Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

7 Contoh TEKS EKSPLANASI Tentang Bencana Alam ( Banjir, Gempa Bumi, Tsunami) TERBARU

Sebelum kita memahami contoh teks eksplanasi, hendaknya kita memahami dulu Apa pengertian dari teks eksplanasi itu sendiri ? Pengertian Teks eksplanasi adalah jenis naskah atau tulisan yang berupa teks yang dapat digunakan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya suatu fenomena alam atau fenomena sosial (Object). Dengan menggunakan teks eksplanasi kita dapat menjelaskan terjadinya suatu fenomena baik itu fenomena alam ataupun fenomena sosial dengan sejelas-jelasnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur dan Cirinya

#3 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam Beserta Strukturnya [Lengkap]

Dalam membuat teks eksplanasi terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penulis. Pertama adalah kejujuran, Mengapa demikian? Karena teks eksplanasi dibuat berdasarkan fenomena alam atau sosial yang ada dan nyata, bukan di ada-ada.  Yang kedua, teks eksplanasi yang dibuat oleh penulis haruslah mudah untuk dipahami.  Untuk membuat teks eksplanasi yang mudah dipahami oleh pembaca penulis harus dapat menggunakan diksi atau pilihan kata yang tepat,  membuat kalimat yang efektif, menggunakan struktur paragraf yang sesuai dengan kaidah, dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat mempengaruhi pembuatan teks eksplanasi agar dapat mudah dipahami.

Fenomena fenomena yang paling banyak ditulis menggunakan teks eksplanasi adalah hal tentang peristiwa alam. Hal tersebut dikarenakan Peristiwa alam adalah objek unik, menarik, dan mudah untuk dideskripsikan. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk menulis teks eksplanasi dengan objek selain dari peristiwa alam. Namun pada kesempatan kali ini, kami hanya memberikan beberapa contoh teks eksplanasi menjelaskan tentang peristiwa alam. Berikut adalah contoh teks eksplanasi lengkap dengan strukturnya :

#1. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam Banjir

Pernyataan umum (Pembuka)
Banjir adalah Banjir merupakan salah satu jenis bencana alam yang kerap terjadi di musim hujan. Banjir menimbulkan dampak negatif dalam keberlangsungan hidup manusia seperti kerusakan, gangguan kesehatan dan lain sebagainya. Lagi merupakan proses terjadinya luapan air akibat sungai yang tidak mampu lagi menampung volume air yang terlalu tinggi. Peristiwa meluapnya air tersebut kemudian  memasuki kawasan Pemukiman yang dihuni oleh manusia yang berada di dekat sungai.  Akibat dari luapan air tersebut adalah merusak harta benda, ternak, tanaman, serta kondisi pemukiman manusia yang ada di sekitar sungai.


Deretan penjelasan (Isi)
Penyebab terjadinya banjir yang utama adalah berasal dari curah hujan yang tinggi yang kemudian menjadi luapan air atau banjir.  Curah hujan yang tinggi mengakibatkan saluran penampungan air tidak mampu menampung volume air yang terlalu tinggi dan berlebihan. Kemudian kelebihan air yang tidak mampu di tampung oleh sungai, meluap ke permukaan - permukaan yang berada di sekitar sungai termasuk pemukiman - pemukiman manusia. Hal tersebut diperparah dengan semakin memburuknya kondisi saluran air ( Rusak atau tidak lancar). Semakin rusak saluran air, menyebabkan semakin sedikit volume air yang di tampung, kemudian menjadi sumber terjadinya banjir di musim hujan.

Penyebab kedua yaitu penebangan hutan secara liar tanpa memikirkan dampak yang akan ditimbulkan seperti banjir. Hutan memiliki fungsi sebagai daerah resapan air, menyimpan cadangan air yang berasal dari air hujan yang kemudian di salurkan ke pumikiman warga untuk lebih di manfaatkan. Apabila hutan terus di tebangi tanpa adanya penanaman kembali, maka hutan akan kehilangan fungsinya dan kemudian berubah menjadi penyebab terjadinya banjir. Tidak hanya banjir yang ditimbulkan akibat penebangan liar, namun juga tanah longsor.


Interpretasi (Penutup)
Sudah seharusnya manusia sadar akan lingkungan dan bersama - sama untuk menjaga kelestarian lingkuangan dalam rangka mencegah terjadinya bencana yang berdampak negatif bagi orang banyak. Kesadaran di mulai dari hal - hal yang kecil dan sederhana seperti tidak mengotori sungai dengan sampah, membersihkan lingkungan tempat tinggal dan sungai di sekitarnya, tidak mengeksploitasi hutan, dan lain sebagainya. Dengan melekuakan hal - hal tersebut sudah cukup memeberikan kontribusi dalam mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir.

