Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Memahami Pengertian Presentasi Beserta Manfaat dan Tujuannya [Lengkap]

Istilah Presentasi itu sendiri sangat tidak asing tentunya bagi kita para pelajar. Namun terkadang kita juga bingung jika di tanya terkait dengan apa pengertian dari presentasi itu sendiri ? Jangan khawatir, kami disini akan siap membantu kalian untuk memahami pengertian presentasi beserta manfaat dan tujuannya. Untuk lebih jelasnya, baca lanjutanya sekrang juga.


Memahami Pengertian Presentasi Beserta Manfaat dan Tujuannya [Lengkap]

Pengertian presentasi adalah suatu aktivitas komunikasi, dimana komunikator (pengirim pesan) berbicara dan menjelaskan tentang suatu hal di depan komunikan (penerima pesan), baik itu individu ataupun kelompok. Sifat dari presentasi itu sendiri adalah umum, artinya kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Namun terdapat perbedaan pendapat para ahli dalam men-definisi-kan apa itu presentasi. Oleh karena itu kami juga menyertakan beberapa pendapat para ahli yang terkait dengan definisi presentasi.

Agar Lebih paham baca ini ... !
Pengertian Komunikasi Lengkap dengan Fungsi, Tujuan, dan Syaratnya
Pengertian Interaksi Sosial Lengkap dengan Syarat dan Faktor yang Mempengaruhinya
Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli Lengkap
Interaksi Komunikasi Dalam Wawancara Penelitian Kualitatif

Pengertian presentasi menurut para ahli

#1. Djoko Sujono

Dosen universitas brawijaya bernama Djoko Sujono berpendapat bahwa pengertian presentasi adalah kegiatan pengrimiman pengetahuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Pendapat beliau lebih menitik tekankan bahwa presentasi adalah kegiatan pengiriman pengetahuan. Berbeda dengan pendapat mahasiswa di bawah ini.

#2. Dadang Wibowo

Mahasiswa asal lulusan fakultas komunikasi universitas yudharta menjelaskan bahwa presentasi adalah kegiatan informatif, educatif, persuasif, yang dapat digunakan di berbagai macam kalanga, bidang, tempat, dan kapan saja. Pendapat mahasiswa tersebut agak lebih luas dari pendapat diatas. Dia menjelaskan bahwa presentasi tidak hanya bersifat educati, namun juga informatif, persuasif, dan lain sebagainya.

Masih terdapat banyak lagi pendapat para ahli terkait dengan definisi presentasi itu sendiri yang belum kami sematkan dalam artikel ini. hal tersebut dikarenakan kekurangan kami dalam mencari sumber atau literasinya. 


Tujuan Presentasi 

Adanya sebuah komunikasi tentunya pasti ada suatu tujuan tersendiri. Seperti contoh, ketika seseorang membutuhkan bantuan orang lain, tentunya seseorang tersebut akan berkomunikasi untuk meminta bantuan. Begitu juga dengan presentasi, Terdapat 6 tujuan utama presentasi. Tujuan - tujuan tersebut diuraikan seperti di bawah ini:

#1. To Inform (Untuk memberikan informasi)

Memberikan informasi tentunya merupakan hal atau tujuan yang utama dalam presentasi. Dengan berkomunikasi, seseorang akan dapat bertukar informasi satu sama lain. Presentasi itu sendiri diperlukan, karna informasi tersebut di anggap penting untuk diketahui oleh individu atau kelompok lain. Informasi tersebut dapat berupa ide, topik tertentu, dan lain sebagainya.

#2. To Persuade (Untuk membujuk dan menyakinkan)

Presentasi yang bersifat membujuk ini umumnya digunakan oleh para marketing umumnya sales. Peresentasi dengan tujuan untuk membujuk pada umumnya menggunakan teknik presentasi dan gaya bahasa yang persuasif yang akan dapat menarik perhatian dan menarik kepercayaan orang lain. Selain membujuk, tujuan presentasi juga untuk menyakinkan. Contohnya presentasi ilmiah. Pengertian presentasi ilmiah adalah kegiatan penyampaian informasi terkait dengan hasil temuai ilmiah oleh peneliti untuk meyakinkan para komunikan bahwa hasil temuannya adalah benar. 

