Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Mempelajari JARINGAN KOMPUTER (Pengertian, Jenis, dan Macam Topologinya) Secara Lengkap

Pengertian jaringan komputer adalah gabungan dari komputer dan telekomunikasi. Jaringan komputer dapat dikelompokkan menjadi dua bagian besar yaitu (1) jaringan komputer lokal atau cakupannya tidak terlalu luas dan (2) jaringan komputer secara luas atau cakupannya luas baik skala regional maupun nasional.


Mempelajari JARINGAN KOMPUTER (Pengertian, Jenis, dan Topologinya) Secara Lengkap

Pada skala yang lebih besar lagi seringkali suatu negara mempunyai suatu sistem jaringan komputer sendiri. Misalnya saja Indonesia mempunyai suatu sistem jaringan komputer sendiri yang diberi nama SKDP Network (SKDP = Sambungan komunikasi data paket) yang dikelola oleh Indosat dengan dukungan Telkom.

#Beri Asupan Otak Anda Dengan Bacaan Ini ... !
Belajar Komputer (Pengertian, Perangkat, Komponen, Fungsi, Manfaat )
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama Hingga Generasi Kelima Lengkap
Memahami Pengertian Presentasi Beserta Manfaat dan Tujuannya [Lengkap]

Pengertian sistem komunikasi data adalah suatu sistem komputer yang terdiri dari satu atau lebih prosesor yang dihubungkan dengan satu atau lebih Terminal dan alat-alat lain. Letak dari terminal tersebut dapat di dekat ataupun jauh dari processor, hal ini bukan masalah. Apabila terminal tersebut berada di tempat yang jauh dari prosessornya, maka diperlukan suatu alat tambahan yang disebut dengan modem.


Perangkat Jaringan Komputer

Untuk membangun sebuah jaringan komputer diperlukan adanya perangkat-perangkat yang dapat mendukung kinerja dari jaringan tersebut. Terdapat dua perangkat yang diperlukan untuk membangun sebuah jaringan komputer yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

#1. Perangkat keras jaringan komputer

Perangkat keras jaringan komputer dikelompokkan menjadi tiga komponen yaitu komputer, saluran komunikasi, dan terminal terminal. Berikut adalah Uraian singkat dari ketiga komponen tersebut:
a. Komputer
Dengan sedikitnya sebuah komputer induk (yang disebut juga dengan istilah host computer) maka dapat disusun berbagai macam bentuk konfigurasi sistem komunikasi data ( disebut juga sistem jaringan komputer).
b. Saluran komunikasi data
Saluran komunikasi yang dipakai untuk menyalurkan data dapat diklasifikasikan menurut banyaknya jenis frekuensi yang dapat dilewatkan melalui saluran tersebut.
1. Pita sempit (Narrowband)
Pengertian Pita sempit atau Narrowband adalah Saluran dengan sistem ini hanya dapat melewatan data relatif lamban, yaitu kira - kira 5 - 30  karakter per detik. Saluran jenis ini misalnya Telegraf. Jadi, Apabila kita menggunakan saluran telegraf untuk menyalurkan data maka kecepatan relatif lamban. 
2. Pita Suara (Voiceband)
Pengertian Pita Suara atau Voiceband adalah saluran yang dapat mengirimkan data sampai dengan 1000 CPS (Character per second = karakter perdetik). Kecepatannya lebih besar dari pada pita sempit (narrowband). Contoh dari saluran jenis ini adalah telepon. 
3. Pita Lebar (Broadband)
Pengertian pita lebar atau broadband adalah saluran kita lebar yang digunakan apabila kita ingin menyalurkan data dalam jumlah yang sangat besar. Saluran jenis ini dapat menyalurkan 100000 karakter perdetiknya lebih besar daripada voiceband dan Narrowband.
Sistem komunikasi dengan saluran pita lebar, biayanya relatif mahal. jadi hanya organisasi yang besar saja yang biasanya mampu menggunakan. Tetapi dengan berkembangnya teknologi fiber - optic, mulai terbuka kesempatan untuk menyalurkan data dalam jumlah besar dengan cepat.
c. Terminal
Pengertian terminal adalah layanan tampilan yang dipasang baik pada jarak yang dekat maupun pada jarak yang jauh dari komputer induk. Fungsi terminal adalah untuk memasukkan data program guna dikirimkan kepada komputer induk, sekaligus menampilkan hasil yang sudah selesai diolah.
Komputer yang besar biasanya dihubungkan dengan beberapa Terminal, sehingga sebuah komputer dapat dipakai sekaligus oleh beberapa bahkan puluhan Terminal secara bersama-sama.