Berikut adalah vidio tentang contoh teks eksplanasi tentang banjir yang kami sematkan dari youtube:



#2. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam Gempa Bumi

Pernyataan umum (Pembuka)
Bencana alam berupa goncangan atau getaran permukaan bumi yang disebabkan adanya pelepasan energi secara tiba - tiba. Pelepasan energi tersebut akan menciptakan Gelombang seismik atau rambatan energi yang disebabkan karena adanya gangguan di dalam kerak bumi. Peristiwa alam tersebut sering terjadi di daerah yang dikelilingi lautan luas dan juga daerah yang berada di sekita gurung berapi.


Deretan penjelasan (Isi)
Penyebab terjadinya gempa bumi biasanya adalah adanya pergeseran kerak bumi dan letusan gurung berapi yang dahsyat. Gempa bumi umumnya terjadi dalam waktu yang singkat namun memiliki dampak yang begitu hebat. Semakin besar getaran gempa yang ditimbulkan, maka semakin luas rambatan dari getaran gempa tersebut. Gempa dengan sekala yang besar mampu menimbulkan getaran yang dapat menuju kesegala arah yang kemudian mengakibatkan timbulnya banyak korban jiwa, kerusakan bangunan, tanah longsor, dan lain sebagainya. 

Terdapat dua jenis gempa jika kita tinjau dari segi penyebab terjadinya, yaitu gempa Vulkanik. dan gempa Tektonik. Gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang dahsyat yang menimbulkan getaran atau gempa dengan sekala besar. Gempa vulkanik tidak akan terjadi jika ada gunung yang meletus. Sedangkan gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan adanya pergeseran kerak bumi, atau kerak (lapisan) bumi yang menjadi lunak sehingga menimbulkan adanya pergerakan. Hal tersebut terjadi karena bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan. Lapisan - lapisan tersebut bergerak sangat perlahan sehingga terpecah - pecah dan bertabrakan satu sama lain (Teori Tektonik Plate). Hal itulah yang menyebabkan gempa bumi terjadi.


Interpretasi (Penutup)
Gempa bumi data terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal adanya perubahan musim. Konsentrasi gempa sangat tergantung dimana lokasi gempa tersebut terjadi yang di pengaruhi oleh kondisi lapisan bumi itu sendiri seperti pada batas PLAT PASIFIK. Tempat tersebut umumnya dikenal dengan lingkaran api. Hal tersebut dikarenakan Plat Pasifik di kelilingi oleh gunung - gunung berapi yang masih aktif.


Berikut adalah vidio tentang contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi yang kami sematkan dari youtube:

#3. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Becana Alam Tsunami

Pernyataan umum (Pembuka)
Tsunami adalah salah satu jenis bencana alam berupa gelombang laut dengan intensitas yang tinggi dan menerjang daerah - daerah yang berada di sekitar pantai. Tsunami mengakibatkan banyak korban jiwa, kerusakan bangunan, dan lain sebagainya. Penyabab terjadinya tsunami adalah gempa atau gunung meletus yang ada di tengah laut.


Deretan penjelasan (Isi)
Adanya aktivitas gempa atau adanya letusan gunung merapi di bawah laut mengakibatkan gelombang laut besar yang melesat dengan cepat menyapu wilayah pantai secara tiba - tiba. Gelombang tsunami terbentuk pada saat dasar laut permukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa. Pada saat itu juga keseimbangan air laut tergangu. Sesaat setelah terjadinya gempa di dasar laut, air laut akan mulai menyurut, kemudian kembali lagi menuju arah daratan dengan membentuk gelombang laut dengan intensitas tinggi (Gelombang Besar). Penyebab lain terjadinya tsunami adalah gunung berapi yang meletus di dasar laut. Semakin besar intensitas gelombang laut (ombak), maka akan semakin besar pula tingkat kerusakan yang ditimbulkannya. 


Interpretasi (Penutup)
Bencana alam seperti tsunami memiliki dampak yang bergitu besar bagi keberlangsungan hidup manusia. Dampak terbesar tsunami terjadi saat gelombang laut menghantam pemukiman warga sehingga menghancurkan, menenggelamkan, merobohkan, membunuh, dsb apa - apa saja yang di lewatinya. Oleh karena itu, Kita semua harus tetap waspada akan terjadinya bencana tsunami.


Berikut adalah vidio tentang contoh teks eksplanasi tentang tsunami yang kami sematkan dari youtube:
----------------------------------------------------------------------

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan #3 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam Beserta Strukturnya [Lengkap] yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. Semoga bermanfaat bagi makalah teks eksplanasi anda dan terima kasih telah berkunjung .


Lihat Juga

Teks Eksposisi /Teks Eksplanasi /Teks Prosedur /Teks Negosiasi /Teks Anekdot /Teks Berita /Teks Biografi