Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Agama Sebagai Sumber Moral Bagi Kehidupan Manusia

Manusia sangat memerlukan akhlak atau moral, Karena moral begitu penting dalam kehidupan. moral adalah mustika hidup yang membedakan manusia dan hewan. manusia tanpa moral pada hakekatnya adalah binatang. dan manusia yang membinatang ini sangat berbahaya. Ia akan lebih jahat dan lebih buas daripada binatang buas itu sendiri.

Agama Sebagai Sumber Moral Bagi Kehidupan Manusia

Tanpa moral, kehidupan akan kacau balau tidak saja kehidupan perseorangan tetapi juga kehidupan masyarakat dan negara, karena orang sudah tidak peduli lagi tentang baik buruk atau halal dan haram. kalo halal haram tidak lagi dihiraukan, ini namanya sudah machiavellisme. machiavellisme adalah Doktrin machiavelli "Tujuan menghalalkan cara". Kalau ini yang terjadi, bisa saja Kemudian bangsa dan negara hancur binasa, seperti diungkapkan Ahmad Syauqi bek, penyair Mesir (w.1868) Dalam sebuah syairnya :"Keberadaan suatu bangsa ditentukan oleh akhlak jika alat mereka telah menyatakan lenyap pulalah bangsa itu".

Kebenaran ucapan Ahmad Sauki ini telah berulang kali terbukti dalam sejarah. karena hancurnya moral lah maka menjadi hancur berbagai umat di masa nabi-nabi terdahulu contohnya seperti kaum Ad (umat Nabi Hud), kaum tsamud (umat Nabi Shaleh) penduduk Sodom (umat Nabi Luth), penduduk madyan (umat Nabi Yusuf) dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan seringkali perasaan ilmu kemajuan ilmu dan teknologi mendorong manusia kepada kebiadaban demikian dikatakan oleh Prof.Dr.Alexis Carrel, seorang sarjana Amerika penerima hadiah Nobel 1948 (idris 1979)

Sekarang dimana moral yang sangat penting bagi manusia ini dapat diperoleh? Moral dapat digali dan diperoleh dalam agama, karena agama adalah sumber moral, pesan moral paling tangguh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam diutus tidak lain juga untuk membawa misi moral, yaitu untuk menyempurnakan Akhlak Yang Mulia.


W.M. Dixon dalam The Human Situation menulis:" sekurang-kurangnya kita boleh percaya bahwa agama yang benar ataupun salah dengan ajarannya percaya kepada Tuhan dan kehidupan akhirat yang akan datang secara keseluruhannya kalau tidak satu-satunya merupakan dasar yang paling kuat bagi moral".

Dari tulisan Dixon di atas ini dapat diketahui bahwa agama merupakan sumber dan dasar (paling kuat) bagi moral. Karena agama mengajarkan kepercayaan kepada tuhan dan kehidupan akhirat. Pendapat desain ini memang betul kalau seseorang percaya  bahwa Tuhan itu ada dan Tuhan yang ada itu maha mengetahui segala tingkah laku manusia yang kemudian memberikan balasan kepada setiap orang sesuai dengan amal yang dikerjakan, maka keimanan seperti ini merupakan sumber yang tidak akan pernah kering keringnya bagi moral. Itulah sebabnya Rasulullah SAW menegaskan: "Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah yang paling baik akhlaknya" (H.R. Tirmidzi)

Agama sebagai sumber moral tidak hanya karena agama mengajarkan iman kepada Tuhan dan kehidupan akhirat melainkan juga karena adanya perintah dan adanya larangan dalam agama. Agama sesungguhnya adalah himpunan perintah dan larangan Tuhan. Adalah kewajiban manusia untuk taat terhadap semua perintah dan larangan Tuhan ini. Dari sinilah kemudian juga lahir moral. Sebab apa yang diperintahkan oleh Tuhan selalu yang baik-baik dan apa yang dilarangnya selalu yang buru-buru.

Dapat disimpulkan bahwa pentingnya agama dalam kehidupan disebabkan oleh sangat diperlukan nya mural oleh manusia, padahal moral bersumber dari agama. Agama menjadi sumber moral, karena agama mengajarkan iman kepada Tuhan dan kehidupan akhirat, serta karena adanya perintah dan larangan dalam agama.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Agama Sebagai Sumber Moral Bagi Kehidupan Manusia yang kami rangkum dari buku bacaan kami. Semoga bermanfaat bagi pembuatan makalah anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 
Sumber:Zaimina, B.A, dan Afif, U. 2014. Buku Pedoman Pendidikan Agama Islam (PAI) Politeknik Negeri Jember. Absolute Media; Yogyakarta