#2. Perangkat lunak Jaringan Komputer 

Suatu sistem komunikasi data adalah kesatuan dari perangkat keras dan perangkat lunak. Kedua komponen tersebut saling mengisi dan saling melengkapi. Perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung sistem komunikasi data sangat tergantung kepada jenis perngkat kerasnya., Sebab seperti yang sudah dijelaskan di awal, suatu jenis prosesor biasa mempunyai bahasa sendiri yang berbeda dengan bahasa yang dipakai oleh prosesor lain. Oleh karena itu, untuk membuat suatu jaringan komunikasi data antara dua jenis atau lebih prosesor, diperlukan suatu jenis perangkat lunak yang disebut dengan protokol.


Jenis - Jenis Jaringan Komputer

Seiring dengan perkembangan jaringan komputer dari waktu ke waktu yang telah memberikan kemudahan bagi para user untuk menggunakan teknologi dalam kegiatan sehari - hari seperti menyimpan, transfer, dll dengan mudah dan cepat. Para ilmuan jaringan komputer telah membagi jaringan komputer menjadi beberapa jenis yang di sesuaikan dengan dengan kebutuhan para user. Berikut adalah jenis jaringan komputer:

#1. Local Area Network (LAN)

Pengertian LAN (Local Area Network) adalah gabungan dari komputer dan telekomunikasi yang mencakup wilayah kecil atau dapat dikatakan bahwa jaringan jenis ini adalah jaringan paling sederhana dibandingkan dengan jaringan komputer yang lain. Wilayah cakupannya kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Jaringan LAN dianggap tidak efisien digunakan untuk cakupan yang lebih luas.

#2. Metropolitan Area Network (MAN)

Pengertian MAN (Metropolitan Area Network) adalah gabungan komputer dan telekomunikasi yang berasal dari kumpulan beberapa LAN. Jadi dapatkan dikatakan juga bahwa cakupan wilayah dari Metropolitan Area Network (MAN) lebih besar dari LAN (Local Area Network). Jenis jaringan ini sering digunakan oleh instansi yang memiliki banyak cabang. Banyak manfaat yang diperoleh dengan menggunakan jaringan jenis ini dan juga jenis jaringan ini lebih efisien digunakan dalam wilayah cakupan yang luas.

#3. Wide Area Network (WAN)

Pengertian WAN (Wide Area Network) adalah gabungan komputer dan telekomunikasi yang lebih luas cakupannya yang meliputi suatu negara, benua, bahkan seluruh dunia. Jaringan ini membutuhkan perangkat keras penghubungan yang dapat menghubungkan antara satu tempat ke tempat yang lain dengan jarak yang luas. Perangkat pendukung tersebut dapat berupa telepon, satelit, ataupun kabel fiber-optic yang cukup kuat untuk di tanam di bawah tanah dan bawah laut.


Macam - Macam atau Jenis Topologi Jaringan Komputer


Pengertian Topologi Jaringan komputer adalah Sebuah struktur jaringan fisik yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan jenis jaringan local area network (LAN). Jadi jaringan LAN dapat diimplementasikan dengan menggunakan berbagai macam topologi jaringan. Macam - Macam Topologi dasar yang pada umumnya sering digunakan dalam jaringan komputer LAN adalah sebagai berikut:
 Macam - Macam atau Jenis Topologi Jaringan Komputer

a. Topologi Bus (Linear) 
b. Topologi Ring (Cincin) 
c. Topologi Star (Bintang) 
d. Topologi Tree (Pohon) 
e. Topologi Mash (web)
f.  Topologi Sembarang


Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer yang tersusun dari berbagai macam jenis komputer, saluran komunikasi, dan terminal yang kemudian didukung oleh protokol yang merupakan sarana perintah jaringan dan mampu memberikan koneksi kepada seluruh user yang ada dalam saluran jaringan komputer tersebut, tentunya memiliki banyak manfaat yang dapat di rasakan oleh para user dari berbagai kalangan. Manfaat dari jaringan komputer adalah sebagai berikut:
#1. Pemrosesan yang bersifat waktu nyata (Real Time Processing)
#2. Pemrosesan berbagai waktu (Timesharing Computing Service System)
#3. Jaringan pemerosesan data terdistribusi (Distributed Data Processing)
#4. Sistem Surat Elektronik (Electronic Mail = E-mail)
#5. Konferensi Elektronik
#6. Pengambilan Data Jarak Jauh
#7. Sistem perbankan jarak jauh

Dan masih banyak lagi manfaat dari adanya jaringan komputer bagi keberlangsungan hidup manusia yang belum kami sematkan dalam artikel ini. hal tersebut dikarenakan kekurangan literasi yang kami miliki.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Mempelajari JARINGAN KOMPUTER (Pengertian, Jenis, dan Topologinya) Secara Lengkap yang kami rangkum dari berbagai macam literatur terpercaya yang kemudian kami kemas dengan bahasa pribadi. Semoga bermanfaat bagi pembuatan tugas makalah anda dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.