Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Contoh TEKS ANEKDOT (Lucu dan Pendek) Beserta Strukturnya, Pengertiannya, dan Cirinya

Pengertian teks anekdot adalah suatu karya tulis yang berupa teks yang termasuk dalam genre cerita. Teks anekdot memiliki Tujuan sosial yang sama dengan teks cerita ulang yaitu menceritakan kembali tentang peristiwa pada masa lalu agar tercipta semacam hiburan atau pembelajaran dari pengalaman pada masa lalu bagi para pembaca atau pendengarnya. 

Contoh TEKS ANEKDOT (Lucu dan Singkat) Lengkap Beserta Strukturnya


Ciri-ciri utama dari teks anekdot ini adalah singkat dan lucu hal tersebut dikarenakan tujuan dari pembuatan teks anekdot ini adalah untuk membuat para pembaca atau pendengar nya merasa jengkel atau konyol.   Walaupun teks anekdot memiliki ciri khas yang singkat dan lucu, namun teks ini memiliki struktur yang jelas, sama halnya dengan teks yang lain seperti teks eksplanasi eksposisi prosedur dan sebagainya.

Silahkan Pelajari Hal Lain Terkait dengan TEKS
#3 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam Beserta Strukturnya 
#3 Contoh TEKS EKSPOSISI Beserta Struktur, Pengertian, Ciri dan Jenisnya 
#4 Contoh TEKS BERITA Beserta Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah 5W1H 
#4 Contoh TEKS NEGOSIASI Beserta Struktur, Pengertian, Ciri, dan Kaidahnya 

Teks anekdot sering kita jumpai di berbagai literatur seperti majala,h portal online, koran, buku, dan lain sebagainya. Namun terkadang kita tidak menyadari hal tersebut. Oleh karena itu Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh terkait dengan teks anekdot yang singkat dan lucu beserta strukturnya lengkap Berikut adalah contoh yang di buat berdasarkan literatur yang kami pelajari. 



Struktur Teks
Teks
Judul
 Lebai Malang
Pengelanan / Orientasi
Tersebutlah kisah seorang agama yang hidup di tepi sungai di sebuah desa di Sumatera Barat. Pada suatu hari Ia mendapat undangan pesta dari 2 orang kaya dari Desa Tetangga.
Masalah/Krisis
Sayangnya pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan. tetapi ia tidak pernah dapat mengambil keputusan dengan cepat. Ia berpikir, kalau dia ke pesta di desa Hulu Sungai, tuan rumah akan memberinya hadiah dua ekor Kepala kerbau. Namun dia belum begitu kenal dengan tuan rumah tersebut. Menurut berita, masakan orang Hulu Sungai tidak seenak orang hilir sungai.
Kalau ia pergi ke pesta di hilir sungai, ia akan mendapat hadiah seekor Kepala kerbau yang dimasak dengan enak. Ia juga kenal betul dengan tuan rumah tersebut. tetapi, tuan rumah di Hulu Sungai akan memberi tamunya tambahan kue-kue. hingga iya mulai mengayuh perahu nya ke tempat pesta pun ia belum dapat memutuskan pesta mana yang akan dipilih.
Pertama, di kayu sampannya menuju Hulu Sungai. baru tiba di tengah perjalanan yang mengubah pikirannya. dia berbalik Mendayung perahu nya kearah Hilir. begitu hampir sampai di desa hilir sungai, dilihatnya beberapa kamu menuju Hulu Sungai. tamu tersebut mengatakan bahwa kerbau yang disembelih di sana sangat kurus. iapun mengubah haluan perahunya menuju Hulu Sungai, Sesampainya di tepi Desa Hulu Sungai, para tamu sudah beranjak pulang. pesta di sana sudah selesai.
Pak lebay cepat-cepat mengayuh perahunya menuju Desa hilir sungai. sayangnya, disanapun pesta sudah berakhir.
Reaksi
Akhirnya, pak lebai pun menggerutu menyesali apa yang dilakukan. ia tidak mendapat Kepala kerbau yang diinginkannya.



Teks anekdot di atas memperlihatkan bahwa penggunaan konjungsi dan piranti pengikat teks agar seluruh struktur teks menjadi patuh sama dengan teks penceritaan ulang atau Rekon. Masalah yang muncul serta pemecahkannya tercantum dalam struktur yang sama, yaitu pada s struktur masalah/krisis. Hanya saja bedanya apabila pada teks penceritaan ulang berakhir dengan kejadian, tanpa ditampakkan reaksi dari perilaku terhadap peristiwa yang dialaminya, maka pada teks anekdot reaksi pelaku atas peristiwa yang dialaminya ditampakkan secara eksplisit. Itu sebabnya pada tekstil ini memiliki struktur teks tambahan yang berupa struktur: reaksi.

Untuk lebih memahami tentang teks anekdot, silahkan simak vidio contoh teks anekdot tentang pendidikan di bawah ini yang kami semat dari youtube:

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Contoh TEKS ANEKDOT (Lucu dan Singkat) Lengkap Beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat bagi makalah teks anekdot anda, dan terima kaish telah berkunjung. 


Sumber : Mahsun, M.S. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Lihat Juga
Teks Eksposisi /Teks Eksplanasi /Teks Prosedur /Teks Negosiasi /Teks Anekdot /Teks Berita /Teks Biografi