datang. Definisi lain Analisis Markov adalah suatu teknik matematik untuk peramalan perubahan pada variable-variabel tertentu berdasarkan pengetahuan dari perubahan sebelumnya.

Analisis Rantai Markov (Pengertian, Contoh Soal, Teori, Konsep, Model) LENGKAP

Model Rantai Markov dikembangkan oleh seorang ahli Rusia A.A. Markov pada tahun 1896. Dalam analisis  markov  yang  dihasilkan adalah  suatu  informasi probabilistik  yang dapat digunakan  untuk  membantu  pembuatan  keputusan,  jadi analisis  ini  bukan  suatu teknik optimisasi  melainkan  suatu  teknik  deskriptif. Analisis Markov merupakan suatu bentuk khusus dari model probabilistik  yang lebih umum yang dikenal sebagai proses Stokastik (Stochastic process). 

Konsep dasar analisis  markov adalah  state dari sistem atau state transisi, sifat  dari proses ini  adalah  apabila  diketahui  proses  berada  dalam  suatu  keadaan tertentu, maka peluang berkembangnya proses di masa mendatang hanya tergantung pada keadaan saat ini dan tidak tergantung pada keadaan sebelumnya, atau dengan kata lain  rantai Markov adalah  rangkaian  proses   kejadian  dimana  peluang  bersyarat kejadian yang akan datang tergantung pada kejadian sekarang.

Analisis  Markov  ini  sangat  sering  digunakan  untuk  membantu  pembuatan keputusan dalam bisnis dan industri, misalnya dalam masalah ganti merek, masalah hutang-piutang, masalah operasi mesin, analisis pengawasan dan lain-lain.  Informasi yang dihasilkan tidak mutlak menjadi  suatu keputusan, karena sifatnya yang hanya memberikan bantuan dalam proses pengambilan keputusan.

Contoh Soal dan Penyelesaian

Contoh Soal 
Perusahaan Raja Mie, produsen mie instan “Gurih”, saat ini memiliki 75% dari pasar mie instan. Data dari tahun lalu memperlihatkan bahwa 88% dari pelanggan Raja Mie tetap loyal pada mie “Gurih”, akan tetapi 12% pelanggannya berpindah kepada kompetitor, PT. Sayap, dengan produknya mie “Enaak”. Sebagai tambahan, 85% dari pelanggan perusahaan competitor (PT. sayap) tetap loyal kepada mereka, tetapi 15% dari pelanggan mereka beralih ke mie “Gurih”

persaingan pasar


Pertanyaan:
Simpulkan bagaimana tren ini dapat menentukan market share mie instant “Gurih” untuk 2 tahun kedepan. 

Penyelesaian Soal 1
Untuk menyelesaikan masalah market share seperti diatas, digunakan aplikasi QM for windows dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Silahkan download POM-QM [Disini] dan Jalankan program QM for Windows, pilih Module > Markov Analysis
2. Pilih menu File > New, sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini .

1

3. Pada bagian Title : ketikkan “Pangsa Pasar Mie Instan  ,untuk judul penyelesaian soal ini
4. Isikan Number Of States dengan 2
5. Sekarang tampilan akan seperti pada gambar 1.3
6. Selanjutnya klik tombol OK hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

3

7. Isikan angka yang sesuai pada kotak yang bersesuaian, seperti gambar 1.5
8. Selesaikan contoh soal ini dengan mengklik tombol pada Toolbar atau dari Menu File > Solve atau tekan tombol F9 pada Keyboard

5

9.  Jika ada data yang perlu diperbaiki, klik tombol pada toolbar atau dari Menu File > Edit
10. Untuk menyimpan data, lakukan dari menu File > Save atau CTRL+S

Hasil Perhitungan Soal 1

Untuk melihat output yang dihasilkan, anda bisa melakukannya dari menu Windows dengan memilih Window > Tile untuk menampilkan output secara bersamaan, atau pilih Window> Cascade untuk menampilkan output secara bertumpuk. Perhitungan ini menghasilkan tiga output berikut:

6



8



9

Interpretasi / Jawaban Soal:
Hasil diatas mengindikasikan dalam 2 tahun kedepan terjadi penurunan market share Raja Mie dari semula 75 % menjadi 65, 92%.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Analisis Rantai Markov (Pengertian, Contoh Soal, Teori, Konsep, Model) LENGKAP yang kami rangkum dari berbagai macam artikel. Semoga bermanfaat bagi tugas makalah Analisis Rantai Markov anda. Terima kasih telah berkunjung