Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian KEMISKINAN Beserta Penyebab Kemiskinan [LENGKAP]

Pengertian Kemiskinan adalah suatu kondisi dimana terjadi individu atau kelompok ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar meliputi sandang, pangan, dan papan. Penyebab terjadinya kemiskinan adalah kelangkaan kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Namun, Tidak semudah itu kita mendifinisikan kemiskinan, Karena kemiskinan mengandung unsur ruang dan waktu. 
Pengertian KEMISKINAN Besarta Penyebab Kemiskinan [LENGKAP]

Konsep kemiskinan pada zaman dahulu akan berbeda dengan konsep kemiskinan pada zaman saat ini yang merdeka, sedangkan pada zaman dahulu mayoritas masyarakatnya sedang dijajah. Seseorang dikatakan tidak miskin atau miskin pada zaman saat ini dengan zaman penjajahan dahulu itu berbeda. Demikian juga ditinjau dari segi tempat, kemiskinan di negara berkembang dan terbelakang akan jauh berbeda dengan konsep kemiskinan di negara-negara maju. Di negara-negara seperti Eropa orang dikatakan miskin ketika dia tidak memiliki telepon genggam, seseorang yang tidak dapat membayar asuransi kesehatan anak-anak yang bermain tanpa alas kaki, seseorang yang tidak memiliki akses internet dan lain sebagainya.  Namun tidak demikian di negara-negara kurang berkembang seperti negara-negara Afrika dan negara-negara lainnya.

Pengertian Kemiskinan Menurut Pendapat Para Ahli

Pada umumnya kemiskinan diartikan sebagai sejauh mana seseorang berada di bawah tingkat standar hidup minimal yang dapat diterima oleh masyarakat atau komunitasnya. Namun terdapat beberapa ahli yang memiliki pandangan sendiri dan mendefinisikan kemiskinan berbeda dari pada umumnya. Berikut adalah pengertian kemiskinan menurut pendapat para ahli:

#1. Menurut Marianti dan Munawar

Maryanti dan Munawar memiliki pandangan tersendiri terkait dengan definisi kemiskinan. mereka menjelaskan bahwa kemiskinan adalah fenomena multidimensi, didefinisikan dan diukur dalam banyak cara dalam banyak kasus kemiskinan telah diukur dengan terminologi kesejahteraan ekonomi, seperti pendapatan dan konsumsi. Seseorang dikatakan miskin bila ia berada di bawah Tingkat kesejahteraan minimum tertentu yang telah disepakati. Jadi pendapat marianti dan Munawar tidak menitik tekankan pada satu titik ukur. namun mereka lebih mendefinisikan kemiskinan dalam banyak cara dan banyak kasus.

#2. Menurut Niemeitz 

Pendapat Niemeitz berbeda dengan pendapat Maryanti dan menawar di atas. dia menjelaskan bahwa kemiskinan adalah kondisi ketidakmampuan individu atau kelompok untuk membeli barang-barang kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, papan, dan obat-obatan. Pendapatnya tentang definisi kemiskinan lebih menekankan pada satu dimensi yaitu ekonomi.

#3. Menurut Chambers

Chambers berpendapat bahwa pengertian kemiskinan sangat tergantung pada siapa yang bertanya bagaimana hal itu dipahami serta Siapa yang meresponnya perspektif ini mengelompokkan makna Kemiskinan menjadi beberapa kelompok dan beberapa diantaranya diuraikan lebih detail.

Penyebab Kemiskinan

Terdapat perbedaan faktor-faktor yang menyebabkan kemiskinan di wilayah pedesaan dan faktor-faktor yang menyebabkan kemiskinan di wilayah perkotaan. Kemiskinan di desa terutama disebabkan oleh faktor- faktor antara lain :

Ketidakberdayaan

Masyarakat desa identik dengan ketidak berdayaan. Hal tersebut dapat di tinjau dari segi jumlah masyarakat yang menganggur di desa. Kondisi tersebut ada, dikarenakan biaya pendidikan yang tidak dapat mereka penuhi, Produk yang mereka hasilkan harganya sangat rendah karna kurang adanya nilai tambah produk, dan di desa kurang mencukupinya jumlah lapangan kerja (lapangan pekerjaan tidak banyak)

Keterkucilan

Hal ini sangat erat kaitannya dengan faktor diatas, masyarakat desa yang tidak berdaya, maka akan merasa terkucilkan. hal tersebut dikarenakan sarana transportasi yang kurang memadai, tidak ada akses modal (kredit), Rendahnya tingkat keahlian dan pendidikan. 

Kemiskinan materi

Tingkat pendidikan, Keahlian, dan sumber modal seperti kredit memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap suatu kegiatan usaha. Jika ketiga komponen tersebut tersedia, maka suatu usaha akan berjalan dengan lancar dan secara otomatis materi yang dimiliki akan semakin banyak. Namun tidak demikian kondisi yang ada di masyarakat desa.

Sikap

Sikap yang dimiliki oleh rata-rata masyarakat desa adalah sikap yang menerima apa adanya dan kurang termotivasi untuk bekerja keras. Umumnya mereka bekerja hanya puas dan cukup untuk kehidupan jangka pendek. Hal tersebut di pengaruhi oleh faktor- faktor di atas. 

Kemiskinan di wilayah perkotaan pada dasarnya disebabkan oleh faktor- faktor yang sama dengan di desa, yang berbeda adalah penyebab dari faktor-faktor tersebut, Misalnya ketidakberdayaan masyarakat kota disebabkan oleh biaya hidup yang terlalu tinggi dan kurangnya lapangan pekerjaan.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian KEMISKINAN Beserta Penyebab Kemiskinan [LENGKAP] yang kami susun. Semoga bermanfaat bagi makalah anda dan terima kasih telah berkunjung.


Sumber Maipita, Indra.2014. Mengungkap Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan.UPP STIM YKPN,Yogyakarta.