Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Memahami KELOMPOK SOSIAL Mulai Dari Pengertian, Ciri, Contoh, Faktor, dan Macamnya

Kelompok sosial adalah sekumpulan orang yang memiliki karakteristik berbeda - beda, bersama - sama menjalin suatu interaksi yang di dasari oleh rasa sadar terhadap kepentingan bersama yang telah disepakati oleh setiap masing - masing anggota. Oleh karena itu, kelompok sosial di dasarkan pada interaksi individu dengan individu lain. Kelompok sosial itu sendiri muncul akibat adanya interaksi yang terjadi di antara setiap anggota, atau bahkan kelompok sosial itu muncul akibat dari adanya pengaruh dari kelompok sosial yang lain yang memberikan pengaruh munculnya kelompok sosial yang lain. 

Memahami KELOMPOK SOSIAL Mulai Berdasarkan Pengertian, Ciri, Contoh, Faktor, dan Macamnya

Pengertian Kelompok sosial Menurut Para Ahli Sosial

Salah satu tokoh bernama George Homans juga memberikan pendapat tentang Kelompok sosial. Dia mendefinisikan Kelompok sosial sebagai suatu kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi & memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi & berhubungan timbal balik. Pendapat George Homans tersebut lebih menitik tekankan lebih kepada proses terjadinya dan proses berjalannya suatu kelompok sosial.

Berbeda dengan pendapat Hendropuspito. Dia yang menyatakan bahwa Kelompok sosial adalah sebagai suatu kumpulan nyata, teratur & tetap dari individu – individu yang melaksanakan peran – perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama. Agak berbeda sedikit di banding dengan pendapat george diatas, pendapat Hendropuspito lebih menitik tekankan pada pencapaian suatu tujuan yang dimiliki oleh suatu kelompok sosial. 

Ciri - Ciri Kelompok Sosial

Terdapat beberapa ciri ciri kelompok sosial yang dapat kita amati dan kita analisis. Hal tersebut adalah sebagai berikut :

a. Satu Kesatuan Nyata

Kelompok sosial merupakan satu kesatuan yang nyata. Mengapa demikian ? Hal tersebut dikarenakan kelompok sosial tersusun dari berbagai macam jenis anggota yang memiliki tujuan yang sama dan nyata, Tidak Abstrak, dan mudah di amati oleh panca indra manusia. 

b. Adanya Norma atau Nilai yang Tegas

Dalam suatu komunitas sosial atau yang biasa disebut dengan kelompok sosial, tentunya terdapat norma atau nilai yang tegas yang wajib untuk ditaati oleh setiap anggota yang menjadi bagian dari kelompok sosial terkait. Norma dan Nilai tersebut akan mengatur berjalannya proses sosial yang ada dalam kelompok tersebut. 

c.Adanya Komunikasi dan Interaksi Sosial 

Komunikasi adalah suatu kegiatan menyampaikan dan menerima pesan atau suatu informasi dari satu individu ke individu lain. Sedangkan Interaksi Sosial adalah Suatu hubungan yang terjadi diantara dua orang atau lebih yang berlangsung secara timbal balik dalam ruang lingkup sosial.

Note : pelajari selengkapnya di bawah ni !!
Pengertian Komunikasi Lengkap dengan Fungsi, Tujuan, dan Syaratnya
Pengertian Interaksi Sosial Lengkap dengan Syarat dan Faktor yang Mempengaruhinya


d. Adanya Kepentinya Bersama

Terdapat hal yang mendasar sebelum terjadi atau munculnya suatu kelompok sosial yaitu adanya kepentingan bersama.  Kepentingan bersama adalah kepentingan yang harus di lakukan bersama sama atau kepentingan yang harus di dahulukan. 

e. Adanya Struktur Sosial

Struktur Sosial adalah suatu tatanan yang adalah dalam kelompok sosial yang membntuk suatu kelompok - kelompok yang memiliki fungsi yang berbeda oleh setiap anggota struktural dalam struktur sosial masing - masing. Struktur sosial dianggap penting dalam menunjang keberlanjutan dan kekokohan dari adanya kelompok sosial itu sendir. 


Faktor - Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

#1. Faktor Keakraban 
Faktor keakraban merupakan faktor dasar yang menyebabkan munculnya sebuah kelompok seosial. dengan adanya keakraban antara individu dengan individu lain akan menimbulkan adanya komunikasi atau interaksi sosial secara timbal balik. Keakraban juga pengerai oleh beberapa hal seperti karna dekatnya letak geografi, kegiatan yang sama, dan lain sebagainya. Semakin akrab hubungan antara individu, mengakibatkan akan semakin tingginya peluang munculnya kelompok sosial. 

#2. Faktor kesamaan
Setelah adanya keakraban antara individu dengan individu yang lain, faktor lain yang menunjang munculnya suatu kelompok sosial adalah faktor kesamaan. Hal tersebut dikarenakan kesamaan kepentingan, keperluann, kebutuhan, tujuan, dan lain sebagainya akan menuntut individu satu dengan individu yang lainnya untuk berkelompok. Hal tersebut terjadi karena kesadaran pribadi individu atas keterbatasan yang ada pada diri masing - masing. 


Contoh Kelompok Sosial

1. Kelompok Blogger Indonesia

Merupakan kelompok yang didalamnya terdapat berbagai individu yang berasal dari background yang berbeda, namun sama sama memiliki satu tujuan yaitu menjadi blogger sejati. Oleh karena itu individu didalamnya saling berkomunikasi dan berinteraksi untuk berbagi informasi dalam pencapaian tujuan bersama tersebut. 

2. Kelompok Belajar Sekolah

Kelompok belajar sekolah pada umumnya didirikan oleh para pelajar, baik itu siswa maupun mahasiswa. Mereka sama - sama memiliki keinginan untuk dapat mempelajari pelajaran. Kelompok belajar tersebut biasanya muncul disebabkan karena adanya mata pelajaran sejenis, sekolah sama, waktu yang luang sama. 

3. Kelompok Ibu - Ibu Pkk

Kelompok ibu pkk merupakan kelompok ibu Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Setiap anggota memiliki tujuan yang sama yaitu mensejahterakan keluarga. Ibu - ibu berkumpul berbagi tips, berbagi informasi, bekerja sama, dsb untuk dapat mencapai tujuan tersebut. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Memahami KELOMPOK SOSIAL Mulai Dari Pengertian, Ciri, Contoh, Faktor, dan Macamnya yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.