Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Tulang Manusia Lengkap dengan Jenis, dan Bentuknya

Pengertian Tulang adalah alat gerak pasif karena digerakkan oleh otot. Akan tetapi tulang tetap mempunyai peranan penting karena gerak tidak akan terjadi tanpa adanya tulang. Tulang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matrix kolagen ekstraselular (type I collagen) yang disebut sebagai osteoid. Terdapat berbagai macam jenis  dan berbagai macam bentuk tulang yang kami uraikan seperti di bawah ini.

Pengertian Tulang Lengkap dengan Jenis, dan Bentuknya

#1.Jenis tulang

a. Tulang rawan (kartilago)

letak tulang rawan
Gambar letak tulang rawan
Tulang rawan bersifat ringkas dan lentur serta terdiri atas sel-sel rawan yang dapat menghasilkan matriks berupa kondrin. Pada anak-anak jaringan tulang rawan banyak mengandung sel. Pada orang dewasa jaringan tulang rawan banyak mengandung matriks. Pada orang dewasa tulang rawan hanya terdapat pada beberapa tempat, misalnya cuping hidung, cuping telinga, antara tulang rusuk dan tulang dada, sendi-sendi tulang, antar ruas tulang belakang, dan pada Cakra epifisis. Tulang rawan pada orang dewasa dibentuk oleh selaput tulang rawan (perikondrium) yang mengandung sel-sel pembentuk tulang rawan (kondroblas). letak tulang rawan pada tubuh manusia dapat dilihat pada gambar di samping ini. Tulang rawan ada tiga tipe yaitu tulang rawan hialin elastis dan serat.

b. Tulang keras (Osteon)

Tulang bersifat keras dan berfungsi menyusun berbagai sistem gerak tulang tersusun atas bagian-bagian sebagai berikut:
1. Osteoblas adalah sel tulang muda yang membentuk osteosit.
2. Osteosit adalah sel-sel tulang dewasa.
3. osteoprogenitor adalah Sel khusus yaitu derivat mesenkim yang memiliki potensi mitosis yang mampu berdiferensiasi menjadi osteoblas. Osteoporosis narator terdapat di bagian luar membran (periosteum).
4. Osteoklas adalah sel sel berkembang dari monosit dan terdapat di sekitar pembukaan tulang. fungsi osteoklas adalah untuk perkembangan pemeliharaan, perawatan, dan perbaikan tulang.

#2. Pembentukan tulang

Proses pembentukan tulang disebut osifikasi. Pembentukan tulang terjadi segera setelah terbentuk tulang rawan ( kartilago). kartilago dihasilkan dari sel sel mesenkim. setelah kartilago terbentuk bagian dalamnya akan berongga dan berisi osteoblas. Osteoblas juga menempati seluruh jaringan dan membentuk sel-sel tulang.

sistem Havers
Gabar Sistem Havers
Sel-sel tulang dibentuk terutama dari arah dalam keluar, atau proses pembentukannya konsentris.  Tiap satuan sel tulang mengelilingi suatu pembuluh darah dan saraf membentuk suatu sistem yang disebut sistem Havers. Lihat pada gambar di samping kanan.


Di sekeliling sel-sel tulang membentuk senyawa protein yang akan menjadi matriks tulang di dalam senyawa protein ini terdapat kapur dan fosfor sehingga matriks tulang akan mengeras proses penulangan disebut osifikasi. hal tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Proses Osifikasi
Gambar Proses Osifikasi
Berdasarkan matriksnya, jaringan tulang dibedakan menjadi dua macam, yaitu tulang kompak dan tulang spons. tulang kompak adalah tulang dengan matriks yang padat dan rapat, misalnya tulang pipa. tulang spons adalah tulang yang matriksnya berongga misalnya tulang pipih dan tulang tulang pendek.

#3. Bentuk tulang

Berdasarkan bentuknya, terdapat tiga macam bentuk utama tulang yang menyusun rangka tubuh, yaitu tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek. Selain itu ada pula tulang tak berbentuk.

a. Tulang pipa (tulang panjang)

Tulang Panjang
Gambar Tulang Panjang
Tulang pipa berbentuk tabung dan pada umumnya berongga. di ujung tulang pipa terjadi perluasan yang berfungsi untuk berhubungan dengan tulang lain. Contoh tulang pipa adalah tulang betis, tulang kering, tulang hasta, dan tulang pengumpil. tulang pipa terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian tengah disebut  diafisis,  kedua ujung disebut epifisis, dan antara epifisis dan diafisis disebut Cakra epifisis.  Pada anak-anak Cakra epifisis berupa kartilago yang mengandung osteoblas dan pada orang dewasa yang sudah tidak bertambah tinggi lagi Cakra epifisis sudah mengulang. osteoblas menempati rongga yang disebut rongga sumsum tulang. di dalam tulang pipa terdapat osteoklas.  Hal tersebut dapat dilihat pada gambar di samping ini.

b. Tulang Pipih

Tulang pipih tersusun atas dua lempengan tulang kompak dan tulang spons, didalamnya terdapat sumsum tulang. kebanyakan tulang pipih menyusun dinding rongga, sehingga tulang pipi ini sering berfungsi sebagai pelindung atau untuk memperkuat. contohnya adalah tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang tengkorak.

c.Tulang Pendek

Tulang pendek berbentuk kubus dan terdapat pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

d. Tulang Tak Terbentuk

Tulang tak berbentuk memiliki bentuk yang tak tertentu. tulang ini terdapat di wajah, tulang belakang, dan tulang pinggul.

#4. Fungsi Tulang

Tulang-tulang pada manusia, selain menyusun rangka, juga memiliki fungsi yang lain. fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

Memberi bentuk tubuh
Melindungi Alat tubuh yang vital
Menahan dan menegakkan tubuh
Tempat perlekatan otot
Tempat menyimpan mineral terutama kalsium dan fosfor
Tempat pembentukan sel darah
Tempat menyimpan energi yaitu berupa lemak yang tersimpan di sumsum kuning tulang

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Tulang Lengkap dengan Jenis, dan Bentuknya yang kami rangkum dari satu sumber. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Sumber : Pratiwi D.A, et.al. 2006. Biologi Sma Jilid 2 untuk Kelas XI. Jakarta; Erlangga