Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Belajar Komputer (Pengertian, Perangkat, Komponen, Fungsi, Manfaat )

Pengertian komputer secara umum adalah suatu rangkaian elektronik terdiri dari ratusan bahkan milyaran komponen yang dapat saling bekerja sama, membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang bermanfaat sesuai dengan prosedur yang sudah dirumuskan. Prosedur merupakan perintah manusia yang di rumuskan kedalam komputer melalui bahasa pemograman.


Belajar Komputer (Pengertian, Perangkat, Komponen, Fungsi, Manfaat )


Baca Juga : Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama Hingga Generasi Kelima Lengkap

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Menurut Wiliam dan Sawyer
Wiliam dan Sawyer menjelaskan dalam bukunya bahwa komputer adalah sebuah mesin yang memiliki fungsi multiguna yang dapat di progam, menerima iput / masukan, dan juga dapat menjalankan proses atau bahkan mentransformasi ke dalam bentuk sebuah iformasi yang bermanfaat bagi user.

Menurut Elias M. Awad
Agak berbeda dengan pendapat ahli di atas, Elias M. Awad berpendapat bahwa komputer adalah sebuah alat hitung. Alat hitung yang dapat digunakan dalam pengolahan data menjadi suatu out put yang dapat diperlihatkan dalam bentuk out put data digital bahkan out put data analog. 

Menurut Wiliam M.Fuori
Pendapat ketiga tentang komputer yaitu oleh Wiliam M.Fuori. Dia berpendapat komputer ialah  sebuah alat yang dapat digunakan untuk melakukan proses pengolahan data yang dapat secara cepat melakukan perhitungan besar, seperti perhitungan aritmetika, dan juga operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia. Jadi Pendapat Wiliam M. Fuori ini lebih menekankan bahwa komputer sebagai alat hitung.  

Menurut Robert H. Blissmer 
Pendapat yang terkahir Robert H. Blissmer . dia juga berpendapat tentang pengertian komputer, dia menjelaskan bahwa komper ialah sebuah alat elektronik yang dilengkapi dengan berbagai kemampuan untuk menyelesaikan berbagai macam tugas juga. Kemampuan komputer diantaranya seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Pendapat ini bersifat lebih global, dan tidak spesifik terhadap suatu proses seperti perhitungan, namun lebih luas meliputi input hingga out put.


Perangkat yang ada Dalam Komputer

Komputer dalam melalkukan proses pengolahan data menjadi sebuah informasi membutuhkan beberapa perangkat yang harus ada dan beberapa perangkat pendukung. Perangkat yang ada dalam komputer terbagi menjadi tiga (3) yaitu perangkat keras ( (Hardware), perangkat lunak (Software), dan perangkat manusia (Brainware). Berikut adalah ulasan singkatnya:

#1. Perangkat Keras (Hardware)
Hardware adalah perangkat / peralatan fisik penyusun sebuah komputer. Peralatan fisik artinya peralatan tersebut dapat dilihat, di pegang, atau pun dapat di pindahkan. Perangkat keras ini harus ada dalam sebuah komputer, karena perangkat keras inilah yang dapat menyusun sistem komputer. Perangkat keras terbagi menjadi dua yaitu perangkat keras utama (perangkat yang harus ada) dan perangkat keras pembantu (perangkat yang tidak harus ada).

Perangkat Keras Utama
Unit Masukan
Unit Memori
Unit Pusat Pemrosesan
Unit Perhitungan dan Penalaran
Unit Keluaran

Perangkat Keras Pembantu
Unit Penyimpanan
Unit Komunikasi Data

#2. Perangkta Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah perintah - perintah yang diberikan kepada perangkat - perangkat keras supaya melakukan suatu pemrosesan data sesuai dengan perintah user. Oleh karena itu, semua jenis perintah yang diberikan olej user kepada perangkat keras dapat disebut dengan perangkat lunak atau software. Perangkat lunak dapat dikelompokkan menjadi dua bagian besar, yaitu perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi.

Perangkat lunak Sistem Operasi
Perangkat lunak Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang harus ada dalam komputer. Perangkat ini juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem komputer. Sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk mengktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada sistem komputer sehingga masing - masingnya dapat saing berkomunikasi. tanpa sistem operasi komputer tidak dapat berfungsi. Contoh sistem operasi adalah DOS, Unix, Linux, OS/2, Windows, Mac OS, dan lain sebagainya.

Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi sebenarnya tidak harus ada. Hany dengan perangkat lunak utama user sudah dapat menggunakan komputer dengan baik. Tetapi apabila perangkat lunak aplikasi ini ada, maka pekerjaan user akan jauh lebih efisien dan lebih efektif. 

#3. Perangkat Manusia
Perangkat manusia artinya user yang memberikan perintah kepada komputer untuk melakukan proses pengolahan data. Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah mesin, mesin yang dapat digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk dapat beker bekerja, mesin tersebut memerlukan adanya program dan yang memberikan perintah (user/manusia).


Komponen - Komponen Komputer

Komponen - komponen dalam komputer terdiri 7 unit penyusunnya. ketujuh unit tersebut tergolong kedalam unit perangkat keras dan unit perangkat bantu . Berikut adalah ketuju komponen komputer tersebut. 

