Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

7 Contoh TEKS NEGOSIASI Beserta Struktur, Pengertian, Ciri, dan Kaidahnya [LENGKAP]

Teks negosiasi adalah jenis karangan atau pengembangan paragaf yang digunakan untuk menjelaskan alur dari sebuah negosiasi atau interaksi sosial ketika terdapat pihak - pihak yang terlibat dalam negosiasi yang berusaha untuk saling tawar menawar atau bahkan saling menyelesaikan tujuan yang bertentangan dan berbeda. Istilah lainnya yaitu teks yang digunakan untuk menjelaskan proses perundingan antara dua pihak atau lebih.


#4 Contoh Teks Negosiasi Beserta Struktur, Pengertian, Ciri, dan Kaidahnya [Lengkap]

Ciri -  Ciri yang Khas dari Teks Negosisasi

Jika kita ingin membedakan teks negosiasi dengan teks yang lainnya, maka kita dapat meninjau teks negosiasi berdasarkan ciri khasnya. Karena hal tersebut dapat memberikan gambaran yang jelas tentang perbedaan teks negosiasi dengan teks yang lainnya. berikut adalah cirikhas dari teks negosiasi.:

a. menggunakan bahasa atau kata - kata yang bermakna santun atau sopan.
b. Sering menggunakan ungkapan yang bersifat persuasif (membujuk)
c. Menghasilkan sebuah kesepakatan yang didasari oleh kepentingan dan keuntungan bermsama.
d. Persetujuan atau kesepakan yang telah di setujui, umumnya tidak merugikan salah satu atau kedua belah pihak. 
d. Terdapat konflik yang di cari solusi penyelsaiannya bersama - sama.
e. Memiliki arah dan tujuan yang praktis.

Struktur yang ada dalam Teks Negosiasi

Layaknya teks karangan lainnya seperti teks prosedur, eksplanasi, eksposisi, dan lain sebagainya, teks negosiasi ini juga memiliki struktur kepenulisan teks yang jelas, dan menjadi cirihas utama dalam teks negosiasi ini. Berikut adalah struktur lengkapnya :

a. Orientasi

Tahap awal pada teks ini adalah pembukaan dengan menunjukkan awalan dari adanya proses percakapan atau interaksi yang dilakukan oleh dua orang  atau lebih. Pada umumnya di bagian awal percakapan di isi dengan bahasa sapaan, kelimat salam, panggilan, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk mengawali sebuah percakapan.

b. Permintaan

Setelah terjadi proses percapakan pada tahap awal, selanjutnya salah satu pihak (konsumen) tersebut mulai mememberikan pertanyaan - pertanyaan akan suatu barang yang diinginkannya atau bahkan suatu permasalah yang sedang di hadapi oleh pihak yang bertanya tersebut. tahap ini merupakan awal atau dasar dari adanya proses negosiasi. untuk lebih jelasnya silahkan anda pelajari Teori Permintaan Lengkap Menurut Pendapat Para Ahli Ekonomi

c. Penawaran

Pihak yang lain selain dari pihak yang bertanya, memberikan informasi mengenai barang , objek atau suatu hal yang ingin diketahui oleh pihak yang bertanya. Informasi tersebut dapat berupa jenis barang, harga barang, spesifikasi barang, kelebihan, kekurangan, dan lain sebagainya, sesuai dengan informasi yang dibutuhkan oleh pihak terkait. untuk lebih jelasnya silahkan anda pelajar Teori Penawaran Lengkap menurut Pendapat Para Ahli Ekonomi

d. Tawar Menawar atau Negosiasi

Setelah terjadinya permintaan dan penawaran oleh kedua belah pihak, kemudian pihak peminta dan pihak penawar melakukan proses negosiasi. Terdapat berbagai macam hal yang dapat di negosiasikan, yaitu dapat berupa harga barang, jumlah barang, spesifikasi barang, kualitas barang, sifat barang, dan hal - hal yang lainnya yang dapat dinegosiasikan. 

e. Persetujuan

Dan akhir dari proses tawar menawar atau negosiasi antara pihak pertama dan pihak kedua adalah persetujuan atau kesepakatan bersama. Kesepakatan yang di hasilkan merupakan kesepakatan yang didasarkan pada kepentingan, kebutuhan, keinginan, dan kemauan bersama. dan umumnya juga, dalam kesepakatan tidak ada yang dirugikan, artinya kedua belah pihak sama sama untung. 

f. Transaksi

Puncak dari proses negosiasi adalah transaksi. Transaksi adalah proses yang dapat mempengaruhi kondiri finansial salah satu pihak dalam negosiasi. Transaksi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu dapat dilakukan secara langsung tunai, berkala, atau bahkan dapat dilakukan dengan kredit.  

g. Penutup

Dalam Mengakhiri dari sebuah percakapan yang dilakukan antara kedua pihak untuk menyelesaikan suatu proses interaksi dalam teks negosiasi, biasanya penulis dapat memberikan kesimpulan atas percakapan. dan bagian ini juga terkadang di selipkan informasi yang bersifat mendidik kepada para pembaca. 

Note: Tidak seluruh struktur diatas harus digunakan secara bersama - sama dalam satu karang teks negosiasi. Penggunaannya di sesuaikan dengan kebutuhan. 

Kaidah yang ada dalam Teks Negosiasi

kaidah teks negosiasi adalah patokan atau ukuran yang digunakan sebagai strandar penulisan teks negosiasi. Jika melihat refrensi satu dengan refrensi yang lain, tentunya terdapat perbedaan tersendiri dalam penentuan standar penulisan teks negosiasi itu sendiri. disini penulis hanya meringkas standar - standar teks negosiasi tersebut menjadi 6, yaitu:

1. Melibatkan seminimal - minimalnya dua orang (Boleh lebih)
2. Komunikasi yang terjadi adalah secara langsung (Bentuk komunikasi langsung)
3. Adanya kepentingan yang berbeda antara pihak satu dengan yang lainnya.
4. Penyelesaian permasalah melalui proses negosiasi (tawar - menawar)
5. Merupakan planning yang akan terjadi (tapi belum)
6. Dapat dihasilkan suatu kesepakatan, atau bahkan sebaliknya.

Untuk lebih memahami terkait dengan teks negosiasi, silahkan lihat vidio ini !

#1. Contoh Negosiasi di Sekolah

Ketua kelas  : Selamat siang bu novi
Wali Kelas    : Iya malik ada apa ?
Ketua kelas  : Begini bu, saya dan teman sekelas menginginkan kegiatan akhir semester ini di adakan di agrokusuma malang bu, sekalian jalan - jalan di kebun apel bu.
Wali Kelas    : rencananya kapan itu akan di laksanakan malik ?
Ketua kelas : rencananya setalah uas, tepatnya hari sabtu 15 juni 2016, oleh karena itu kami konsultasikan ke bu novi dulu ini.
Wali Kelas   : loo, tanggl 15, 16, 17 kalian kan udah harus persiapan untuk pentas seni perpisahan kakak kelas kelian. Kegiatan kalian dilakukan bulan depan saja, mumpung bulan depan tidak ada kegiatan sama sekali.
Ketua kelas : Tapi bu, itu kan terlalu lama bu, sedangkan bulan depan juga sudah mendekati bulan ramadhan bu. kalo setelah acara pentas seni perpisahan kakak kelas boleh ya bu ? iya dah bu, agar tidak terlalu lama menunggu, kita juga udah siap banget kok bu.
Wali Kelas   : Iya sudah kalau itu mau kalian, tapi ada satu syarat yang harus kalian lakukan !
Ketua kelas : looh,, apa itu syaratnya bu novi ?
Wali Kelas   : Kerjakan soal pada lembar kerja siswa (LKS) matematika bab 2 No 1 - 20.
Ketua kelas : Waduh bu, kok banyak banget bu, 5 saja bu ya ?
Wali Kelas   : iya dah 10 saja, Stuju ?
Ketua kelas : iya dah stuju deh bu. Makasih banyak bu, tapi kegiatannya tetep berjalan setelah pentas seni kan bu ?
Wali Kelas   : iya malik. Tapi tugase dikerjakan dulu !
Ketua kelas : Siap bu novi cantik 

#2. Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

Pipit   : Selamat datang di lidiya Phone, ada yang bisa saya bantu
Malik  : ada gadget yang spechnya bagus dan lumayan murah mb ?
Pipit   : ada mas, tinggal pilih aja mas. ada samsung galaxy j2 harganya Rp.1.700.000
asus zenfone 2 laser Rp.1.900.000,-  Xperia M harga Rp. 2.000.000,- 
Malik  : Bagusan mana xperia M ama samsung j2 mb pit ? 
Pipit   : Kalo lihat spesifikasinya yang lebih besar Xperia M dengan ram 2 gb, anti air, kamera lebih jernih dari pada samsung j2. 
Malik  : owh gitu ya, masak cek mahalnya harga xperia M mb, turunin donk mb 1.700.000 gitu aja dah, langsung tak bayar sekrang. 
Pipit   :Ndak boleh mas malik, itu mah hrgasanya samsung j2. Kalo xperia M yang emang segitu harganya.
Malik  : Masak dak boleh turun gitu harganya mb pit ?
Pipit   : Maaf mas, pasarannya sudah segitu mas malik. Coba anda cek saja di web catalog online, harganya emang segitu.
Malik  : Ok dah mb pit, saya beli asalkan saya dapet bonus flip covernya juga, gmn ?
Pipit   : Hmmmbbb.. Iya sudah, tak kasih flip cover yang bagus ni mas malik. 
Malik  : Ok sip makasih mb pipit 

#3. Contoh Teks Negosiasi Singkat

Malik  : Hay mb pit, aku boleh pinjem penggaris gak ?
Pipit   : buat apa ? kan kamu udah punya sendiri ?
Malik  : Punyaku patah, aku belum buat garis tepi untuk laporan besok mb pit. Boleh ya ?
Pipit    : Iya wes, tapi jam 8 kembalikan ya ?
Malik  : Waduh, belum kelar jam segitu mb pit, Jam 10 wes tak kembalikan langsung ke mejae mb pipit.
Pipit    :  Iya wes mas maslik. jangan telat, aku juga mau buat flowchart soale.
Malik  :  Oke siap mb pit

#4. Contoh Negosiasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Penumpang  : Kang, Kepasar tanjung berpa ?
Tukang Ojek : 15 ribu pak sekarang, soale harus muter
Penumpang  : Waduh, mahal amat kang, kan deket mall situ kan kang. 700 dah kang ayo, biasanya segitu juga.
Tukang Ojek : Sekarang harus muter dulu pak. Soale ada car free day, jadi akses kota ditutup, jadi terpaksa harus muter pak. 12 ribu kalo ga mau ya dah gapapa.
Penumpang  : eh iya deh mang, ayo dah anterin mang. cepet ya mang.
Tukang Ojek : Ok pak

Untuk lebih memahami terkait dengan contoh teks negosiasi, silahkan lihat vidio di bawah ini:

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan #4 Contoh Teks Negosiasi Beserta Struktur, Pengertian, Ciri, dan Kaidahnya [Lengkap] yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.


Lihat Juga

Teks Eksposisi /Teks Eksplanasi /Teks Prosedur /Teks Negosiasi /Teks Anekdot /Teks Berita /Teks Biografi