Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap dengan Waktu Pelaksanaannya

Pengertian puasa arafah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari ke-9 pada bulan dzulhijah yang digunakan sebagai media untuk menuntun para hamba allah kepada drajat yang lebih baik disisi allah swt. Puasa sunnah yang sangat istimewa ini, momentumnya bersamaan dengan saudara - saudara kita yang sedang menjalankan ibadah haji di makkah, berupa wukuf di padang arafah. Dengan demikian, bagi kita yang tidak melaksanakan ibadah haji, akan terlibat secara psikis dengan cara menjalankan ibadah puasa sunnah ini.
Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap dengan Waktu Pelaksanaannya

NIAT PUASA ARAFAH

Niat Puasa Arafa dalam Bahasa arab

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةََ سُنةً لله تَعَالَىَ

Jika temen - teman merasa kesusahan dalam membaca tulisan arabnya, teman- teman bisa baca tulisan latin -nya seperti ini: "Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta'ala"

Arti Terjemahan Niat Puasa Arafah dalam Bahasa Indonesia:
Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta'ala
Sebagian dari kita, mungkin telah pernah berkunjung ke Mekah. betapa menakjubkan saat-saat kita berada di hamparan Padang Arafah menyaksikan berjuta jamaah haji yang berkumpul di tempat suci itu, yang terdiri atas berbagai negara dan keturunan, wukuf di padang Arafah merupakan salah satu rukun haji yang paling penting. bahkan ibadah ini merupakan rukun dan Puncak manasik (ibadah haji). itulah salah satu momen yang terkait dengan puasa Arafah ini.

Sebagaimana diketahui dan telah menjadi tuntunan, pada tanggal 8 Dzulhijjah, semua jamaah bersiap-siap untuk berbondong-bondong mengunjungi pada Arofah. Semua jamaah haji hanya menggunakan pakaian ihram, bagaikan sehelai kain kafan. Mereka melepaskan segala pakaian kemewahan duniawi yang selama ini menjadi sumber dan simbol kesombongan bagi seseorang. mereka tinggalkan segala kedudukan dan jabatan, Suka tidak suka, karena demikian syariat yang harus diikuti oleh semua jamaah haji, syariat yang dicontohkan oleh rasulullah s.a.w.

Vidio Puasa Arafah


WAKTU MELAKSANAKAN PUASA ARAFAH

Setiap kita tidak akan pernah jauh dari kesalahan dan dosa, baik yang disengaja maupun tidak. semua berjalan seolah-olah tanpa kita sadari, hingga akhirnya perjalanan umur kita semakin berkurang. itu artinya kesempatan untuk memperbaiki dan kembali kepada Allah SWT semakin sempit. maka dengan kehendak dan kebijakan Allah SWT, selalu memberikan berbagai cara sebagai penebus atau penghapus dosa tersebut, sirna, dan hilang sama sekali dari diri seorang anak manusia.

Salah satu amal Shalih yang bisa menghapus dosa adalah amal puasa. sebab puasa yang dilakukan oleh seorang hamba dapat mengurangi dan menghilangkan berbagai macam nafsu yang beragam. sehingga puasa dapat mempersempit gerak langkah setan yang mengalir begitu cepatnya, bagaikan darah yang mengalir di dalam tubuh manusia.

Diantara puasa yang dapat menghapus dosa adalah puasa hari Arafah puasa ini dilakukan pada hari yang amat Agung dengan keagungan hari tersebut, puasa di hari Arafah ini juga penuh dengan keagungan.Puasa hari Arafah ini dilaksanakan pada tanggal sembilan Dzulhijjah,  seiring dengan berkumpulnya seluruh jamaah haji atau wukuf di Padang Arafah Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah s a w.
Aku berharap kepada Allah agar puasa hari Arafah dapat menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya (HR. Muslim)

Puasa Arafah ini disunnahkan bagi umat Islam yang tidak melakukan ibadah haji, sebagaimana dicontohkan oleh rasulullah saw. sedangkan bagi mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji, tidak dianjurkan berpuasa. sebab saat melaksanakan wuku ini ,mereka sangat memerlukan stamina yang prima dan stabil, sehingga dapat memperbanyak ibadah, dzikir, dan doa secara optimal.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap dengan Waktu Pelaksanaannya yang kami rangkum dari satu sumber di bawah ini. semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.

SUMBER: Hasan, Ali. 2013. Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah Sepanjang Masa.Sabil; Yogyakarta.