Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

10 Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan, Lingkungan, Politik, Ekonomi Beserta Strukturnya

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah karangan dengan satu pokok pikiran atau paragaf yang dikembangankan dengan tujuan untuk spesifikasi penjelasan atau pemberian pemahaman tentang suatu hal dengan menggunakan gaya bahasa yang singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi ini umumnya sering digunakan dalam karya tulis berupa koran berita, petunjuk penggunaan, dan karya tulis lainn yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca. 


#5 Contoh Teks Eksposisi Beserta Struktur, Pengertian, Ciri dan Jenisnya [LENGKAP]

Ciri - Ciri Teks Eksposisi

Terdapat beberapa cirikhas pentinga yang membedakan teks eksposisi ini dengan teks yang lain seperti teks prosedur, teks eksplanasi, teks editorial, dan lain sebagainya. Ciri - ciri dari teks tersebut adalah sebagai berikut :
a. Memberikan dan menjelaskan informasi dalam bentuk pengetahuan.
b. Menggunakan bahasa yang lugas, jelas, dan mengguanakan kalimat - kalimat baku.
c. Memiliki struktur teks yang jelas.
d. Fakta yang ada di dalamnya berfungsi sebagai dasar suatu ide (Tidak selalu). 
e. Tidak memaksakan kehendak penulis kepada para pembaca (Berisfat informatif)
f.  jenis dari teks eksposisi jelas dan mudah di pahami oleh para pembaca. 

Struktur / Unsur Teks Eksposisi

Dalam Teks Eksposi, terdapat struktur / unsur yang digunakan di dalam penulisan karya tulis yang singkat, pada dan akurat. Struktur teks tersebut meliputi pembukaan, isi yang berupa pendapat, dan penegasan ulang. Berikut adalah uraian singkatnya:

#1. Pembukaan Dengan Tesis

Pada awal teks ini, penulis sering memberikan permasalahan, fakta, realita, gambaran, atau sudut pandang terhadap suatu topic menarik yang diangkat oleh penulis. Topik yang menarik perhatian dari penulis tersebut, kemudian dikemas kedalam suatu bentuk pernyataan yang digunakan sebagai dasar sebuah teori yang kemudian akan di perkuat dan di dukung oleh argumentasi atau pendapat pribadi penulis yang di dasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. 

#2. Argumentasi Penulis

Argumenatasi penulis adalah suatu bentuk pernyataan yang berupa alasan yang di sertai bukti logis yang akan digunakan dalam mendukung pendapat penulis. Namun, argumen tasi tidak selalu mendukung tesis pada bagian pertama, argumentasi juga dapat menolak atau tidak setuju dengan tesis, dengan bukti logis yang dimiliki oleh penulis. Argumentasi yang digunakan oleh penulis dapat berupa argumentasi yang bersifat umum, penelitian ilmiah, bahkan pendapat para ilmuan yang di dasari oleh refrensi yang dapat di pertanggung jawabkan. 

#3. Penegasan Ulang 

Bagian yang akhir dalam teks eksposisi adalah penegasan ulang argumentasi. Penegasan ulang ini umumnya berupa kesimpulan dan saran. Pada bagian akhir ini, penulis memberikan penegasan terhadap topic yang ada pada bagian pertama, kemudian penegasan argumen penulis pada bagian kedua, dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan akurat (umumnya hanya memberikan pernyataan berdasarkan poin - poin). 

Jenis - Jenis Teks Eksposisi

Terdapat beberpa jenis dari teks eksposisi itu sendiri, perbedaan dari setiap masing jenis - jenis dari teks eksposisi tersebut di dasarkan pada penggunaannya. untuk lebih jelasnya adalahs sebagai berikut :

#1. Teks Eksposisi definisi

Teks Eksposisi definisi adalag teks yang digunakan untuk memberikan penjelasan dengan batasannya hanya pengertian tentang sesuatu objek, fenomena, dan lain sebagainya dengan cara memfokuskan pada karakteristik tertentu. Teks ini sering digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang asing, baru, atau bahkan yang sudah umum namun dengan bahasa yang berbeda.

