Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Masalah Sosial (Contoh, Macam, Pengertian, Faktor, Solusi)

Pengertian Masalah sosial adalah suatu fenomena yang terjadi akibat dari adanya kesenjangan antara antara fakta atau kenyataan dengan harapan yang diinginkan terkait dengan stuasi dan kondisi yang ada dengan situasi dan kondisi yang di harapkan dalam sebuah komunitas masyarakat. Masalah tersebut dipandang oleh sekelompok masyarakat sebagai suatu situasi dan kondisi yang tidak di harapkan dengan kata lain kesenjangan yang terjadi merupakan kesenjangan yang tidak diharapkan. 


Masalah Sosial (Contoh, Macam, Pengertian, Faktor, Solusi)

Pengertian masalah sosial yang lain menjelaskan bahwa masalah sosial adalah suatu ketidak sesuaian diantara unsu -  unsur yang berpengeruh terhadap keberlangsungan proses yang terjadi dalam masyarakat atau kebudayaan. Unsur - unsur tersebut dapat mempengaruhi atau dapat menimbulkan gejolak dalam masyarakat atau budaya ketika terjadi pertentangan, kontradiksi, kericuhan, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga akan menghambat dan mengganggu keharmonisan kehidupan dalam bermasyarakat.

Silahkan Pelajari Hal lain Terkait Masalah Sosial
Pengertian Kontak Sosial Lengkap dengan Contoh dan Macamnya
Memahami KELOMPOK SOSIAL Mulai Dari Pengertian, Ciri, Contoh
Pengertian Stratifikasi Sosial Lengkap dengan Jenis Stratifikasi Sosial
Pengertian Lembaga Sosial Lengkap dengan Contoh dan Fungsi Serta Macamnya


4 Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Permasalahan - permasalah terkait dengan sosial tidaklah terjadi begitu saja. tentunya terdapat berbagai macam faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Namun, berbabagai macam faktor penyebab terjadinya masalah sosial itu dapat digolongkan menjadi 4 faktor penting, yaitu ekonomi, budaya, biologis, dan psikologis. Berikut adalah uraian singkat dari keempat faktor penting tersebut . 

#1. Faktor Psikologis
Faktor psikologis atau faktor tinkah laku dari setiap individu atau kelompok masyarakat baik tingkah laku yang terbuka maupun tertutup dapat menyebabkan terjadinya masalah sosial. Pasalnya, setiap tindakan individu atau kelompok dapat menimbulkan efek terhadap kesenjangan situasi dan kondisi dalam masyarakat. Psikologis yang baik akan menimbulkan dampak yang baik, sebaliknya psikologis yang kurang baik akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi masyarakat. Hal tersebut juga dapat dikatakan sebagai masalah sosial. 

#2. Faktor Budaya
Budaya merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan terjadinya masalah sosial. Hal tersebut di karenakan budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Jika budaya yang di kembangkan adalah budaya yang positif maka akan memberikan kontribusi yang positif terhadap kehidupan bermasyarakat. Namun sebaliknya, jika cara hidup (budaya) yang berkembangan adalah cara hidup (budaya) yang negatif seperti nikah di usia dini, kenalakan remaja, dan lain sebagainya, maka akan berdampak buruk terhadap keberlansungan hidup bermasyarakat. 

#3. Faktor Ekonomi
Faktor ekonomi merupakan salah satu faktor yang dapat dijadikan acuan untuk menentukan maju tidaknya suatu masyarakat dalam suatu negara. Selain itu, faktor ini juga dapat mempengaruhi faktor - faktor lain seperti faktor psikologis, budaya, dan biologis. Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor ekonomi ini dapat berupa kemiskinan, pengangguran , dan lain sebagainya. ketika dalam komunitas masyarakat masalah - masalahg tersebut maka akan mengakibatkan sangat rentannya anggota masyarakat untuk melakukan tindakan krriminalitas dan kekurangan ekonomi dapat dijadikan suatu alasan atau pembenaran dalam melakukan tindakan tersebut.

#4. Faktor Biologis
Faktor biologis adalah faktor keempat yang menyebabkan terjadinya masalah sosial. Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor biologis dapat berupa kekuarangan gizi, penyakit yang menular, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh tidak tersedianya fasilitas kesehatan yang layak yang dapat diperoleh oleh masyarakat sehingga menimbulkan berbagai macam masalah - masalah kesehatan. Kondisi ekonomi juga dapat di kaitkan dengan hal tersebut, karena minimnya kondisi ekonomi akan mengakibatkan minimnya fasilitas kesehatan yang dapat diperoleh oleh masakat. 


Contoh dan Macam - Macam Masalah Sosial

Dalam kehidupan terdapat berbagai macam masalah sosial yang disebabkan oleh keempat faktor utama diatas. Masalah sosial akan dapat di rasakan oleh seluruh kalangan masyarakat jika terjad suatu gejolak. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh dan macam - macam masalah sosial sesuai dengan permasalah yang ada saat ini yang kami uraikan di bawah ini .

#1. Kemiskinan Individu atau Kelompok
Kemiskinan merupakan kondisi dimana individu atau kelompok tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuhan kebutuhan dasar, atau pun terbatasnya akses pekerjaan dan pendidikan yang tersedia. Oleh karena itu, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah diperlukan adanya akses yang mudah bagi individu atau kelompok dalam masyarakat untuk memperoleh pekerjaan dan pendidikan yang layak. 

#2. Masalah Sosial Tentang Pengangguran
Pengangguran merupakan kondisi individu masyarakat  yang belum mendapatkan kesempatakan untuk bekerja, namun sedang mencari pekerjaan. pengangguran dapat menjadikan masalah yang sangat kursial dalam kehidupan bermasyarakat. Pengangguran itu sendiri disebabkan oleh berbabai macam hal seperti Penduduk yang relatif banyak sedangkan lapangan kerja sedikit yang mengakibatkan permintaan tenaga kerja berkurang, Pendidikan dan keterampilan yang rendah sehingga tidak mampu bersaing dan tersisih, dan lain sebagainya. Oleh karena itu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah pemerintah perlu memberikan pendidikan dan keterampilan bagi setiap angkatan kerja dan juga pemerintah hendaknya memeberikan lapangan pekerjaan bagi para angkatan kerja.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Masalah Sosial (Contoh, Macam, Pengertian, Faktor, Solusi) yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.