#1. Unit Masukan
Unit masukan adalah bagian dari sistem komputer yang bertugas untuk menerima perintah maupun data dari luar dan selanjutnya masuk ke komputer. Unit masukan tidak hanya terdiri dari satu jenis alat saja, melainkan terdiri dari berbagai jenis alat. Alat -  alat tersebut meliputi :
Papan ketik (keyboard)
Pembaca kartu (card reader)
Pembaca dengan cahaya : OMR (optical mark reader)
Pena cahaya (Light pen): Scanner
Pembaca dengan media mekanis : Joystik mouse
Pembaca dengan media magnetis : Digitiger MICR (magenetic ink recognation)

#2. Memori
Dalam dunia komputer, memori sering disebut dengan RAM (random acces memory = pengikat akses acak). Memori disebut dengan istilah demikian karena memang data - data dapat ditulis maupun di baca pada lokasi dimana saja di dalam memori. Jenis memori yang lain adalah ROM (read only memory = pengikat hanya baca). Rom adalah memory yang hanya dapat di baca dan tidak dapat di tulisi.

Pengisian ROM dengan program maupun data dikerjakan oleh pabrik. Rom biasanya sudah di tulisi program maupun data oleh pabrik dengan tujuan - tujuan - khusus. Misalnya diisi penterjemah (interpreter) bahasa BASIC. Jadi Rom tidak termasuk sebagai memori yang dapat kita gunakan untuk program - progam yang kita buat. 

#3. Unit Pusat Pemrosesan
Sebutan lain yang sering di pakai untuk memberi nama alat ini adalah CPU (central prossesing unit), atau kadang - kadang disebut secara singkat : prosesor. Unit ini terdiri dari rangkaian - rangkaian elektronik yang rumit dan kompleks. Apabila suatu perintah diterima oleh unit ini, maka perintah itu akan diinterpretasikan, dipecahkan kode-kodenya. 

#4. Unit Perhitungan dan Penalaran
Unit perhitungan dan penalaran (Alu = Aritmathic and Logic Unit), biasanya sudah menjadi satu lempengan yang kompak dengan unit pusat pemrosesan, dan biasanya keduanya sekaligus disebut dengan istilah unit pusat pemrosesan. 

#5. Unit Keluaran
Unit keluaran ini adalah unit yang bertugas untuk mengeluarkan hasil - hasil olahan dari komputer ke media yang dapat di baca oleh user. Unit keluaran ini dapat berupa :
Layar tampilan (Vidio display monitor)
Pencetak (printer) : Dot matrix printer, Pencetak Laser
Penggambar (Plotter)
Penampilan dengan media suara.

#6. Unit Penyimpanan
Memori komputer yang biasany terbuat dari bahan semi konduktorm akan dapat bekerja sebagai pengingat selama listrik menyala. Tetapi apabila aliran listrik di padamkan maka semua data maupun program yang disimpan di dalamnya akan hilang. Supaya data atau progam tersebut tidak hilang maka perlu disimpan dalam suatu unit penyimpanan yang tidak akan rusak atau hilang ketika listrik padam. 

Unit yang dipakai untuk hal diatas biasanya bekerja secara magenetis, dan disebut unit penyimpanan magnetis. Tetapi tidak semua perangkat keras penyimpanan bekerja secara magnetis. Ada juga yang bekerja tidak secara magnetis, misalnya dalam kertas berlubang, ataupun secara optis. 

Dengan di simpan dalam unit penyimpanan ini, maka walaupun listrik mati, data maupun program yang sudah tersimpan tidak akan hilang, melainkan dapat di baca lagi pada kesempatan yang lain dan selanjutnya di olah. 

#7. Unit Komunikasi Data
Unit komunikasi data ini digunakan sebagai media komunikasi data antar komputer baik intranet maupun internet. pengertian Intranet adalah Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP). Sedangkan pengertian internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna (Sumber: wikipedia). 


Fungsi  dan Manfaat Komputer

Sejak komputer generasi pertama hingga generasi yang ada saat ini, spesfikasi dan kemampuan komputer itu sendiri terus berkembang. perkembangan tersebut di sesuaikan dengan kebutuhan kebutuhan dan keperluan para user. Berdasarkan semakin berkembangnya komputer tersebut, mengakibatkan komputer itu sendiri miliki berbagai macam fungsi. Berikut adalah beberapa fungsi dari komputer :

Sebagai sarana untuk berkomunikasi antara satu user dengan user yang lain
Sebagai sarana untuk informasi pendidikan (Info Beasiswa, artikel, karya ilmiah, dsb)
Sebagai sarana dalam memudahkan dalam dunia kerja
Sebagai sarana dalam berbisnis (Bisnis Online, Internet Marketing, Dsb)
Sebagai sarana Kesehatan (Bpjs, Askes, Dsb)
Sebagai sarana Keamanan
Dan lain sebagainya

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Belajar Komputer (Pengertian, Perangkat, Komponen, Fungsi, Manfaat ) yang kami rangkum dari berbagai macam literatur dan juga bahan kuliah kami. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami .