Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Penjelasan Rukun Iman Ada 6 dan Rukun Islam Ada 5 [LENGKAP]

Pengertian Rukun iman ada 6 dan rukun Islam ada 5 adalah dasar dari ajaran Islam yang harus dipahami dan diamalkan oleh umat yang beragama Islam (Muslim). Mengapa kita perlu mempelajari rukun iman yang ada 6 dan rukun Islam yang ada lima? Islam adalah agama samawi yang diturunkan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW, yang menjelaskan bahwa tiada Tuhan selain Allah yang patut untuk di sembah, dan Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang beliau utus di muka bumi untuk berdakwah. sedangkan iman adalah kepercayaan yang berwujud pernyataan yang diungkapkan dengan lidah, dilandasi dengan keyakinan dalam hati disertai perbuatan dengan ikhlas dan jujur dalam menjalankan perintah allah dan rosul-nya. 

Penjelasan Rukun Iman Ada 6 dan Rukun Islam Ada 5 [LENGKAP]

Hukum untuk mempelajari rukun iman dan rukun Islam adalah wajib bagi umat muslim. Dengan mempelajari 2 pilar agama tersebut, umat muslim akan memahami esensi dari agama Islam. Pada kesempatan kali ini kami akan coba untuk memberikan penjelasan terkait dengan rukun iman yang ada 6 dan rukun Islam yang ada 5 yang kami rangkum dari berbagai macam literatur.

RUKUN IMAN ADA 6

Rukun iman merupakan hal-hal yang wajib diimani oleh umat muslim yang jumlahnya ada 6 perkara yang disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Muslim, yaitu 1) beriman kepada Allah, 2) beriman kepada malaikat malaikatnya, 3) beriman kepada kitab-kitabnya, 4) beriman kepada rasul-rasul-nya, 5) beriman kepada hari akhir, dan 6) beriman kepada ketentuan Allah. aplikasi keimanan tersebut dapat diuraikan seperti di bawah ini:

#1. Iman Kepada Allah

Penjelasan rukun iman kepada Allah, Ajaran ketuhanan Islam bersifat Absolut monoteisme atau keesaan Tuhan yang mutlak atau disebut Allah yang Maha Esa tidak ada Tuhan selain Allah Allah harus diakui 1 atau tunggal tidak mungkin berbilang tidak di gas tidak 4 atau lebih dan seterusnya tidak mungkin ada dua atau lebih Tuhan bersamaan menguasai alam semesta ini. Keimanan yang pertama ini, anda adalah pondasi umat muslim dalam belajar agama Islam.

#2. Iman kepada malaikat-malaikat Allah

Penjelasan rukun iman kepada malaikat-malaikat Allah, malaikat Allah adalah makhluk Allah yang tanpa jasad hanya terdiri dari wujud rohani semata eksistensi malaikat wajib diimani oleh umat Islam. Jumlah malaikat Allah ada banyak puluhan bahkan ratusan lebih malaikat yang mengabdi kepada Allah, namun terdapat 10 nama malaikat Allah yang umumnya harus diketahui oleh umat Islam, yaitu  Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Rokib, Atid, Malik, dan Ridwan.

#3. Iman kepada kitab-kitab Allah

Penjelasan rukun iman kepada kitab-kitab Allah.  Kitab Allah merupakan Wahyu yang diturunkan langsung oleh Allah melalui Malaikat Jibril yang ditujukan kepada Utusan utusan Allah di muka bumi ini.  Kitab Allah yang wajib diimani oleh umat Islam ada 4 yaitu 1) Taurat diturunkan oleh Nabi Musa As, 2) Zabur diwahyukan kepada Nabi Daud AS, 3) Injil diturunkan kepada Nabi Isa As, 4) dan Alquran diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.

#4. Iman kepada rasul-rasul

Penjelasan rukun iman kepada rasul-rasul Allah. Merupakan seseorang yang mendapat Wahyu langsung dari Allah SWT dengan suatu syariat dia diperintahkan untuk mengamalkannya dan menyampaikan kepada umatnya. Nama-nama Rasul Allah yang wajib diimani berjumlah 25 orang yaitu, Adam, Idris, Nuh, Luth, Ibrahim, Ismail, Ishak, Ya'kub, Yusuf, Syuaib, Musa, Harun, Daud, Sulaiman, Hut, Ilyas, Ilyasa, Ayyub, Saleh, dzulkifli, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa, dan Muhammad.

#5. Iman kepada hari akhir

Penjelasan rukun iman ke-5 (Hari Akhir).  Hari akhir adalah kehidupan setelah dibangkitkan kembali dari kematian. Hari akhir itu sendiri terbagi dalam beberapa babak kejadian. pertama alam kubur, kedua alam mahsyar (tempat dikumpulkan setelah dibangkitkan); Lalu ada hari pertimbangan (Yahmun Mizan); hari perhitungan (yaumul hisab) dan akhirnya Hari pembalasan (yaumul jaza'). Setiap orang dengan segala bebannya meniti sirotol mustaqim untuk di tiba di neraka atau tiba di surga.

#6. Iman kepada Qada dan Qadar ( ketentuan Allah)

Penjelasan tentang iman kepada Qada dan Qadar (ketentuan Allah). Ketentuan Allah dapat berupa ketentuan yang baik maupun ketentuan yang buruk bagi umat manusia hendaknya manusia tetap selalu husnudzon atau positif thinking atau sangka baik terhadap ketentuan Allah ini apapun yang menimpa manusia pasti ada hikmah yang terkandung di balik peristiwa tersebut. Ciri-ciri orang yang mengimani qada dan qadar atau ketentuan-ketentuan yang diberikan oleh Allah kepadanya adalah sabar dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh.

RUKUN ISLAM ADA 5

Rukun Islam adalah pilar dasar ibadah yang harus dilakukan oleh  seseorang yang beragama Islam. Rukun Islam itu sendiri sifatnya adalah wajib dan harus dilakukan oleh umat Islam.  Rukun islam itu sendiri jumlahnya ada 5 perkara yang disebutkan dalam sebuah hadits riwayat imam Muslim yaitu 1) syahadat, 2) shalat, 3) zakat, 4) puasa, dan 5) haji. Penjelasan terkait dengan rukun islam ada 5 seperti di bawah ini:

#1. Syahadat

Pengertian syahadat adalah penyaksian seseorang bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah yang diucapkan dengan menggunakan lisan dan kemudian orang tersebut membenarkannya dengan hati dan lalu mengamalkan melalui perbuatan. Tidak bermanfaat Ketika seseorang tersebut hanya mengucapkan penyaksian kepada Allah dan nabinya namun tidak membenarkan dengan hati dan tidak mengamalkan melalui perbuatan. Kalimat syahadat itu sendiri adalah sebagai berikut:

اشهد ان لا اله الا الله واشهد ان محمد رسول الله

Artinya : Saya bersaksi tiada tuhan selain allah, dan saya bersaksi sesungguhnya nabi muhammad adalah utusan allah

#2. Sholat

Pengertian sholat adalah syariat allah yang menjadi sarana untuk berinteraksi seorang muslim dengan allah dimanapun dia sholat dan berdoa untuk memohon pertolongan dan ridhlonya. Sholat dalam syariat islam terbagi menjadi dua yaitu sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat wajib adalah sholat yang harus di lakukan oleh seseorang yang jumlahnya ada 5 waktu, yaitu shubuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya. Sedangkan pengertian sholat sunnah adalah sholat yang ketika dilakukan akan menambah keimanannya yang jumlahnya ada banyak diantaranya seperti sholat dhuha, tahajud, hajat, tobat, dan lain sebagainya.

#3. Zakat

Pengertian zakat adalah syariat allah yang kedua yang berupa ibadah mengeluarkan jumlah harta tertentu yang kemudian diberikan kepada para golongan yang berhak menerimanya seperti fakir miskin, ibnu sabil, dan lain sebagainya. Jumlah besarnya zakat ditentukan berdasarkan ketentuan syariah. Seperti contoh Kadar zakat pada emas, perak dan barang-barang dagangan, maka jumlah nilai yang harus di keluarkan adalah 2,5 % setiap tahunnya. 

#4. Puasa

Pengertian adalah tindakan wajib bagi kaum muslim untuk menahan diri dari makanan, minuman, dan dari segala hal yang dapat membatalkan puasa pada waktu dan periode yang telah ditentukan oleh syariat islam. Ibadah puasa wajib di lakukan pada bulan ramadhan selama satu bulan penuh dan di akhiri dengan hari raya yang di sebut dengan hari raya idul fitri.

#5. Haji

Rukun islam yang terkhir adalah haji. Pengertian haji adalah syariat islam yang berupa ibadah kepada Allah SWT dengan ruh, badan, dan harta yang di miliki. Kegiatan ibadah ini di wajibkan bagi kaum muslimin yang mampu baik secara finansial dan lain sebagainya. Watu pelaksanaan ibadah haji adalah 8 sampai dengan 10 Zulhijah bertempat di Arab Saudi. Waktu - waktu pelaksanaan haji seluruh dunia umumnya disebuat dengan musim haji.


Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Penjelasan Rukun Iman Ada 6 dan Rukun Islam Ada 5 [LENGKAP] yang kami rangkum dari berbagai macam literatur yang kami miliki. Semoga bermanfaat bagi keimanan dan pengetahuan anda tentang islam. Terima kasih telah berkunjung.