#2. Teks Eksposisi ilustrasi

Teks Eksposisi ilustrasi adalah teks yang menjelaskan suatu hal dengan cara membrikan gambara yang sederhana atau analogi dari suatu ide.  Mengilustrasikan atau menganalogikan berarti memberikan persamaan yang mirip atau hampir mirip (baik itu sifat, karakteristik, dan lain sebagainya) dengan suatu ide yang akan di jelaskan. Umumnya, dalam mengilustrasikan, penulis menguunakan kata - kata atau frase penghubung “seperti ilustrasi berikut ini, dapat diilustrasikan seperti, seperti, bagaikan.”

#3. Teks Eksposisi proses

Teks Eksposisi proses adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu proses dalam melakukan sesuatu. Teks ini umumnya berupa tahapan- tahapan, petunjung pelaksanaan dan lain sebagainya. Teks ini juga hampir sama fungsinya dengan teks prosedur. hanya saja perbedaanya terletak pada struktur dari masing - masing jenis teks itu sendiri. (silahkan baca : 5 Contoh Teks Prosedur Kompleks yang Mudah diPahami

#4. Teks Eksposisi berita

Teks Eksposisi berita adalah teks eksposisi yang menjelaskan tentang suatu pemberitaan mengenai suatu, fenomena, kejadian, dan lain sebagainya. Jenis dari teks ini, dapat dengan mudah kita temukan pada berbagai macam surat kabar, portal berita online, dan artikel - artikel ilmiah. 

#5. Teks Eksposisi perbandingan

Teks Eksposisi perbandingan adalah teks eksposisi yang digunakan untuk menjelaskan ide seorang penulis ke dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal - hal yang lain. Dengan cara membandingkan ide dan hal - hal yang lain, akan semakin mempermudah penulis untuk menjelaskan dan akan semakin mudah pembaca untuk memahaminya. 

#6. Teks Eksposisi pertentangan

Teks Eksposisi pertentangan adalah teks yang menjelaskan tentang suatu pertentangan antara sesuatu hal dengan suatu hal yang lainya. Sering kali teks ini di gunakan dalam menjelaskaan adanya perseteruan antara kelompok satu dengan kelompok lain yang disebabkan oleh suatu hal. Dan juga teks ini sering digunakan menjelaskan penentangan suatu pendapat yang di tentang oleh pendapat yang lain.  

#7. Teks Eksposisi analisis

Teks Eksposisi analisis adalah teks yang digunakan untuk mengidentifikasi atau membagi - bagi  suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub bagian permasalah, dan kemudian masing-masing dari bagian tersebut di analisis dan dikembangkan secara berurutan. Teks ini sering digunakan oleh para peneliti dalam membuat artikel ilmiahnya. 

#8. Teks Eksposisi klasifikasi

Teks Eksposisi klasifikasi adalah teks yang memberikan penjelasan tentang suatu ide dengan cara membagi sesuatu dan mengelompokkan ke dalam kategori-kategori tertentu yang telah di tentukan oleh penulis. Jenis teks yang terakhir ini sering digunakan dalam menjelaskan pembagian - pembagian tentang suatu obyek seperti wilayah dan lain sebagainya. 

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan Hidup

Menjaga Lingkungana Hidup Masyarakat Kota

Pembukaan dengan Tesis
Kebersihan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan berimbas kepada kenyamanan dan kesehatan masyarakat dalam kehidupan sehari - hari. Pemerintah dan lembaga kesehatan sering menggalakkan kegiatan - kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan untuk menghindari terjadinya hal - hal yang tidak diingnkan terjadi, seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamatan masyarakat. Kegiatan penanggulangan tersebut diantaranya membuang sampah pada tempatnya, pendauran ulang sampah organik dan non-organik, dan lain sebagainya. 

Argumentasi
Gotong royong dalam dalam membersihkan dan menjaga lingkungan secara rutin dengan cara menjadwal setiap kelompok kepala keluarga merupakan salah satu alternatif dalam menanggulangi pencemaran lingkungan. Dalam satu RT yang terdiri dari beberapa kepala keluarga, di bagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah hari yang ada dan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Selain itu, Hari minggu juga digunakan sebagai kegiatan kerja bakti rutin seluruh masyarakat desa yang di mulai pada pagi hari. Terdapat banyak manfaat yang di dapat dalam kegiatan tersebut, selain kebersihan dan kesehatan yang di dapat, juga akan terjalin hubungan solidaritas antar warga yang kuat di antara mereka. 

