Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Etika Lengkap dengan Macam, Contoh, dan Penerapannya

Pengertian etika adalah aturan perilaku yang didasarkan atas kebiasaan manusia bergaul dengan sesama manusia. Fungsi etika adalah untuk menegaskan mana yang benar dan mana yang salah dalam hubungan atau pergaulan manusia. Etika pada umumnya didasarkan pada norma-norma, nilai-nilai, kaidah, dan ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik.


Pentingnya adanya etika dalam kehidupan manusia adalah untuk menjaga keberlangsungan hidup,  menjaga keharmonisan dalam kelompok sosial, dan juga menjaga hubungan baik diantara masing-masing anggota sosial.  Etika dapat digunakan sebagai pedoman yang mengatur perilaku manusia yang baik, yang harus dilakukan, dan perilaku yang harus ditinggalkan. oleh karena itu, etika sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia dalam bermasyarakat.

Artikel Lain yang Harus Anda Pelajari Juga ...

Macam - Macam Etika dalam Kehidupan

Perlu diketahui bahwa dalam kehidupan manusia terdapat berbagai macam etika yang dapat kita golongkan menjadi dua, yaitu etika deskriptif etika normatif. Berikut adalah penjelasan singkat cerita deskriptif dan normatif: 

Etika deskriptif 

Pengertian Etika deskriptif adalah etika yang digunakan dalam menelaah secara kritis dan rasional terhadap sikap dan perilaku manusia, apa yang menjadi tujuan oleh setiap manusia dalam hidupnya sebagai suatu yang memiliki nilai tertentu. Oleh karena itu Etika deskriptif dapat dikatakan sebagai ketiga yang digunakan dalam mengkritisi atau menilai seseorang dalam kehidupannya. 

Etika normatif 

Pengertian etika Normatif adalah etika yang menetapkan berbagai nilai Sikap perilaku yang cocok ideal dan sudah seharusnya harus dimiliki oleh setiap individu masyarakat atau apa yang harus dilakukan oleh individu masyarakat tersebut dan tentunya memiliki nilai dalam kehidupan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa etika normatif merupakan etika yang menuntun perilaku manusia agar bertindak secara baik, sesuai dengan kaidah atau norma yang telah berlaku atau disepakati dalam masyarakat tersebut.

Perkembangan dan Penerapan Etika

Dalam kehidupan kita akan terus berkembang dan akan mempengaruhi kehidupan manusia. Etika akan memberikan gambaran atau orientasi kepada kamu siap bagaimana dia akan menjalani hidup dan melewati rangkaian-rangkaian tindaka dalam kehidupan sehari - hari.  Hal tersebut menginterpretasikan bahwa etika dapat membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup. Etika bersifat flexible, dapat diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan kita.  Wujud dari penerapan etika dalam  aspek kehidupan, misalnya etika bisnis dalam perusahaan, etika pergaulan, etika berbicara, etika lingkungan,  dan lain sebagainya. 

Etika Bisnis

Pengertian etika bisnis adalah aturan yang ada dalam kegiatan bisnis. Aturan atau cara-cara tersebut didasarkan pada kebiasaan-kebiasaan yang telah ada dan  yang telah dinilai baik oleh mayoritas kelompok dalam kegiatan bisnis tersebut.  Aturan yang ada dalam kegiatan bisnis mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu perusahaan dan stake holder diluar kegiatan bisnis. Contoh etika bisnis  yang bisa dilakukan dalam kegiatan bisnis adalah seperti menyebutkan nama lengkap, berdiri saat memperkenalkan diri, ucapkan terimakasih secukupnya, jangan duduk sambil menyilang kaki, mengirim ucapan terima kasih melalui email setelah pertemuan kucing, dan lain sebagainya.

Etika Pergaulan


Pengertian etika pergaulan adalah aturan-aturan tentang sopan santun dalam bergaul di masyarakat atau kelompok sosial. Aturan-aturan tersebut didasarkan atas situasi dan keadaan yang tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik itu adalah norma agama, adat istiadat, hukum, kesopanan, dan lain sebagainya. Pentingnya etika dalam  pergaulan adalah untuk menjaga agar tingkah laku manusia dapat diterima dan disenangi oleh masyarakat lain ada dalam kelompok sosial dalam pergaulan. Contoh etika pergaulan yang dapat diterapkan adalah seperti misalnya bersikap sopan santun dan ramah, perhatian terhadap orang lain, toleransi dan rasa ingin membantu, dan mampu mengendalikan emosi diri.

Etika berbicara

pengertian etika berbicara adalah aturan - aturan yang perlu digunakan pada saat berbicara dengan lawan biacara, baik itu tua, muda, sebaya, mitra kerja, guru, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan etika dalam pergaulan diatas, etika ini juga di dasarkan atas norma yang berlaku, namun lebih sepesifik kepada bagaimana seseorang itu berbicara yang baik dapat diterima. Contoh etika bicara yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari - hari adalah seperti berbicara dengan menggunakan suara yang terdengar jelas namun tidak membentak, menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, Tidak menggunakan nada suara yang tinggi, Menatap lawan biacara, dan pembicaraan mudah untuk dimengerti lawan biacara.

Etika Lingkungan

Pengertian etika lingkungan adalah aturan - aturan yang digunakan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Aturan ini di dasarkan atas pentingnya lingkungan yang berkelanjutan untuk menunjang kehidupan masa depan, selain juga juga kesehatan, keasrian, dan kelestarian juga termasuk dalam dasar dalam implementasi etika lingkungan. Contoh etika lingkungan yang mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari adalah seperti tidak mengeksploitasi tamanan yang langka secara berlebihan, tidak menggunakan obat - obatan kimia secara berlebihan dalam budidaya tanaman, tidak mencemari lingkungan, dan lain sebagainya. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Etika Lengkap dengan Macam, Contoh, dan Penerapannya yang kami rangkum dari berbagai macam literatur terercaya yang kami bahas dengan menggunakan bahasa pribadi . Semoga bermanfaat bagi makalah anda dan terima kasih telah berkunjung.