Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama Hingga Generasi Kelima Lengkap

Jaman revolusi industri yang banyak penemuan mesin - mesin melahirkan jaman industri. Jaman penemuan komputen melahirkan jaman informasi. Jaman informasi ini terus berkembangan dengan pesat, oleh karena itu kita perlu mengikutinya dengan cermat agar tidak menjadi terbelakang. yang di maksud terbelakang bukan karena kita mengalami kemunduran, melainkan karena kita berjalan tidak cukup cepat untuk dapat mengikuti kemajuan jaman. 

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama Hingga Generasi Kelima Lengkap

Ilmu komputer di bidang perangkat keras adalah ilmu komputer yang mengembangkan mesin - mesinnya, merancang dan membuat rangkaian - rangkaian elektroniknya, mencari dan menemukan bahan - bahan pembuat komputer yang efisien. Misalnya pada teknologi ditemukan baha semikonduktor yang dapat dibuat menjadi transistor, yaitu suatu alat yang cara kerjanya sama dengan tabung hampa, tetapi secara fisik jauh lebih kecil dan mempunyai daya listrik yang jauh lebih hemat. 

Dewasa ini, transistor sudah menjadi barang kuno setalah ditemukannya suatu sistem yang jauh lebih efisie. Sebuah barang yang hanya berukuran 2 x 1 cm, dan terdiri atas ribuan komponen elektronika yang tersusun dalam untai yang terintegrasi. Dengan demikian fisik komputer terus menjadi semakin kecilm tetapi kemampuan semakin meningkat.

Komputer pada Generasi Pertama

Eniac (Electronic Numerical Integrator And Computer) adalah awal kelahiran komputen elektronik generasi pertama. Ciri - cirinya adalah untai elektroniknya menggunakan tabung hampa. Oleh karena itu ukuran fisiknya pun raksasa. Sewaktu kelahirannya, kemampuan ENIAC hanya dapat melakukan 300 operasi perkalian tiap detik. Memorinya pun kecil, hanya sekitar 10 kli byte = 10240 byte. Hal tersebut dikarenakan satu kilo byte sama dengan 1024 byet. 

Komputer pada Generasi Kedua

kelahiran komputer generasi kedua, diawali dengan penumuan semi konduktor. Semi konduktor adalah bahan suatu bahan yang bersifat sebagai bahan penghantar arus listrik. Sebagai penghantar kemampuannya tidak sebaik tembaga misalnya tetapi lebih baik dari pada kayu yang bersifat bukan penghantar.

Bahan semi konduktor ini ternyata dapat di gunakan untuk membuat suatu alat yang bernama transistor. Alat ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan tabung hampa, sehingga dapat digunakan untuk mengganti fungsi tabung hampa. Dengan demikian maka komponen - komponen komputer yang mulanya dibuat dengan menggunakan tabung hampa, sekrang dapat di gantikan dengan transistor. Kelebihan transistor dibanding dengan tabung hampa adalah fisiknya jauh lebih kecil dan kemampuan kinerja lebih efisien karena energi yang digunakan lebih sedikit. 

Transistor ditemukan di Bell Laboratories pada tahun 1947 oleh Jhon Barden, William Shocklley dan Walter Bratain. Shockley membuat perusahaan yang diberi nama Sockley Semiconductor pada tahun 1955. Perusahaan ini berlokasi di Palo Alto California. Kemudian beberpa pegawai perusahaan Shockley membuat perusahaan baru yang bernama Fairchild Semiconductor, dan selanjutnya beberapa pegawai Fairchild juga membuat perusahaan baru yang menjadi sangat terkenal hingga saat ini yang kita kenal dengan Intel Corporation. Karena terdapat banyak perusahaan semi konduktor yang berlokasi di dekat perusahaan Shockley tersebut, yaitu di Palo Alto, Lembah Santra Clara California Amerika Serikat, maka daerah tersebut terkenal dengan nama Lembah Silicon  

Komputer pada Generasi Ketiga

Kelahiran komputer generasi ketiga ditandai dengan berkembangan teknologi pembuatan untaian terpadu IC (Integrated Circuit). Komputer pada generasi ini sudah mampu melaksanakan satu juta operasi pertambahan di setiap detiknya. Memorinya pun sudah mencapai jutaan byte. Pada tahun 1970 komputer generasi ini sudah dapat dibeli dipasaran, antara lain IBM 360, IBM 370, UNIVAC 90/30, dan lain sebagainya. Pada saat ini perangkat lunak juga terus berkembang. Teknik - teknik pemrogaman jamak (multi progamming) juga mulai dikembangkan.

Komputer pada Generasi Keempat

Pengembangan yang terus menerus dari komputer oleh para ahli menghasilkan kemajuan - kemajuan yang sangat luar biasa. Ukuran fisik menjadi semakin kecil, karena sekarang untari terpadu digabung dengan untai terpadu yang lain dan dibuat menjadi sebuah untai terpadu skala besar yang lebih pada lagi, dan di kenal dengan VLSI (Very Large Scale Integration). Kecapatannya semakin bertambah, memorinya semakin besar, dan harganya pun semakin murah. Komputer generasi keempat mulai berkembang sekitar tahun 1975 an. Komputer - komputer generasi keempat yang lama antara lain IBM 4xx, UNIVAC 11xx dan lain - lainnya. 

Komputer pada Generasi Kelima

Komputer dari generasi pertama hingga generai keempat kesemuanya masih menggunakan konsepsi yang sama, yatu dikembangkan oleh Von Neuman. Pada komputer generasi kelima akan dipakai konsepsi yang lebih baru. 

Ciri - ciri komputer generasi kelima sudah bukan lagi berupa peningkatan kecepatan proses dan penambahan memori. Komputer generasi kelima di harapkan merupakan komputer yang mempunyai kemampuan lebih baik dar pada sebelumnya. Komputer ini nanti akan mempunyai kepandaian yang menyerupai kepandaian manusia. Thinking to correct a fatality without human. 

Super Komputer

Super komputer adalah sebutan untuk jenis komputer tercepat yang dapat diperoleh pada masa kini. Super komputer belum dapat digolongkan sebagai komputer generasi kelima, tetapi sudah lebih maju dari pada komputer generasi keempat biasa. 

Salah satu perbedaan super komputer dengan komputer generasi keempat biasa yaitu super komputer bekerja dengan menggunakan vektor prosesor, sedangkan komputer biasa hanya bekerja dengan menggunakan sebuah prosesor sebagai pengendalinya. 

Menggunakan beberapa buah prosesor yang dapat bekerja sama secara pararel dalam suatu sistem yang dinamakan vektor prosesor. Oleh karena itu super komputer dapat bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi, yaitu sekitar satu milyar operasi perdetik. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama Hingga Generasi Ke Lima Lengkap yang kami rangkum dari berbagai macam literatur dan juga bahan kuliah yang di sediakan oleh bapak julian adam. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.