Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

#4 Keutamaan dan Manfaat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah)

Tidak ada satu ibadah pun yang tidak mengandung manfaat yang baik bagi hamba yang melakukannya. demikian juga dengan pelaksanaan puasa sunnah arafah ini. puasa Arafah memiliki dua manfaat, yaitu lahir dan batin yang akan didapatkan oleh seseorang yang melakukannya. ada beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan puasa hari Arafah ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

#4 Keutamaan dan Manfaat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah)

Sebelum itu, Silahkan Pelajari Dulu ... !
PUASA (Pengertian, Yang Membatalkan, Macam, Rukun, Syarat Wajib, dan Lainnya)
Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap dengan Waktu Pelaksanaannya
Bacaan NIAT PUASA Senin Kamis, Rajab, Ramadhan, Arafah, Syawal, dan Qadha 

#1.Menghapus dosa yang lalu

Tidak mudah menggapai pengampunan dari Allah SWT jika tidak bersamaan dengan Hidayah dan petunjuknya. sejatinya, petunjuk dari Allah swt, selalu ada setiap saat, tinggal seberapa besar seorang hamba bersedia dan menyediakan diri untuk menerima petunjuk tersebut. Salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai petunjuk adalah momentum puasa Arafah ini. Allah SWT menyediakan waktu yang khusus untuk dipergunakan secara baik oleh hambanya melalui Rasul Nya, agar dosa dan kesalahan yang pernah ia lakukan dapat diampuni oleh Allah SWT. dengan demikian melakukan puasa Arafah merupakan wujud usaha seorang hamba agar dosa yang pernah dilakukan berganti dengan ampunan-nya.

Suatu saat Rasulullah ditanya oleh para sahabatnya tentang puasa hari Arafah kemudian Rasulullah SAW menjawab dengan sangat singkat tetapi mengandung makna yang sangat mudah dipahami jika seorang hamba mampu melakukan maka ia akan tergolong orang yang akan beruntung Rosululloh SAW bersabda:
Puasa di hari Arafah menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang (HR muslim)
Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa seseorang yang melakukan puasa Arafah bisa menyebabkan mendapatkan Anugrah dan ampunan dari Allah SWT atas dosa yang dilakukan setahun yang lalu dan mengampuni setahun kemudian dalam hadis lain Rasulullah s a w bersabda:
Aku berharap kepada Allah agar puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya HR muslim
Dengan demikian, selayaknya sebagai hamba yang telah diberikan momentum yang baik ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, niat kan untuk melakukan puasa hari Arafah tersebut, walau kita tidak mampu untuk berpuasa selama 8 hari sebelumnya yaitu mulai tanggal 1 Dzulhijjah.

inilah salah satu diantara banyak momentum yang sengaja disediakan oleh Allah untuk menjadikan hamba-nya sebagai hamba yang senantiasa berada di jalan dan ampunan-nya. sehingga, hidup seorang Menjadi bahagia lahir dan batin.


#2. Membebaskan Seseorang dari Api Neraka

Pembebasan dari neraka merupakan saat yang sangat ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang perbuatan mereka di dunia kurang beruntung. akan tetapi, Allah SWT maha pengampun yang mengampuni hambanya dengan berbagai macam cara dan sebab. salah satunya dengan puasa Arofah. puasa Arafah menjadi hari yang akan membebaskan hamba dari siksa api neraka. hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah saw:
Tidak ada hari yang didalamnya Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada di hari Arafah (HR Muslim)
Mari raih momentum penghapusan dosa dengan puasa di hari Arafah ini, yang hanya datang hanya sekali dalam setahun


#3. Sehat Lahir Batin 


hal ini Tidak diragukan lagi. bagi setiap orang yang melakukan ibadah puasa, secara fisik akan mendapatkan kesehatan yang Prima. sebuah kesehatan yang sejati, yang akan mempengaruhi organ-organ dalam manusia. selama menjalankan puasa Arafah, organ tubuh seseorang beristirahat, sehingga pada waktu selanjutnya ia akan menjadi pulih serta sehat dan Prima.


#4. Kontemplasi dan Motivasi 

Puasa Arafah dilakukan bersamaan dengan ibadah Wukuf para jamaah haji di Makkah. hal ini akan membawa pelakunya pada sebuah kesadaran religius untuk merenungkan berbagai macam makna yang terkandung dalam semua proses ibadah haji. mungkin saja ia belum melakukan ibadah haji, akan tetapi secara kesadaran ia telah sampai pada pemahaman yang mendalam. sehingga ia akan selalu Merenungkan apa pun yang telah ia rasakan dalam hidupnya.

Proses ibadah haji yang berpuncak di padang Arafah, yang menghampar luas, dengan segala macam manusia yang berasal dari seluruh dunia, akan menjadi kesadaran yang melekat bagi pelaku puasa Arofah. Ini sebabnya orang yang mampu melaksanakan puasa Arofah, diganjar dengan Anugrah Pengampunan Dosa 1 tahun yang lalu dan 1 tahun kemudian. hal ini tidak terlepas dari kandungan makna yang sangat penting untuk direnungkan berkaitan dengan momen ini.

Manfaat puasa arofah lainnya adalah membuat seseorang termotivasi untuk meraih ibadah yang banyak diimpikan oleh semua orang. akan tetapi tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. sebab momentum puasa ini bersamaan dengan ibadah haji. dengan usaha yang keras disertai dengan doa kepada Allah SWT, beliau akan membukakan Jalan bagi hambanya, sehingga makna dan manfaat puasa arofah sangat menyentuh kesadaran batin pelakunya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan #4 Keutamaan dan Manfaat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) yang kami rangkum. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami serta mohon maaf apabila ada kesalahan.