Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

TEKS BIOGRAFI (Contoh, Pengertian, Ciri, Jenis, Strukturnya) LENGKAP

Pengertian biografi adalah suatu karya tulis yang kontennya memuat riwayat atau kisah tentang seseorang (Misal seorang tokoh). Teks biografi memang khusus di buat untuk menceritakan kisah riwayat hidup seseorang yang di anggap penting, menarik, unik, atau karna seseorang tersebut dianggap sebagai seorang tokoh penting oleh penulis. Definisi biografi yang lain adalah keterangan atau kisah perjalanan kehidupan seseorang bersumber dari kisah nyata.

Contoh BIOGRAFI Lengkap dengan Pengertian, Ciri, Jenis, dan Strukturnya

Definisi pengertian biografi jika ditinjau dari segi etimologi, kata biografi sendiri berasal dari bahasa yunani yang didasarkan pada kata bios yang berkmakna Hidup dan kata graphien yang bermakna tulis. Berdasarkan kedua kata tersebut dapat ditarik kesimpulah  bahwa definisi pengertian biografi menurut terminologi adalah riwayat kehidupan yang ditulis. Jadi Biografi adalah sebuah karya tulis yang berisikan cerita tentang riwayat kehidupan seseorang.

Dengan adanya biografi, kita dapat mengetahui banyak hal tentang seseorang meliputi karya, kejadian, misteri hidup, dan lain sebagainya dengan penjelasan berupa prilaku atau tindakan dalam kehidupan seseorang yang ditulis kedalam teks biografi tersebut. Memang biografi sifatnya umum, siapa pun dia dapat di muat dalam teks biografi. Namun pada umumnya seseorang yang di tulis dalam biografi adalah seorang tokoh. Contohnya adalah biografi mario teguhbiografi iwan falsbiografi chairil anwarbiografi soekarnobiografi albert einsteinbiografi ra kartini, dan lain sebagainya. Dan umumnya saat ini biografi ditulis secara kronologis.

Dalam penulisan teks biografi, biasanya penulis memerlukan bahan atau sumber pendukung yang berkaitan dengan seseorang yang hendak ditulisnya kedalam sebuah teks biografi. bahan atau sumber pendukung  tersebut dapat berupa surat - surat, buku harian, benda, karya, foto, dan lain sebagainya. Dan tidak lupa lagi, sumber yang penting bagi penulis biografi adalah refrensi buku - buku yang sebelumnya membahas dan menceritakan tokoh yang berkaitan (jika ada).

Jenis - Jenis Teks Biografi

Sering kita jumpai berbagai macam karangan teks biografi yang ditulis di buku, artikel, majalah, blog, dan lain sebagainya. Namun terkadang kita merasa bingung setelah melihat berbagai macam biografi yang berbeda-beda. Pada umumnya, jenis dari biografi itu sendiri ada dua, yaitu biografi singkat dan biografi panjang.

#1. Teks Biografi Singkat

Pengertian biografi singkat adalah sebuah teks karangan biografi yang hanya memuat konten tentang fakta - fakta, Peran penting, Serta karya - karya yang telah di hasilkannya seperti penemuan sebuah teori, penemuan alat, dan lain sebagainya. Bigorafi singkat ini sering kita jumpai dalam artikel, majalah, atau blog.

#2. Teks Biografi Panjang

Pengertian biografi panjang adalah sebuah teks karangan biografi yang memuat berbagai macam informasi baik itu fakta, peran, karya, keluarga, pendidikan, tempat tinggal, hal yang di sukai dan lain sebagainya secara lengkap yang kemudian dikisahkan dengan lebih mendetail dan di ceritakan dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik.


Ciri - Ciri Teks Biografi


Dalam membedakan teks biografi dengan teks - teks yang lain seperti teks eksplanasi, teks eksposisi, teks prosedur, teks berita,dan lain sebagainya dapat kita amati dari ciri teks biografi itu sendiri. berikut adalah beberapa ciri - ciri teks biografi :

a. Miliki srtuktur yang jelas meliputi orientasi, masalah atau peristiwa, dan reorientasi
b. Kontens yang disajikan merupakan fakta yang di sajikan dalam sebuah narasi.
c. Faktualnya peristiwa hidup seseorang yang dinarasikan dalam tokoh biografi.
d. Menggunakan komponen penting dalam penulisannya yang meliputi:
       Judul Biografi
       Hal yang menarik dan mengesankan dari sang tokoh dalam biografi
       Hal yang mengagumkan dan mengharukan dari sang tokoh dalam biografi
       Nilai - nilai yang dapat diteladani dan dicontoh dari kehidupan sang tokoh