Penegasan Ulang
Kebersihan lingkungan hidup merupakan hal yang tidak bisa di pisahkan dari masyarakat dan merupakan faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan dalam bermasyarakat. Kebersihan lingkungan masyarakat akan menjamin kesehatan dan kenyamanan bagi setiap individu dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan tercapai jika dilakukan secara gotong royong melalui kerjakbakti yang terorganisir, terjadwal, dan terpadu. 


Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Politik

Penetapan Standar Caleg dalam Meminimalisir Tindakan Korupsi

Pembukaan Dengan Tesis: 
Dalam pemilihan umum, Seharusnya setiap partai politik memiliki standar yang ketat dan tegas dalam perekrutan calon anggoya legislatif. Standar kriteria setiap calon wakil rakyat haruslah bisa menjadi kualifikasi tegas bagi para calon anggota wakil rakyat yang bermasalah, khususnya korupsi. Sperti contoh, Para calon legislatif yang pernah tercantun dalam permasalahan pelanggaran HAM atau permasalahan korupsi, tidak diperkenankan untuk menjadi dan diterima sebagai anggota legislatif. Hal tersebut perlu diperhatikan dengan tegas, karena anggota dewas diharapkan adalah benar - benar orang yang bermasalah dan memiliki integritas tinggi terhadap negeri.

Argumentasi: 
Penetapan standar dalam pemilihan calon anggota legislatif adalah salah satu tindakan yang sangat penting untuk di galakkan. Berdasarkan fakta dan hasil survei, menunjukkan bahwa lemabaga parlemen, baik itu lembaga tingkat pusat maupun lembaga yang ada ditingkat daerah, dianggap sebagai lembaga-lemabaga dengan tingkat pelanggaran korupsi tertinggi. Hal tersebut di jelaskan oleh jojo rohi yang menjabat sebagai sekertaris jendral komite indpenden pemantau pemilu (KIPP).

Penegasan Ulang
Penetapan standar caleg merupakan tindakan yang perlu dan penting untuk digalakkan. Hal tersebut dikarenakan anti korupsi menjadi hal prinsip yang harus di cantumkan dalam kriteria pencalonan anggota legislatif. Setiap caleg yang memiliki track record yang buruk seperti pelanggaran HAM (poligami, selingkuh, dsb) dan korupsi, seharusnya tidak diperkenankan menjadi anggota dewas legislatif. harapan dari tindakan tersebut adalah berkurangnya angka korupsi di tingkat lembaga legislatif. 

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi

Peranan WTO dan Manfaat dari adanya  WTO

Pembukaan dengan Tesis
Saat ini dampak dari adanya globalisasi telah di rasakan oleh seluruh negara yang ikut serta dalam pasar internasional. Dampak tersebut berupa perubahan pasa internasional yang tidak tentu. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya liberasisasi dalam perdagangan yang dianggap dapat meningkatkan daya saing ekonomi dalam perdanganan internasional.

Argumentasi
Negara indonesia merupakan negara yang menganut sistem perekonomian terbuka. Sistem perekonomian terbuka merupakan sistem yang tidak bisa atau sulit untuk berpaling dari dinamika ekonomi global internasional. Dampaknya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia. Oleh karena itu negara indonesia perlu mengikuti Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO)

Penegasan Ulang

Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) adalah satu-satunya lemabaga atau badan internasional yang  memiliki fungsi secara khusus mengatur permasalahan perdagangan antar negara. Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara-negara anggota. Dengan adanya negara indonesia dalam WTO, maka permasalahan perdagangan indonesia yang berkaitan dengan perdagangan internasional akan dapat diminimalisir. 

Untuk lebih memahami terkait dengan teks eksposisi, silahkan anda fahami vidio di bawah ini :

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan #3 Contoh Teks Eksposisi Beserta Struktur, Pengertian, Ciri dan Jenisnya [LENGKAP] yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 



Lihat Juga