Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Manfaat Puasa Dzulhijjah (Sebelum Idul Adha), Tarwiyah dan Arafah yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa faedah melakukan puasa dzulhijjah termasuk puasa arafah dan tarwiyah ini banyak terkait dengan berbagai hari penting yang terdapat dalam bulan dzulhijjah. misalnya saat tersebut umat islam melaksanakan ibadah haji, hari raya idul adha, dan lain sebagainya. Secara umum, 10 hari pertama di bulan dibulan dzulhijjah ini memiliki beberapa keutamaan, manfaat, dan keberkahan. Penjelasannya adalah sebagai berikut :


Manfaat Puasa Dzulhijjah (Sebelum Idul Adha), Tarwiyah dan Arafah yang Perlu Anda Ketahui

Ikhwan / akhwat yang budiman, silahkan pelajari ini !
Niat Puasa Dzulhijjah 10 Hari Pertama Lengkap
#4 Fadhilan dan Manfaat Puasa Daud yang Perlu Anda Ketahui
Bacaan Niat PUASA DAUD Lengkap dengan Tata Cara Puasa Daudnya
Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap dengan Waktu Pelaksanaannya

#1. Beramal shaleh pada sepuluh hari ini memiliki keutamaan yang lebih dibandingkan dengan hari - hari lainnya.

#2. Said biz Jubair R.A, meriwayatkan hadits dari ibnu abbas R.A yang berkata "jika kamu masuk dalam sepuluh hari pertama dalam bulan dzulhijjah, maka bersunggu-sungguhlah sampai hampir saja ia tidak mampu menguasai (melaksanakannya)". (H.R. Darimi)

#3. Penjelasan yang lain di kutib dari kitab fathul ba'ari ibnu hajjar, ia berkata "sebab yang jelas tentang sepuluh hari di bulan dzulhijjah adalah karena pada hari tersebut merupakan hari berkumpulnya ibadah - ibadah utama; yaitu sholat, puasa, shodaqoh, dan haji. dan, itu tidak ada di hari - hari selainnya".

#4. Keutamaan yang lebih khusu pada hari ke sembilan sebagai hari arafah. Pada hari ini, para jamaah haji melaksanakan wukuf di arafah. wukuf merupakan rukun utama dari ibadah haji. karenanya, hari tersebut menjadi hari yang memiliki keutaman yang agung dan keberkahan yang melimpah. diantara keutamaannya adalah bahwa allah menggugurkan dosa - dosa (kecil) selama dua tahun bagi orang yang berpuasa pada hari arafah. Hal ini di jelasakan dalam puasa asyura.

#5. Keutamaan hari sebelum bulan dzulhijjah, yaitu idul adha, yang disebut juga dengan yaimun nahr. dalil yang menunjukkan keutamaan dan keagungan hari idul adha adalah hadits yang di riwayatkan oleh abdullah bin qurth. dari rosulullah saw. bahwa beliau bersabda :"Hari tergagung disisi allah adalah hari idul adha (yaumun nahr); sehari setelahnya." (H.R. Abu Dawud).

#6. Rosululloh saw, menyebut hari yang agung ini sebagai hari haji akbar. sebab, sebagian besar amalan - amalan manasiq haji dilakukan pada hari ini seperti menyembelih qurban, memotong rambut, melontar jumroh, dan thowaf mengelilingi ka'bah. kemudian, pada hari yang penuh berkah ini kaum muslimin berkumpul untuk melaksanakan sholat idul adha. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Manfaat Puasa Dzulhijjah (Sebelum Idul Adha), Tarwiyah dan Arafah yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermafaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami .