Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Ketahui 6 Manfaat / Faedah / Keutamaan / Hikmah Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis memiliki Manfaat / Faedah / Keutamaan / Hikmah  tersendiri dengan puasa puasa sunnah yang lainnya. puasa ini lebih utama dilakukan kedua-duanya, tetapi jika salah satu dari 2 hari ke 10 tidak sanggup untuk dilakukan, bukan berarti menggugurkan puasa yang satunya. sebab, banyak yang menyangka bahwa puasa Senin dan Kamis harus dilakukan dua - duanya, sehingga ketika telah berpuasa Senin dan Tertinggal Pada hari Kamis, ia berpikiran bahwa puasanya tidak sah.

Ketahui Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Padahal puasa yang dilakukan tersebut tetap sah. Tetapi orang yang melakukannya tersebut belum Istiqomah. Istiqomah dalam melakukan ibadah merupakan salah satu yang sangat mendasar. sebab, dengan Istiqomah membuat pelakunya terkondisikan dalam melakukan ibadah puasa. akhirnya ia merasakan kenikmatan dan kelezatan dalam melakukan puasa senin kamis tersebut (Mendapatkan Hikmah Atas Puasanya).
Dengan demikian, melakukan puasa hari Senin maupun hanya hari Kamis tidak masalah. Akan tetapi jika hendak melakukan ibadah dengan penuh konsisten dan ketekunan, maka hari Senin dan dan kamis secara terus-menerus akan selalu dilakukan. dan jika seseorang telah mampu melakukan demikian, maka ia mempunyai nilai tersendiri bagi dirinya.


KEUTAMAAN DAN MANFAAT PUASA SENIN KAMIS

Keutamaan dan manfaat puasa Senin Kamis secara umum, puasa sunnah apapun yang dilakukan oleh seseorang dengan bukti selalu akan membuat pelakunya mendapatkan manfaat dan hikmah yang besar baik secara lahir maupun batin Sama halnya dengan puasa senin kamis terdapat banyak manfaat yang akan berdampak baik bagi pelakunya berikut adalah beberapa keutamaan puasa Senin Kamis:

#1  Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Banyak media untuk mendekatkan diri kepada Allah diantaranya adalah puasa senin kamis jika puasa ini dilakukan secara Istiqomah akan mengondisikan jiwa pelakunya menjadi tenang dan dijauhkan dari berbagai persoalan dalam kehidupan yang menyesakkan sebab hanya orang yang mempunyai hati yang bening yang bisa menjadi orang yang berhasil dalam berbagai hal yang ia lakukan dalam hidup dan diantara medianya adalah puasa Senin Kamis.

#2. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW


Tidak disangsikan atau diragukan lagi bahwa Rasulullah SAW selama hidupnya selalu melaksanakan puasa Senin dan Kamis. Ini berarti bukan hanya berdasarkan kemanfaatan yang akan diterima oleh pelakunya akan tetapi juga sebagai bukti bahwa dia mengikuti jejak beliau. Dan mengikuti jejak beliau hukumnya adalah sunnah.

#3. Terciptanya keluarga yang bahagia


Pada umumnya orang yang sering melakukan puasa Sunnah di harI  Senyum dan Tangis, maka orang tersebut secara otomatis memiliki kepribadian yang baik seperti penyabar penyayang dan penuh rasa Solidaritas terhadap sesama. Terciptanya keluarga yang bahagia, didasarkan atas kepribadian individu. Misalnya kepribadian kepala rumah tangga yang baik akan memberikan kebahagiaan kepada para anggota keluarg. Kepribadian yang baik dapat di latih salah satuny dengan puasa senin kamis.

#4. Terkabulnya Hajat Dunia dan Akhirat

Memang, hajat seseorang dikabulkan atau tidak, hanya allah swt yang mengetahui. Namun, semakin sering seseorang hamba memohon kepada tuhannya, maka permohonannya akan di dengarkan oleh tuhannya (dianggap serius dan layak). Puasa senin kamis merupakan media seorang hamba untuk berinteraksi (memohon hajat dunia akhirat) kepada allah swt.

#5. Hari senin dan kamis adalah hari yang mulya

Hari Senin merupakan hari dilahirkannya Rosululloh SAW dan diturunkan Wahyu Kepada beliau. sedangkan puasa hari Kamis adalah hari dimana amalan seorang hamba diangkat ke sisi Tuhan. dengan melakukan puasa hari Senin ini diharapkan setiap kita, selalu mengambil sifat dan mencontoh Rasulullah s a w dalam setiap perilakunya setiap hari. pada puasa hari Senin merupakan wujud kita untuk belajar banyak dari rosululloh saw.

#6. Memberikan Kesehatan Tubuh

Setiap puasa selalu mendatangkan kesehatan bagi pelakunya Begitu juga dengan puasa senin kamis. puasa senin kamis secara khusus berdampak pada Kesehatan sebagai berikut:
a. Saat yang tepat untuk mengistirahatkan pencernaan. sebab saat kita tidak berpuasa, alat pencernaan dalam tubuh bekerja sangat keras. sedangkan saat berpuasa alat pencernaan tersebut beristirahat.
b. Pembersihan tubuh dari racun dan kotoran. dengan puasa senin kamis berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita, sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.
c. Mencegah penyakit kelebihan gizi atau overnutrisi yang mengakibatkan kegemukan, yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes melitus), dan lain sebagainya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Ketahui #6 Manfaat / Faedah / Keutamaan / Hikmah  Puasa Senin Kamis. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami. 


Sumber : Hasan, Ali. 2013. Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah Sepanjang Masa.Sabil; Yogyakarta.