Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Memahami GRAFIK (Pengertian, Macam - Macam, Contoh, Cara Membuat)

Pengertian grafik adalah suatu sajian visualisasi yang menggambarkan sebuah distribusi atau kombinasi data yang memiliki hubungan atau tidak memiliki hubungan antara satu dengan yang lain. Grafik digunakan untuk memberikan pemahaman atau memudahkan para pembaca dalam memahami setiap distribusi dan kombinasi data - data yang ada.  


Memahami GRAFIK (Pengertian, Macam - Macam, Contoh, Cara Membuat)

Terdapat beberapa pengertian lain tentang grafik. pengertian lain grafik adalah sajian visualisasi dari sebuah data yang tersedia dalam bentuk tabel sistematis, dimana data dalam tabel tersebut dapat berupa huruf, angka, simbol, perkataan, gambaran, dan Lambang yang kemudian di visualisasikan atau di sajikan kedalam sebuah media (grafik) yang berguna untuk memberikan konsep maupun ide bagi para pembaca media (grafik) tersebut . 

Grafik juga dikenal sebagai suatu media yang dapat digunakan untuk memberikan objek visualisasi tabel kepada para pembaca. Objek visualisasi tabel tersebut di dasarkan atas data yang berupa angka, huruf, lambang, dsb yang kemudian disajikan kedalam bentuk gambar grafik, baik itu gambar grafik garis, lingkaran, batang, dan lain sebagainya. 


Cara Membuat Grafik

Terdapat beberapa alasan mengapa kita harus membuat grafik, pertama untuk visualisasi data, kedua untuk mengkombinasikan data, ketida untuk memudahkan para pembaca data. Nah terkait dengan ketiga hal tersebut. disini penulis ingin berbagi bagaimana cara membuat grafik di excel, Berikut adalah tahapan pembuatannya.

#1. Persiapkan Aplikasi Microsoft Excel dan Datanya
Untuk mendapatkan aplikasi excel ini, silahkan anda bisa mendownload satu paket miscrosoft office langsung di website resmi microsoft. Lalu setelah siap dan terinstal, buka aplikasi excel dan isikan data sesuai dengan yang anda butuhkan di dalah sheet masing - masing.
Persiapkan Aplikasi Microsoft Excel dan Datanya


#2. Blok Semua data dan Klik Insert
Kedua anda harus mengeblok semua data serta veriabel yang akan digunakan dalam sebuah grafik. dan Kemudian diatas pilih menu insert dan kemudian pilih menu chart
Blok Semua data dan Klik Insert

#3. Pilih Chat Sesuai Selera Anda
Terdapat berbagai macam chart / grafik yang dapat anda gunakan yang di sedikan oleh micosoft. namun pada kesempatan kali ini kami hanya menggunakan chart coloumn. Untuk yang lain silahkan anda coba.
Pilih Chat Sesuai Selera Anda


Macam - Macam Grafik Beserta Contohnya

Terdapat beberapa jenis atau macam grafik yang dapat kita gunakan dan kita sesuaikan dengan kebutuhan kita dalam menyajikan data . Secara umum, grafik terbagi menjadi tiga, yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran. Berikut adalah penjalasan singkat dari macam jenis grafik dan contohnya :

#1. Grafik Batang
Grafik Batang adalah visualisasi data dalam bentuk batang. Sebuatan lain dari grafik batang adalah histogram. Grafik yang satu ini dianggap grafik yang paling mudah dan paling sederhana jika di bandingkan dengan grafik - grafik yang lainnya. Grafik batang  dapat digunakan untuk menunjukkan adanya tingkat perbedaan nilai dari beberapa variabel pada suatu kombinasi atau distribusi data. Contoh grafik batang adalah sebagai berikut :
Grafik Batang



#2. Grafik Garis
Pengertian dari grafik garis adalah visualisasi data dengan menggunakan kurva - kurva atau garis garis yang di batasi oleh dua sumbu utama yaitu sumbu x(horizontal) dan sumbu y (vertikal). dan grafik garis itu sendiri sering digunakan untuk memberikan gambaran tentang adanya suatu perkembangan atau perubahan dari waktu ke wakyu (bersifat time series). Contoh dari grafik garis adalah sebagai berikut :
grafik garis



#3. Grafik Lingkaran
Berbeda dengan kedua grafik diatas, grafik lingkaran adalah visualisasi data dengan munggunakan lingkaran. Grafik lingkaran ini menggambarkan prosentase nilai total dan nilai sub total dari setiap variabel yang ada. Dalam menentukan prosesntasi nilai sub total dapat dilakukan dengan cara menjumlah total sub kelompok di bagi dengan jumlah total sluruh data di kali 100%. Nah, Contoh dari diagaram lingkaran tersebut adalah sebagai berikut :
Grafik Lingkaran


Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Memahami Grafik  (Pengertian, Macam - Macam, Contoh, Cara Membuat) yang kami rangkum dari berbagai macam literatur, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.