#3. To Entertain (Untuk menghibur)

Selain tujuan presentasi yang informatif dan persuasif, presentasi juga bertujuan untuk menghibur. Mengapa demikian? Misalnya contoh, presentasi yang dilakukan oleh penyiar radio, Tv, dan lainnya dalam acara hiburan bertujuan untuk menghibur penonton, Jika penonton merasa terhibur akan mengajak penonton yang lain, jika penonton semakin banyak, maka akan mengundang para pemasang iklan di tv, radio, dan lainya, yang juga sangat menguntungkan.

#4. To Motivate (Untuk Memotivasi)

Kegitan memotivasi individu atau kelompok dapat dikatakan termasuk sebagai kegiatan presentasi. Dalam sebuah acara motivasi seperti seminar kesuksesan dan lainnya itu bertujuan untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan pengalaman yang akan dapat memotivasi para komunikan (penerima informasi).

#5. To Promote (Untuk mempromosikan)

Dengan presentasi, kita dapat memperkenalkan produk yang kita memiliki kepada para konsumen. Contonya presentasi bisnis. Pengertian presentasi bisnis adalah kegiatan penyampaian informasi tentang seputar produk yang di miliki kepada para konsumen. Presentasi yang efektif akan dapat dengan mudah memperkenalkan produk yang dimiliki kepada konsumen. 


Manfaat presentasi


Berdasarkan tujuan dari presentasi itu sendiri seperti yang telah dijelaskan diatas,  dapat kita simpulkan bahwa kegiatan presentasi itu bernilai positif dan dapat memberikan banyak manfaat. Manfaat - Manfaat dari presentasi seperti di bawah ini :

#1. Bahan Paparan yang Terstruktur

Dengan presentasi, kegiatan komunikasi akan lebih efektif. hal tersebut dikarenakan bahan yang akan dipresentasikan sudah disusun dengan jelas yang dianggap akan dapat dengan mudah untuk dipahami oleh para komunikan. 

#2. Media Pembantu dalam Pemaparan

Sebelumnya, pemaparan dianggap sebagai suatu hal yang membosankan, seperti presentasi lisan. Pengertian presentasi lisan adalah kegiatan penyampaian informasi hanya dengan menggunakan lisan, tidak menggunakan gerakan tubuh, visualisasi, dan lain sebagainya. Namun dengan adanya presentasi yang terstruktur, kegiatan pemaparan lebih menyenangkan. Hal tersebut dikarenakan terdapat komponen - komponen pelengkap presentasi seperti proyektor, microfon, dan lain sebagainya. 

#3. Memunculkan Kesan Pemaparan yang Lebih Eksklusif

Dalam presentasi yang efektif, tidak sedikit perangkat atau komponen yang digunakan untuk mendukung kegiatan tersebut. Tidak sedikit biaya yang dikeluarka untuk menyiapkan komponen tersebut misalnya sewa gedung, proyektor, pembuatan bahan yang menarik, dan lain sebagainya. Komponen presentasi yang lengkap akan memberikan kesan kegiatan pemaparan lebih eksklusif.

#4. Pemahaman yang lebih

Dengan adanya bahan pendukung seperti gambar, vidio, dan audio dalam kegiatan presentasi, selain memberikan kesan yang lebih eksklusif, namun juga akan dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada para komunikan (penerima pesan). hal tersebut dikarenakan komuikan menerima pesan tidak hanya dengan satu panca indra, namun lebih yang akan dapat dengan mudah untuk memahami hal - hal yang di paparkan.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Presentasi Beserta Manfaat dan Tujuannya [Lengkap] yang kami rangkum dari berbagai macam literasi yang kami kemas dengan gaya bahasa pribadi. Semoga bermanfaat bagi pembuatan tugas makalah anda dan terima kasih telah berkunjung.