Struktur Teks Biografi

Seperti yang telah disinggung pada bagian ciri - ciri biografi diatas bahwa teks biografi memiliki struktur yang jelas. Struktur teks biografi itu sendir adalah sebagai berikut :

#1. Orientasi

Pada bagian awal (orientasi), pada umumnya menjelaskan pengenalan tokoh dalam biografi. Pada bagian ini, penulis mulai mengenalkan siapa tokoh yang di tulisnya. Selain itu, penulis juga menunjukkan pencapaian prestasi yang telah di capai oleh tokoh tersebut. Hal tersebut dikarenakan penulis ingin menunjukkan bahwa tokoh yang ditulisnya itu memang menarik untuk di baca.

#2. Masalah atau Peristiwa Penting

Setalah penulis mengenalkan sang tokoh, kemudian dilanjutkan penjelasan tentang masalah - masalah atau peristiwa - peristiwa penting yang pernah di alami sanga tokoh dalam biografi tersebut. Saat ini gaya pembasan masalah yang digunakan dalam menjelaskan masalah atau peristiwa tersebut adalah secara kronologis. dan juga Hal-hal yang mengesankan, menarik, mengagumkan, dan mengharukan pernah dialami sang tokoh dalam biografi tersebut, diuraikan pada bagian yang kedua ini.

#3. Reorientasi

Bagian ketiga ini adalah bagian penutup, Namun bagian ini bersifat opsional (boleh ada, boleh tidak). Di bagian ini penulis memberikan penjelasan tentang pendapat atau pandangan pribadi terhadap tokoh dalam biografi. Pandangan tersebut dapat berupa pandangan negatif dan juga positif, itu tergantung penulisnya.

Contoh Teks Biografi Singkat Seorang Tokoh Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia "Biografi Ra Kartini"

Biografi Ra Kartini

Raden ajeng kartini atau yang akrab disebuat R.A Kartini adalah salah satu pahwalan nasional yang dikenal sebagai Pahlawan  yang memperjuangkan Emansipasi Wanita Indonesia. Wanita kelahiran asal kota jepara pada 21 april 1897 merupakanputri dari R.M. Sosroningrat, putra dari Pangeran Ario Tjondronegoro IV, seorang bangsawan yang menjabat sebagai bupati jepara. 

Di usia ke 20-an, Ra Kartini menaruh perhatiannya pada masalah - masalah sosial khususnya masalah sosial yang terjadi pada wanita yang ada di jawa, seperti wanita harus dipingit, tidak bebas dalam menuntuk ilmu atau belajar, serta adanya adat yang mengekang kebebasan perempuan. Menurutnya, seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum. 

Keprihatinan R.A kartini dituangkan kedalam tulisan dan surat-surat yang di krimkan kepada belanda dan media surat kabar. dalam surat - surat tersebut R.A kartini mengemukakan gagasan baru mengenai emansipasi atau persamaan hak wanita pribumi. Gagasan tersebut dianggap hal baru yang akan dapat merubah pola pikir masyarakat. Tidak hanya itu, tulisan-tulisan Kartini juga berisi tentang makna  peri kemanusiaan dan juga Nasionalisme, Kebijaksanaan dan Keindahan, dan Ketuhanan.

Tulisan dan surat - surat R.A Kartini kemudian mendapat perhatian dari berbagai macam kalangan dari seluruh dunia. Terdapat beberapa pihak yang kemudian mengumpulkan surat dan tulisan kartini yang di susun kemudian menjadi beberapa buku yang diantara adalah sebagai berikut:

1. Habis Gelap Terbitlah Terang

2. Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya

3. Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900-1904

4. Panggil Aku Kartini Saja (Karya Pramoedya Ananta Toer)

5. Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminya

6. Aku Mau ... Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903.

Gagasan R.A kartini telah merubah pola fikir masyarakat khusunya masalah emansipasi atau persamaan hak wanita pribumi. Seiring dengan perubahan pola fikir masyarakat tentang persamaan hak wanita, mulai sejak itu wanita banyak yang mendapatkan perlakuan yang baik layaknya kaum laki - laki. dan sudah sepantasnya R.A kartini mendapatkan julukan sebagai pahlawan emansipasi wanita indonesia. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Contoh Teks BIOGRAFI Lengkap dengan Pengertian, Ciri, Jenis, dan Strukturnya yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. Semoga bermanfaat dalam penyusunan makalah Teks Biografi anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.


Lihat Juga